3 Langkah Mudah Mengembangkan Bisnis

22
langkah mudah mengembangkan bisnis

Setiap orang yang memiliki bisnis pasti menginginkan bisnisnya dapat berkembang. permasalahannya mengembangkan bisnis itu bukanlah perkara mudah. oleh sebab itu 3 langkah mudah mengembangkan bisnis ini dapat anda praktekkan dalam bisnis anda.

Pilih Produk Yang Banyak Di Cari Orang

Produk adalah rantai utama bisnis anda, seorang pebisnis tidak bisa dikatakan berbisnis tanpa memiliki produk yang akan di jual. baik itu produk barang atau jasa.

Ketika anda salah memilih produk maka itu bencana pertama dalam bisnis anda. dikarenakan setiap produk itu menginvestasikan modal (uang), waktu dan pikiran anda.

Ketika produk yang anda pilih salah maka modal anda stagnan bahkan bisa mengalami penurunan kualitas sehingga anda rugi.

Bayangkan jika anda membeli barang dengan harga Rp. 1.000.000, ketika barang itu tidak berhasil di serap pasar. maka anda kalah dalam tiga hal. uang, waktu dan pikiran. plus pesaing anda terus berkembang.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui produk yang mudah di serap pasar.

Cari Masalah dan Temukan Solusi

Taukah anda bahwa orang yang berada disekitar anda memiliki banyak sekali masalah untuk memenuhi kebutuhan dan keingininan mereka. parahnya lagi mereke tidak tau harus mencari solusinya dimana.

Jika anda peka terhadap problem disekitar, anda bisa melihat bahwa banyak potensi bisnis yang mampu anda garap.

Produk yang lahir dari sebuah problem mampu menjadi produk yang paling laris dan hal ini dapat membantu bisnis anda untuk berkembang pesat dengan mudah.

Berdasarkan Hobi Yang Paling Populer

Sekarang coba tanyakan pada diri anda sendiri apa hobi anda? apakah hobi anda tersebut merupakan hobi yang populer di kota anda?

Jika iya maka ini adalah rezeki anda, bisnis anda bisa berkembang dengan mudah dan cepat.

Cobalah anda ingat kembali berapa uang yang anda keluarkan hanya untuk hobi anda tersebut, bahkan anda tidak akan keberatan untuk mengeluarkan uang yang banyak asalkan hobi anda tersebut dapat anda penuhi.

Bisnis yang dimulai dengan hobi tentunya sangat menyenangkan dan sangat mudah untuk di kembangkan.

Biasanya dalam menjual produk berdasarkan hobi , saya membaginya dalam 3 produk.

  • Produk Penetrasi

Produk penetrasi adalah sebuah produk yang kita pilih fungsinya untuk mengenalkan brand dan menjaring pasar.produk ini cirinya adalah harganya murah, untungnya sedikit bahkan sebagian lain tidak mengambil untuk. fokus utamanya hanya leads dan brand.

  • Produk Utama

Setelah pelanggan berhasildi jaring dengan produk penetrasi maka akan besar kemungkinan pelanggan anda akan melirik produk utama yang anda jual. produk utama biasanya memiliki margin normal. artinya jika anda bermain harga anda akan kehilangan pelanggan.

  • Produk Spesial

Setiap orang yang memiliki hobi mereka rela menghabiskan banyak uang untuk itu, tujuannya hanya satu agar di komunitas hobi tersebut mereka dapat tampil beda. berikan pelanggan anda produk spesial dimana mereka akan sulit menemukannya. produk spesial ini cirinya adalah sedikit, langka, unik dan mahal. anda bisa memainkan harga untuk ini.

Mulai Dari Passion Anda

Banyak orang yang membangun bisnis bukan berdasarkan passionnya sehingga mereka ditengah perjalanan kesulitan dalam membangun bisnisnya.

Faktornya hanya satu, itu bukan passion anda.

carilah sebuah produk yang ingin anda jual berdasarkan passion anda. dengan passion tersebut akan d mudahnya anda mengembangkan bisnis anda.

Passion biasanya selalu berhubungan dengan keahlian sehingga faktor untuk anda salah memilih produk kemungkinannya kecil. anda ahli dalam hal ini.

Selain itu memilih produk bisnis berdasarkan passion anda dapat membantu anda dalam fokus berbisnis, karena anda tidak akan mudah terpengaruh dengan bujukan peluang bisnis yang lain yang belum tentu anda mampu garap.

