Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer di indonesia. ada ratusan destinasi wisata yang bisa anda kunjungi salah satunya destinasi tempat wisata alam Jogja.

Buat anda yang punya waktu liburan yang panjang tidak menjadi masalah dalam menentukan lokasi wisata untuk anda kunjungi. hal ini berbeda dengan anda yang hanya memiliki waktu singkat kurang dari seminggu.

Oleh sebab itu menjadi penting untuk membuat list tempat wisata alam di jogja agar libur anda menyenangkan. berikut ini listnya

3 Hal Yang Wajib Di Kunjungi Sebelum Tempat Wisata Alam Jogja

Sebelum anda menuju tempat wisata alam di jogja ada baiknya ada tidak melewatkan 3 lokasi wisata yang wajib anda kunjungi bila ke Yogyakarta.

Malioboro

hipwee

Orang akan percaya anda akan liburan ke yogyakarta jika anda mengupload foto sedang berada di Malioboro. ini bukti wajib anda selain foto di Tugu Jogja.

Malioboro saat ini sudah di design dengan wajah baru, lebih kental dengan budaya dan indah dipandang mata. tentunya ini dapat membuat liburan anda menyenangkan.

Pagelaran Seni Taman Budaya

Tidak lengkap rasanya mengunjungi kota jogja tanpa melihat langsung budayanya. jogja adalah kota dengan sejuta budayanya.

Saat ini hampir sepanjang tahun Taman Budaya sering mengadakan pentas seni budaya. anda cukup mengunjunginya dan menikmati aslinya jogja.

Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta

Keraton adalah tempat bersejarah yang menjadi ikon yogyakarta. keraton yang merupakan tempat tinggal Sultan Hamengkubuwono tidak boleh anda lewatkan.

Bangunan tua yang di bangun oleh Sultan Hamengkubuwono I ini terdapat museum yang menyimpan banyak bukti sejarah kota jogja.

10 Tempat Wisata Alam Di Jogja

Candi Prambanan

sumber : airpax

Destinisati wisata pertama yang wajib anda kunjungi sebagai tempat wisata alam di jogja adalah candi prambanan.

Tidak lain dikarenakan candi prambanan merupakan warisan sejarah dunia yang di tetapkan oleh UNESCO .

Bukan hanya anda, bahkan wisatawan di dunia menjadikan prambanan sebagai destinasi utama wisata.

Candi ini dibangun pada abad ke-10, candi yang dipersembahkan untuk dewa shiwa yang merupakan dewa terbesar umat hindu.

Kebiasaan orang indonesia ketika di prambanan adalah tidak melewatkan moment berfoto dengan wisatawan mancanegara.

Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai memanjat candi apalagi mencoret. dikarenakan bangunan ini di lindungi dan merupakan tempat suci umat hindu.

Prambanan masuk dalam agenda Wonderful Indonesia

Candi Ijo

Candi Ijo Tempat Wisata Alam Yogyakarta
sumber : garasijogja

Menjelang sore hari dari lokasi prambanan anda bisa menikmati sunset yang indah di candi ijo.

Candi Ijo merupakan spot favorit untuk hunting foto dengan latar belakang matahari terbenam. ini pasti akan membuat koleksi foto liburan anda berwarna.

Jarak dari candi prambanan tidak terlalu jauh, sehingga lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi kedua tempat wisata alam di jogja.

Tebing Breksi

wisata alam di jogja tebing breksi
sumber: garasijogja

Menjelang malam hari maka perjalan selanjutnya dapat anda lanjutkan dengan menuju destinasi wisata alam jogja terbing breksi.

Lokasi ini memang sangat romantis jika di kunjungi malam hari, lokasi ini terletak tidak jauh dari candi ijo, bahkan masih selokasi dengan area candi ijo.

Hal ini akan mengefektifkan waktu liburan anda yang begitu singkat di yogyakata.

bagaimana? hanya butuh satu hari saja untuk mengunjungi 3 lokasi wisata penting dan 3 tempat wisata alam di jogja bukan?

Bayangkan anda tidak tau rute ini pasti anda kebingungan seharian tersesat di pasar beringharjo.

Hutan Pinus Puncak Becici

puncak becici wisata alam
sumber : tripjogja

Besok harinya anda bisa mengunjungi hutan pinus puncak becici yang pada 2015 telah dikelola menjadi tempat wisata alam di jogja.

Diujung puncak becici anda bisa menikmati panorama alam yang sangat luar biasa.

Puncak becici ini juga merupakan lokasi wisata favorit presiden amerika Barack obama yang pada tahun 2017 berkunjung ke indonesia.

Menurut obama hal yang paling spesial disini adalah melihat kemegahan prambanan dan indahnya pantai selatan

Lokasi wisata alam ini bertempat di kecamatan dlingo, bantul. hanya 30 menit dari kota jogja.

