amalan bulan ramadhan

Bulan ramdahan adalah bulan yang banyak dipenuhi keberkahan, dilipat gandakan pahala setiap amal kebaikan bahkan banyak peluang usaha di bulan ramadhan dan masih banyak AMALAN BULAN RAMADHAN Lainnya.

Artinya setiap ramadhan harus kita jalani bersungguh-sungguh baik untuk menggapai akhirat maupun kesempatan menggengam dunia dengan menikatkan penjualan di bulan ramdhan.

Oleh sebab itu pada artikel ini akan membahas mengenai amalan utama di bulan ramadhan

10 Amalan Di Bulan Ramadhan

Dari sekian banyak amalan di bulan ramadhan, 10 amalan ini harus diutamakan untuk mendapatkan keutamaan bulan ramadhan, sebuah bulan yang lebih baik daripada seribu bulan.

Melakukan Ibadah Puasa

Puasa di bulan ramadhan wajib hukumnya bagi setiap muslim, banyak sekali keutaman yang akan didapatkan selama berpuasa di bulan ramadhan.

Menurut sabda nabi muhammad SAW ” Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. (HR Bukhori dan Muslim).

Selain itu jika puasa yang benar akan bisa menjadi perisai bagi keburukan-keburukan baik sikap maupun sifatnya, maka orang yang berpuasa tidak akan berkata-kata kotor dan bertindak yang tidak bagus.

Mengakhiri Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Waktu sahur terbaik adalah 20-30 menit menjelang shalat subuh, nabi Muhammad bersabda “Bersahurlah karena disetiap sahur itu ada keberkahan”. berkah itu artinya bertambah suatu manfaat dan kebaikan.

Sedangkan untuk berbuka puasa islam menganjurkan untuk menyegarakan buka puasa. hal ini karana bisa mendatangkan kebaikan sebagaimana sabda nabi :

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Pada hadist lain tentang keutamaan menyegerakan waktu puasa
“Hamba yang paling dicintai di sisi-Ku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.” meskipun hadist terakhir ini dhoif (lemah)

Melakukan Shalat Tarawih (Shalat Malam)

Shalat malam di hari lain selain bulan puasa saja sangat besar keutamaannya, dapat menghapuskan dosa yang telah lalu, apalagi jika dilakukan di bulan ramadhan yang hitunganya dilipat gandakan.

Dibulan ramadhan shalat tarawih sangat di anjurkan sebagaimana kata baginda nabi

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Banyak Bersedekah

Sedekah memiliki banyak sekali keutamaan, sedekah adalah bukti bahwa kita adalah muslim sejati, bahkan kita dibolehkan untuk iri kepada orang yang sering memberikan sedekah.

Terlebih lagi jika kita banyak bersedekah di bulan ramadhan dimana dilipat gandakan pahalanya.

Jika anda adalah seorang pedagang maka bersedekah di bulan ramadhan dapat maka bersedekah dapat menghindarkan diri dari tipu jual beli

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR. Tirmidzi)

Selain itu pahala sedekah dapat berkembang

“sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud”

Pergi Ibadah Umrah

Umrah merupakan salah satu ibadah wisata rohani umat muslim, melaksanakan ibadah umrah di bulan ramadhan kenikmatannya akan terasa berbeda dibandingkan di bulan lain.

Bahkan istimewanya jika berumrah di bulan ramadhan seperti berhaji, sebagaimana sabda nabi.

Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menghatamkan Alquran

Bulan ramadhan adalah bulan turunya alquran oleh sebab itu bulan ini sangat istimewa, hitungan pahala dilipat gandakan ketika membaca quran di bulan ramadhan.

“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Hadist diatas tidak berlaku dibulan ramadhan, membaca alquran di pahalanya di lipat gandakan 10 kali lipat, bahkan allah memberikan sendiri hitungan pahalanya.

Melakukan I’tikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Itikaf dibulan ramadhan memiliki banyak sekali keutamaan terlebih untuk 10 hari terakhir di bulan ramadhan.

I’tikaf adalah amalan ibadah nabi beserta keluarganya , Dari Aisyah ia berkata, “Rasulullah Saw melakukan I’tikaf sesudah tanggal dua puluh Ramadhan hingga beliau meninggal dunia.” (HR Bukhari dan Muslim).

I’tikaf akan menjaukan kita dari kesibukan dunia, kemuliaan dan kesempurnaan hidup dapat di raih dengan melakukan i’tikaf di 10 haru terakhir ramadhan.

Berdzikir

Dalam pelaksanaan I’tikaf di bulan ramadhan di isi dengan berdzikir dengan tujuan hanya mengingat allah dan bermuwasabah diri.

Dibulan ramadhan ini dzikir dan doa harus lebih di tingkatkan karena dibulan ini dzikir dan doa langsung dimakbulkan oleh allah

“Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika dia berbuka puasa maka doanya tidak akan di tolak. HR. Ibnu Majah.”

Mendapatkan Lailatul Qodar

Perbedaan bulan ramadhan dengan bulan lainnya adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. semua orang yang bertakwa pasti akan mencari malam ini.

Bulan ramadhan kita harus antusias untuk dapat meraih malam lailatul Qadhar.

Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah hukumnya adalah wajib, zakat fitrah dapat membersihkan atau mensucikan orang-orang yang berpuasa.

Dari Ibnu Abbas RA berkata ” Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan diri orang-orang yang sedang berpuasa dari kesia-sian dan kata-kata keji dan juga untuk memberi makan fakir miski. barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (Idul fitri) maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setalah shalat maka itu hanyalah sedekah diantara sedekah biasa.

Itulah 10 amalan utama di bulan ramadhan yang wajib diketahui dan di kerjakan oleh orang muslim. semoga amal puasa kita di terima oleh allah SWT.

Silahkan sebarkan kebaikan ini dengan melakukan share ke media sosial agar orang lain dapat mengetahuinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here