Organisasi Islam Muhammadiyah merupakan organisasi yang fokus pada dunia pendidikan, selain itu juga fokus pada dunia kesehatan. hal ini dibuktikan dengen banyaknya lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia, berikut ini 10 Universitas Muhammadiyah Terbaik Versi webometrics.info yang di rilis pada Januari 2019.

Menurut informasi dari Suara Muhammadiyah saat ini Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) memiliki 174 kampus yang terbagi mulai dari Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Universitas.

10 Daftar Universitas Muhammadiyah Terbaik

Dari 174 Daftar lembaga pendidikan Muhammadiyah, dimana untuk data PTMA dalam bentuk Universitas berjumlah 47 Universitas yang tersebar di Seluruh Indonesia. data ini dikeluarkan pada November 2018.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan Universitas Muhammadiyah terbaik urutan pertama di Indonesia.

Berdasarkan data dari webometrics UMY menduduki urutan 38 Universitas terbaik di Indonesia dan urutan 3966 peringkat Dunia.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara resmi berdiri pada tanggal 1 Maret 1981 dengan Rektor UMY pertama di pimpin oleh Jendral (Purn) Bakri Syahid.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdiri diatas tanah seluas 25 Hektar yang berlokasi di Dusun Ngebel, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Saat ini UMY memiliki 8 Fakultas tingkat sarjana, 3 Program Studi Vokasi, 7 Program Magister, 3 Program Doktoral dan Satu Program School. selain itu ada 5 Program Profesi dan 6 Kelas Internasional.

Selain itu Universitas Muhammadiyah juga di tunjang oleh sarana dan prasarana kampus yang memadai diantaranya Laboratorium, Fasilitas Olahraga, Masjid Kampus, Poliklinik, Asrama Mahasiswa (Unires) dan Sportorium.

Sehingga sangat wajar Universitas Muhammadiya Yogyakarta menjadi urutan pertama Universitas Muhammadiyah Terbaik.

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta kali ini berhasil menjadi peringkat kedua daftar Universitas Muhammadiya terbaik yang sebelumnya sering di isi oleh UMM.

UMS sendiri menduduki peringkat 47 daftar Universitas di Indonesia dan urutan 4246 daftar peringkat dunia.

Universitas Muhammadiyah Surakarta dahulunya dikenal dengan IKIP Muhammadiya Surakarta. Kampus UMS resmi berdiri pada 24 Oktober 1981. dan saat ini menjadi yang kampus unggulan.

Saat ini Universitas Muhammadiyah Surakta sudah memiliki 12 Fakultas dengan 54 program studi yang terdiri mulai dari jenjang S1, S2 dan S3.

3. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiya Malang kali ini harus turun peringkat diungguli oleh UMS.

Universitas Muhammadiyah Malang saat ini menduduki urutan ke 55 dari daftar seluruh Universitas di Indonesia dan peringkat 4585 di seluruh dunia.

Kampus ini berdiri pada tahun 1964 yang di prakarsai oleh para tokoh muhammadiyah di Malang. UMM saat ini memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan kampus UMY di Yogyakarta.

Saat ini kampus UMM telah membuka 56 Program Studi baik tingkat sarjana, megister dan doktor.

Selain itu UMM dikenal sangat lengkap dengan Laboratorium yang komplit,
42 laboratorium yang terdiri dari 25 laboratorium eksakta dan 17 laboratorium sosial.

UMM bahkan telah memiliki laboratorium sentral sehingga berkualifikasi melakukan uji laboratorium terhadap pihak eksternal, baik perusahaan maupun perguruan tinggi lain.

4. Universitas Muhammadiyah Semarang

UNIMUS mulai dirintis sejak tahun 2006 oleh pengurus Muhammadiyah cabang Jawa Tengah, sampai akhirnya lahirlah Universitas Muhammadiyah Semarang pada tahun 4 Agustus 1999.

Saat ini posisi Universitas Muhammadiyah Semarang menurut data Webometrics berada di peringkat 76 se Indonesia dan Urutan 5212 di Dunia. sebuah prestasi yang luar biasa mengingat kampus ini lebih muda usianya dibandingkan 3 Kampus Muhammadiyah di atas.

Pada awal berdirinya kampus UNISMUS baru membuka 14 program studi sarjana sampai akhirnya saat ini sudah terdapat 22 Program Studi yang terdiri dari 4 Prodi Diploma III, 1 Prodi Diploma IV, 13 Prodi Strata 1 (S1) dan 2 Program Profesi.

5. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta secara resmi berdiri pada tanggal 19 Juni 1963 dengan Akte Notaris Raden Soerojo Wongsowidjojo di Jakarta, sebelumnya UMJ merupakan perguruan Tinggi Pendidikan Guru tahun 1956.

Secara peringkat Webometrics Universitas Muhammadiyah Jakarta atau disingkat UMJ menempati peringkat 78 di Indonesia dan 5315 peringkat di seluruh Dunia.

Terletak di jantung Ibukota Indonesia diyakini UMJ telah banyak membantu Universitas Muhammadiyah yang berada di seluruh Indonesia.

Saat ini Universitas Muhammadiyah Jakarta telah memiliki 9 Fakultas dengan 43 Program Studi dan 1 Program Doktoral yaitu Manajemen Pendidikan Islam

6. Universitas Muhammadiyah Surabaya

UMSurabaya pada awalnya merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi yang sudah ada sebelumnya. dengan beberapa perguruan tinggi seperti IKIP Muhammadiyah Surabaya (1980), Institute Teknologi Muhammadiyah Gresik dan Institute Teknologi Muhammadiyah Surabaya (1983)

Kemudian digabung pada tahun 1984 berdasarkan SK Menteri pendidikan dan Lahirlah Universitas Muhammadiyah Surabaya atau lebih dikenal dengan UMSurabaya.

Secara peringkat webometrics UMSurabaya menduduki peringkat 82 peruguruan tinggi se Indonesia dan Urutan ke 5392 Universitas Dunia.

Saat ini UMSurabaya sudah memiliki 7 Fakultas dengan terdiri dari 24 program studi dari Sarjana dan Pascasarjan dan semuanya sudah terakreditasi olen BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional.

7. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta atau disingkat dengan UAD merupakan Universitas miliki Muhammadiyah yang menggunakan nama berbeda dibandingkan Universitas Muhammadiyah sebelumnya. Kampus ini sangat spesial dengan menggunakan nama pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Terletak di Yogyakarta pusat organisasi Muhammadiyah membuat kampus ini terus berkembang, didirikan pada 19 Desember 1984 yang sebelumnya adalah FKIP Muhammadiyah Jakarta cabang Yogyakarta.

Peringkat UAD di Webometrics saat ini berada di urutan 83 untuk Indonesia dan urutan 5399 di Dunia.

Saat ini UAD sudah memiliki 10 Fakultas, 34 Program Studi dan 6 Program Pasca Sarjana. Uniknya kampus ini tersebar di beberapa titik di wilayah Yogyakarta.

8. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto lebih banyak di kenal dengan nama UMP, universitas ini merupakan pengalihan dari IKIP Muhammadiyah Purwokerto. Secara resmi UMP berdiri berdasarkan SK perubahan bentuk IKIP pada 26 Juli 1995 menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Data webometrics menempatkan UMP pada urutan 131 Universitas di Indonesia dan 6697 urutan di dunia.

Saat ini UMP telah memiliki 11 Fakultas dengan 33 Program studi dan telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta ternama di Jawa Tengah.

9. Universitas Muhammadiyah Metro

UM Metro merupakan menjadi Universitas Muhammadiyah terbaik pertama di luar pulau Jawa. Universitas Muhammadiyah Metro ini berdiri pada tahun 1990 di Provisi Lampung.

Seperti biasanya kampus ini merupakan gabungan dari 4 kampus yaitu STIKIP Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah Metro, Sekolah Tinggi Tehnik Muhammadiyah Metro dan Sekolah Tinggi Ushuluddin Metro.

Menurut Webmetrics kampus UM Metro ini berada di posisi 99 Universitas Di Indonesia dan 5964 di Dunia.

UM Metro merupakan bukti nyata keseriusan Organisasi Muhammadiyah mengembangkan pendidikan bukan hanya di Pulau Jawa saja, melainkan di seluruh Indonesia.

Untuk menjawab itu semua dan memenuhi kebutuhan akses pendidikan yang baik UM Metro saat ini sudah memiliki 3 Program Diploma III, 6 Fakultas dengan 19 Program Studi dan 3 Jurusan Program Pascasarjana.

10. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Masih dari Pulau Sumatra, Universitas Muhammadiyah Sumatra menjadi Universitas Ke II terbaik dari Universitas Muhammadiyah yang berada di luar Pulau Jawa.

UMSU didirika pada tanggal 27 Februari 1957 yang berkedudukan di kota Medan Propinsi Sumatera Utara.

Saat ini UMSU menempati peringkat 103 Universitas Di Indonesia dan Peringkat ke 6021 di seluruh Dunia.

Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara saat ini memiliki 8 Fakultas untuk Strata S1 dan 8 Program studi untuk Pascasarjan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here