5 Daftar Kopi Terbaik Di Indonesia

35
Jenis opi Terbaik Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negera pengekspor kopi terbesar di dunia setelah kolombia, vietnam dan yang pertama brazil, dengan banyaknya jenis kopi di indonesia membuat orang bertanya Daftar Kopi Terbaik di indonesia.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut bukan merupakan hal yang mudah untuk list kopi terbaik di indonesia, mengingat hampir setiap daerah memiliki biji kopi terbaiknya.

Terlebih lagi berbicara mengenai rasa, bahwa setiap orang mengungkapkan rasa yang berbeda-beda untuk bisa memberikan daftar kopi terbaik di indonesia.

Untuk menyederhanakan perbedaan rasa maka saya memberikan daftar kopi terbaik di indonesia berdasarkan penilaian individu dan popularitas kopi tersebut. dikarenakan kopi tersebut sudah menjadi merek kopi terbaik di indonesia, jenis kopi terbaik di indonesia dan memiliki kualitas kopi terbaik di indonesia. sehingga ini akan sedikit menutup perdebatan diantara pecinta kopi.

Berikut ini listnya…

10 Daftar Kopi Terbaik di Indonesia

Kopi Luwak

Sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal kopi yang satu ini?, bahkan ada yang mengatakan bahwa kopi luwak adalah kopi yang terbaik di indonesia. bahkan kopi asal lampung ini sempat dinobatkan menjadi kopi termahal di dunia.

Proses Pembuatan Kopi Luwak

Hal yang paling membuat kopi ini menjadi istimewa bukan pada bijinya melainkan pada proses untuk menghasilkan biji kopi terbaik. jika kopi lain membutuhkan keahlian manusia dalam menentukan kualitas kopi terbaik. maka kopi luak membutuhkan insting bintang yang namanya luwak.

Buah kopi yang di ambil hanyalah yang berwarna merah, kemudian biji kopi ini diberikan kepada luwak jenis binturong (luwak pemakan kopi). konon luwak ini bisa membedakan biji kopi mana yang memiliki kualitas yang terbaik.

Terjadilah proses produksi didalam tubujh luwak, kemudian biji kopi tersebut keluar lagi melalui kotoran luwak. kemudian kopi tersebut di sterilkan dan di masak dan lahirlah kopi berkualitas dan termahal tersebut.

Berapa harga kopi luwak?

Untuk harga kopi luak secangkir kopi biasanya di bandrol dengan harga 100.000 – 300.000 per cup coffee. jika dalam bentuk biji atau bubuk kopi biasanya perkilo di bandrol dengan harga 1 juta keatas.

Bagaimana Rasa Kopi Luwak?

Disini nih tingkat perdebatannya. kata orang belanda untuk berbicara mengenai rasa tidak perlu di perdebatkan.

Namun sebenarnya ada ciri umum dari kopi luwak itu sendiri sehingga bisa diketahui mana yang luwak asli mana yang bukan. karena dipasaran luwak telah banyak di jual bahkan dalam bentuk kopi sachet.

  • Kandungan Kafein di kopi luwak sangat rendah karena sudah melalui fermentasi di terlebih dahulu.
  • Kopi luwak jika diminum tidak membuat dada berdebar-debar
  • Rasanya tidak membekas di tenggorokan
  • Ada rasa seperti buah dan mint untuk kopi luwak tertentu
  • Jika diminum rasanya sangat lembut.

Nah bingungkan menentukan rasa, intinya untuk membeli luwak harga menentukan kualitas. inilah daftar kopi terbaik di indonesia.

Kopi Arabica Gayo

Kopi arabica Gayo ini disinyalir merupakan salah satu kopi termahal di dunia, kopi jenis arabika ini hidup di daerah aceh khusunya di wilayah aceh tengah, aceh lues dan bener meriah.

Kopi Arabika Gayo ini sangat familiar di negara bagian uni eropa, hal ini disebabkan kualitas kopi sangat terjaga dan stabil. buat anda yang bukan pecinta kopi maka mungkin sulit untuk menemukan perbedaannya.