Manfaatkan Trend

Cobalah anda untuk update trand produk saat ini, produk yang lagi trend berpotensi untuk laku keras di pasaran dan tentunya akan mudah mengembangkan bisnis anda.

Permasalahannya bagaimana cara mencari produk trend tersebut?

Gampang saat ini anda sangat mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang lagi trend. salah satunya dengan melihat iniformasi dari beberapa kanal ini.

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Marketplace (Shopee, Tokopedia, Bukalapak)
  4. Lihat produk yang lagi banjir di sekitar anda.

Cobalah anda untuk meriset produk trend saat itu, biasanya untuk facebook dan instagram anda dapat menemukannya di feed atau timeline dan group jual beli.

Untuk marketplace biasanya sudah di sediakan filter produk terlaris.

Bangun Tim Bisnis Anda

Jika anda serius ingin mengembangkan bisnis anda tentunya anda tidak boleh sendirian dalam membangunnya. bisnis anda hanya akan berjalan di tempat. terlebih lagi anda hanya mengabiskan waktu untuk hal-hal teknis ketimbang berpikir untuk mengembangkannya.

Mulailah Dari Tim Sekecil Mungkin

Tidak perlu terlalu berpikir keras untuk memulai membangun tim dari mana, anda dapat memulainya dengan menambah satu orang yang akan mengerjakan hal-hal teknis anda.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan tim akan terus berkembang dan anda bisa menambahkan satu orang lagi ke dalam tim anda dan begitu seterusnya.

Pertumbuhan tim dengan cara seperti ini lebih organik dikarenakan dibangun atas dasar kebutuhan tim. sehingga tidak ada tim yang tidak kebagian pekerjaa. ini efektif dan efisien.

Seleksi Diperketat

Meskipun tim yang anda butuhkan hanya dimulai dari satu orang namun anda harus menentukan standar tinggi dalam merekrut tim anda.

Sembarangan merekrut tim dalam mengembangkan bisnis anda dapat mengakibatkan kerugian besar di kemudian hari. bisa jadi anda di tipu oleh tim anda sendiri.

Strategi Pemasaran

Ketika anda ingin mengembangkan bisnis anda maka poin yang tidak bisa anda abaikan adalah strategi pemasara.

Sebaik apapun produk yang anda miliki dan sekuat apa tim yang anda bangun tanpa memikirkan strategi pemasaraannya maka bisnis anda sulit untuk berkembang.

Kesalahan para pebisnis pemula dalam mengembangkan bisnisnya adalah terlalu pede dengan produk yang mereka punya. dan berpegangan kepada produk yang bagus pasti akan menemukan pelanggannya.

Strategi pemasaran adalah ujung tombak dalam bisnis anda, jika strategi marketing/pemasaran anda sukses maka putaran modal akan sangat kencang.

Dalam membuat strategi pemasaran saya selalu melakukan hal ini.

Pelajari 5 Kompetitor Anda

Carilah 5 kompetitor kuat bisnis yang sedang anda jalankan, ini akan membuat anda lebih matang dan lebih kuat dalam mengembangkan bisnis.

Biasanya para pebisnis besar sudah melakukan riset dan mengeluarkan banyak uang dalam menentukan strategi pemasaran apa yang nantinya mereka pakai.

Sebagai pebisnis pemula kita tidak memiliki modal itu, satu satunya pilihan adalah menggunakan jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Butuh kejelian dalam mempelajarinya namun jika anda berhasil maka anda akan dengan mudah mengembangkan bisnis anda.

Tentukan Kanal Bisnis Offline

Mulailah dari menggunakan kanal offline dalam bisnis anda, sehingga anda dapat langsung bertatap muka dengan calon customer anda dan dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan.

Kanal Offline ini adalah strategi klasik yang sampai saat ini masih sering digunakan dalam mengembangkan bisnis.

Biasanya strategi bisnis offline ini dilakukan dengan cara.

  • Jaringan Agensi
  • Door to Door/ direct marketing
  • Menghadiri Event

Tentukan Kanal Bisnis Online

Strategi pemasaran selanjutnya adalah dengan cara online, ini sangat powerful untuk saat ini. tetaplah jalankan strategi offline namun buatlah kanal online dalam memasarkan bisnis anda

Anda bisa menggunakan website, sosial media dan marketplace.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here