Atau untuk menghemat waktu anda bisa juga untuk mengunjungi terlebih dahulu Pantai parangtritis dan gumuk pasir parangkusumo. dikarenakan lokasi selanjutnya adalah Kab Kulon Progo.

Saya kebetulan dulu berolahraga pagi dengan bermain outbound disini. sehingga ini menjadi rute pertama.

Pantai Parangtritis

wisata alam pantai parangritis
jumanto.com

Perjalanan selanjutnya anda akan menikmati keindahan pantai parangtritis.

Pantai ini terletak di desa kresek, kab bantul masih searah dengan puncak becici sehingga waktu liburan anda efisien. tidak habis waktu di jalan

Alasanya selain pantai ini memiliki garis pantai yang luas juga merupakan pantai yang syarat akan legenda Nyi Roro Kidul ratu pantai selatan.

Tapi ingat pantai ini dilarang mandi dan juga menurut cerita masyarakat jangan menggunakan kaos hijau. pantai ini adalah lautan lepas sehingga ombaknya sangat berarus serta memiliki palung yang dalam.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tidak sampai selangkah dari parangtritis anda bisa menikmati gumuk pasir parangkusumo yang merupakan magnet ecotourism dunia.

Lokasi wisata ini sangat berbeda daripada lokasi wisata alam yang lainya. dikarenakan anda akan melihat lautan padang pasir yang biasanya hanya berada di timur tengah.

Anda dapat berselancar di atas pasir dan juga bisa balapan kuda disana. tentunya ini akan menjadi liburan singkat yang menyenangkan.

Hutan Mangrove Kulon Progo

wisata alam jogja hutan mangrove kulon progo
sumber : maripiknik.com

Hutan mangrove kulon progo merupakan destinasi wisata alam selanjutnya.

Destinasi ini tentu juga berbeda dari destinasi wisata alam di jogja sebelumnya. dikarenakan selain tempat wisata hutan ini merupakan sebuah wilayah konservasi.

Masuk ke hutan bakau ini anda akan di sambut dengan jembatan kayu. spot ini sangat cocok dipakai untuk mengambil dokumentasi.

Hijaunya bakau dan genangan air menjadi sangat mempesona untuk jadi spot instagramable.

Lokasi ini juga berdampingan dengan pantai-pantai indah lainya seperti pantai glagah indah dan pantai trisik.

Jika masih cukup waktu anda masih bisa main di pantai lagi.

Kalibiru

wisata alam kali biru jogja
garasijogjahttps://garasijogja.com/tempat-wisata-sekitar-kalibiru-kulon-progo-jogja/

Masih di kulon progo.

anda dapat menikmati wisata alam yang sangat luar biasa. jika anda tidak memiliki phobia ketinggian maka tempat ini sangat cocok untuk mengabadikan momen langka ini.

anda dapat menikmati deretan perbukitan hijau manoreh, lukisan alam waduk sermo sekaligus debur ombak pantai selatan dari ketinggian.

Dijamin ini adalah pemandangan langka dalam hidup anda, catatan sejarah liburan wisata alama nan indah di jogjakarta.

Kebun Teh Dlingo

tempat wisata alam kebun teh dlinggo kulon progo
sumber : dokatour

Sekali lagi anda masih berada di desa wisata kulon progo, setelah hampir seharian berjalan-jalan. anda dapat beristirahat di salah satu tempat wisata kebun teh.

Menikmati secangkir teh yang masih segar dan pemandangan hijau kebun teh yang luas menciptakan suasana tenang dalam pikiran anda.

Tidurlah sejenak jika anda merasa kecapeaan. dikarenakan besok adalah destinasi terakhir yang akan kita tuju sebelum kemas-kemas pulang kerumah.

Air Terjun Sri Gethuk

tempat wisata alam air terjun sri gethuk
sumber : datawisata

Ini adalah hari terakhir sekaligus tempat terakhir wisata alam di jogja. jika anda kemarin mabuk e keindahan kulon progo.

Maka tujuan terakhir ini kita akan mencari objek wisata yang segar sebelum kembali beraktifitas.

Air terjun Sri Gethuk. bisa jadi air terjun ini hanya anda saksikan di gambar-gambar sekolah sewaktu anda SD atau bahkan berada di lukisan rumah anda.

Air terjun ini adalah maha karya terbaik dari lukisan air terjun di indonesia. kali ini anda bisa menyentuh langsung dinginya air sri gethuk dan irama gemercik air terjun.

Lokasi air terjun sri gethuk ini berada di desa wisata bleberan kabupaten gunung kidul.

Bagaimana liburan anda menyenangkan bukan….

Hanya dalam 3 hari anda sudah bisa mengunjung 10 tempat wisata alam jogja yang menakjubkan.

Bukan hanya itu harga tiket masuk tempat wisata diatas tidak lebih Rp.10.000 bahkan ada yang hanya Rp 2.000

Ayo bantu sebarkan panduan wisata alam di jogja ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here