Kopi Gayo ini tumbuh diatas ketinggian 1.200 mdpl sehingga kopi ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan juga membentuk struktur kopi yang kental.

Mengapa kopi Gayo masuk daftar kopi terbaik di indonesia?

Jika kopi luwak di ukur dari proses pembuatanya melalui seleksi hewan maka kopi gayo terdapat pada proses tumbuh kopi tersebut.

Disini para kopi snob memang sering berbeda pendapat mengingat rasa kopi gayo tidak konsisten karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan, ketinggian tempat tumbuh, suhu udara, jenis tanah dan faktor genetik dari varietas kopi tersebut.

Hal ini yang menjadi istimewa dan membuat kopi ini masuk dalam daftar kopi terbaik di indonesia.

Berapa harga kopi gayo?

Pada tahun 2018 harga kopi gayo ini di bandrol dengan harga 7.5 USD atau sekitar 100 ribuan per Kg. harga ini untuk kopi gayo grade I. harga kopi ini terus menaik mengingat kopi ini telah memiliki standar kualitas mutu yang terus di jaga.

Jika anda pemilik usaha warung kopi sederhana sebaiknya untuk berhati-hati dalam memilih suplier biji kopinya. karena sensitifitas ini kopi gayo akan menentukan rasa kopi.

Bagaiana Cita Rasa Kopi Gayo

Sebenarnya kopi gayo grade I dan Grade II mungkin rasanya tidak akan terlalu berbeda jika anda tidak benar-benar peka terhadap rasa kopi ini.

Namun intinya untuk menentukan rasa kopi gayo dapat di identifikasi sebagai berikut.

  • Memiliki rasa asam yang tinggi
  • Memiliki rasa yang lembut dan tidak sepat di lidah
  • Aroma Kopi Arabika ini sangat kuat

Itulah penyebab saya memasukan Kopi Arabica Gayo masuk dalam daftar kopi terbaik di indonesia.

Kopi Kintamani

Pulau bali selain memancarkan pemandangan surga bagi para wisatawan dalam negeri dan juga manca negara juga menebarkan aroma kopi terbaik yang banyak di buru oleh para wistawan. iya kopi kintamani kopi khas bali masuk dalam daftar kopi terbaik di indonesia.

Bukan hanya soal kualitas kopi kintamani saja yang membuat kopi ini sangat terkenal di manca negara. melainkan kopi kintamani juga di untungkan dengan banyaknya wisatawan dalam dan luar negeri yang secara tidak langsung mempromosikan kopi ini sebagai oleh-oleh dari bali.

Apa yang membuat kopi kintamani menjadi kopi terbaik

Ini pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang, mengingat kopi ini sangat terkenal dimana-mana. bahkan ada yang mengatakan bahwa kopi kintamani ini hanya di untungkan oleh keadaan.

Kopi kintamani adalah kopi yang 100% adalah kopi jenis arabika asli. jika kopi gayo masih merupakan persilangan dari robusta dan arabika timtim. kopi ini adalah benar-benar arabika asli.

Tapi jangan salah kopi ini benar-benar beda. bahkan kopi ini adalah kopi yang pertama kali di patenkan (sertifikasi) geografis oleh pemerintah indonesia. dikarenakan rasa kopi yang khas. seperti ada jeruk-jeruknya.

Kopi kintamani ini memeang memiliki asam namun asamnya berasa seperti asamnya jeruk. selain itu kopi ini bisa juga menghasilkan rasa fruity ataupun sweety.

Benar-benar kopi kitamani adalah kopi surga yang berasal dari pulau dewata. kopi ini ditanam di ketinggian 900 mdpl. dan juga di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Kopi Toraja

Tanah Toraja (tator) memang menyimpan banyak sekali keistimewaan. salah satunya tanah toraja diberkahi dengan tumbuhnya kopi terbaik.

Tanah Toraja merupakan daerah pegunungan. disini sangat dingin sehingga kopi terbaik tumbuh disini karena lokasinya yang lembab dan dingin. Kopi ini diuntungkan oleh lokasi geografisnya.

