Credit @AhmadSyahrir

Pengembangan Pariwisata – Saat ini pemerintah sedang gencar dalam mengkampanyekan pariwisata indonesia, keseriusan ini dapat dilihat dari dilakukanya rebranding pariwisata dari visit indonesia ke Wonderful Indonesia.

Indonesia memang sudah saatnya memajukan pariwisata dikarenakan indonesia didukung oleh potensi alam dan sosial budaya yang sangat beragam. setiap provinsi punya ciri khas wisata sendiri.

Sayangnya semangat membangun pariwisata ini tidak didukung dengan infrakstruktur dan akses informasi yang memadai, tabal di kiri dan kanan dunia parawisata indonesia masih menjadi PR besar.

Oleh sebab itu pentingnya untuk memahami aspek pengembangan pariwisata agar mudah dipetakan dan dicari solusinya satu persatu.

Aspek Pengembangan Pariwisata

Membangun sektor wisata ke arah yang lebih maju bukanlah pekerjaan mudah, ada waktu yang membatasi dan ada biaya besar yang menghalangi.

Oleh sebab itu dibutuhkan prioritas penyelesaian masalah agar PR mengenai pariwisata akan rampung seiring berjalannya waktu.

Ada 4 aspek penting yang perlu di perhatikan.

Daya Tarik

Agar pariwisata indonesia bisa maju maka dibutuhkan daya tarik tersendiri untuk menjadi alasan kuat wisatawan mau berkunjung ke tempat tujuan wisata.

Sepertinya untuk faktor alam atau sumber daya alam indonesia tidak menjadi kendala, karena indonesia memang sudah indah sejak pertama kali diciptakan tuhan.

Indonesia pun punya magnet tersendiri yaitu kehidupan masyarakat indonesia dan sosial budayanya yang beragam dan sangat etnik. indonesia unggul dibandingkan negara tetangga.

Yang perlu diperhatikan adalah Pariwisata indonesia harus bersolek agar menarik hati pariwisata. ibaratnya indonesia seperti wanita yang memiliki kecantikan luar dan dalam. Hanya saja butuh di dandani agar menarik hati jenis.

Selain itu dibutuhkan kemasan yang lebih baru dan moderen, ramah akan milenieal. sejauh ini sudah ada beberapa daerah yang serius akan hal ini. seperti bandung, bali dan jogja.

Dandan tersebut misalnya dengan di buatkan spot yang instagramable utuk para wisatawan mengabadikan momen yang menyenangkan.

Sederhana namun sangat efektif merangsang wisatawan untuk datang berkunjung.

Transportasi

Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas, terpisahkan oleh laut dan dibatasi oleh gunung-gunung, kondisi geografi indonesia ini selain sangat menguntungkan dalam pariwisata ag menjadi pekerjaan besar.

Untuk menghadapi medan alam indonesia transportasi menjadi kendala utuma, saran transportasi belum bisa memadai, banyak lokasi wisata yang hanya bisa di tempuh dengan jalan kaki.

Memperbaiki transportasi menjadi peran penting dalam pengembangan pariwisata indonesia. wisatawan asing dan mancanegara dapat dengan mudah, aman dan nyaman dalam mengunjuni lokasi wisata yang di tuju.

Fasilitas

Tidak cukup sampai pada transportasi yang memadai untuk mengembangkan pariwisata di indonesia, ada fasilitas yang harus disediakan untuk pariwisata yang telah berhasil sampai ke lokasi wisata.

Fasilitas utama dan pendukung yang harus menjadi kajian agar dapat menyambut parawisatawan yang sudah berkunjung ke suatu tempat wisata.

Fasilitas itu misalnya Akomodasi, restoran, fasilitas penukaran valas, pusat oleh-oleh, dan fasilitas pendukung lainnya yang berhubungan aktivitas wisatawan pada tempat tujuan wisata.

Ini akan menaikan tingkat kebahagiaan pengunjung dan juga meninggalkan kesan yang dalam. mereka setikanya akan merekomendasikan tempat tersebut kepada kerabatnya.

Kelembagaan

Terdengar cukup formal untuk sebuah tujuan asik-asik bersama kolega dan keluarga besar yang menikmati liburan.

Tapi kelembagaan ini menjadi jangkar utama dalam pengembangan pariwisata, adanya institusi yang menyelenggarakan, mengatur dan mengontrol..

adanya lembaga penyedia perjalanan wisatawan agar supaya aktivitas berlibur dapat berlangsung dengan aman, aspek ini dapat berupa, pemandu wisata, biro perjalanan, pemesanan tiket, dan ketersediaan informasi tentang lokasi wisata yang ingin dikunjungi.

Sebenarnya sudah banyak daerah yang berhasil melakukan pengembangan pariwisata, namun harusnya ini merata. 34 provinsi di indonesia memiliki potensi yang sama. harusnya pengembangan ini merata.

Mari kita dukung terus pariwisata indonesia, kemajuan pariwisata tidak hanya bergantung pada pemerintah melainkan masyarakat indonesia yang menjadi stakeholder pariwisata indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here