Kopi toraja ini tumbuh di atas ketinggian rata-rata 1.200 Mdpl. sehingga kopi ini memeriki ciri khas yang kuat akan rasa dan aromanya.

Ternyata kopi ini sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffee pada tahun 2005 silam. Jika anda berada di jepang anda akan banyak menemukan kopi Toraja disana. kopi ini di jepang dikelan dengan Kopi istimewa. hampir 40% kopi di jepang adalah kopi Toraja.

Cita Rasa Kopi Toraja

Kopi toraja ini berjenis kopi arabika, kopi ini memeliki karakter yang lembut. dan ini sangat terasa berbeda di lidah saat diminum. dikarenakan rasa kopi akan tertinggal setelah kopi masuk ke tenggorokan. jika diseduh kopi ini penampakannya agak bening, hampir sama warnanya dengan kopi pekat.

Kopi Toraja ini dijuluki sebagai Queen of Coffee. kopi ini memiliki kekhasanya pada aromanya yang berbau rempah bercampur tanah serta kadang seperti ada rasa jahe dan lada. nah bingung kan.

Pokoknya kopi Arabika Toraja ini sangat kaya akan rasa. selain itu karena keasaman dari kopi ini rendah maka kopi ini tidak akan membuat anda mual selama diminum.

Faktor inilah yang menjadikan saya memilih Kopi Toraja masuk dalam daftar kopi terbaik di indonesia.

Kopi Wamena

Tidak sempurna rasanya klo daftar kopi terbaik di indonesia ini tidak mewakili seluruh rasa kopi dari seluruh indonesia. karena hampir di setiap daerah memiliki perwakilan kopi terbaik.

Kopi terbaik itu tersebar dari sabang sampai Merauke. namun dikarenakan keterbatasan hanya 5 list saja yang akan saya tulis. maka pilihan terakhir jatuh pada kopi Wamena.

Kopi wamena merupakan kopi dengan jenis arabika. kopi ini hidup diatas ketinggian 15 Ribu kaki diatas permukaan laut dengan dengan suhu 25 derajat celcius. iya kopi ini adalah jenis kopi yang benar-benar tumbuh di wilayah yang paling dingin.

Anda tau kan gunung tertinggi puncak jayawijaya. maka kopi ini paling banyak hidup di daerah kabupaten jayawijaya, wamena.

Alasan Kopi Wamena merupakan Daftar Kopi Terbaik Di Indonesia

Kopi wamena ini memiliki ciri khas yang paling beda yaitu sensasi after coffee muncul setelah anda menelan kopinya. fruity dan sweety bercampur menjadi satu dan sangat menyegarkan.

Selain itu proses penanaman kopi dan proses produksi yang kebanyakan masih tradisional membuat rasa kopi wamena benar-benar terasa original. tidak ada campuran pupuk disana yang akan merubah tekstur tanah.

Anda akan merasakan sensasi nature ketika menikmati kopi dari tanah papua ini. rasanya sangat fresh dan unik. saya yakin lindah anda akan terasa beda ketika meminumnya.

Sulitnya transportasi ke wamena membuat kopi ini jarang terekspos, selain itu butuh perhatian lebih untuk bisa mengeluarkan kualitas kopi wamena yang terbaik. semoga menjadi perhatian sesama khususnya pemerintah indonesia.

Meskipun masih di kelola dengan teknologi ala kadarnya ternyata kopi papua ini sudah diminati oleh pasar internasional.

Penutup

Itulah pandangan pribadi saya mengenai 5 Daftar Kopi Terbaik Di Indonesia. dikarenakan ini hanyalah pendapat pribadi maka masih butuh penyempurnaan dari sesama pecinta kopi indonesia. kritik dan saran membangun akan memperkaya artikel ini sehingga masyarakat dapat mengakses informasi yang kaya dan akurat.

2 KOMENTAR

  1. artinya kopi gayo dapat menyesuaikan rasa pada penikmatnya…
    Karena penikmat kopi banyak yang gak konsisten…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here