Biaya-Kuliah-Jurusan-hubungan-internasional

Banyak sekali email yang masuk ke saya bertanya soal berapa biaya kuliah jurusan hubungan internasional, pertanyaan ini harus segera saya posting dikarenakan banyak artikel yang menyesatkan bertebaran di internet.

Informasi ini saya rasa sangat penting dikarenakan ternyata banyak orang yang ingin masuk jurusan HI hanya saja terkendala karena biaya kuliahnya terkenal sangat mahal.

Oke kuliah HI itu terkenal mahal sepertinya hanya persepsi saja, kalau kuliah HI keren sih emang benar adanya. Mata kuliah hubungan internasional lain daripada yang beda.

Lalu Berapa Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Kuliah hubungan Internasional sebenarnya sih sama dengan jurusan yang lainnya, yang kamu harus tau kamu akan ngambil jurusan ini di kampus mana. Swasta atau Negeri.

Kuliah Swasta dan Negeri

Memilih kampus swasta dan negeri sangat mempengaruhi biaya kuliah, sudah pasti biaya untuk kuliah di swasta lebih tinggi daripada biaya negeri.

Biaya kuliah swasta untuk jurusan hubungan internasional untuk belanja SKS per semester pada saat saya kuliah dulu tahun 2008 adalah Rp.70.000/SKS. Untuk biaya sumbangan Rp 8.000.000 dicicil 3x.

Mungkin saat ini harganya naik sekitaran 10%-20% seiring naiknya inflasi nasional, begitupun dengan uang bangunan.

Kelebihan ambil kuliah jurusan hubungan internasional di swasta adalah proses seleksinya yang lebih mudah dibandingkan seleksi masuk di kampus negeri.

Untuk Kampus Jurusan Hubungan Internasional terbaik saya sudah pernah mempostingnya silahkan di baca saja.

Sedangkan untuk biaya kuliah jurusan hubungan internasional di negeri relatif lebih murah, uang SKS pada tahun 2008 paket persemester tidak sampai Rp.2.000.000. sekiran Rp.30.000 – 50.000 per sks.

Untuk sumbangan uang bangunan sangat murah di angka Rp. 2.000.000 sampai Rp.5.000.000.

Tips Murah Biaya Kuliah

Setelah mempertimbangkan keduanya agar kuliah kamu di jurusan hubungan internasional menjadi lebih murah berikut ini tips dari saya.

Pilih Jalur Prestasi

Saat masuk mendaftar kuliah baik swasta atau negeri cobalah ikut tes jalur prestasi, kamu cukup melampirkan prestasi kamu dimasa sekolah SMA dulu, bisa prestasi akademik maupun non akademik.

Biasanya jika kamu lolos jalur prestasi ini maka kamu akan dibebaskan ataupun disubsidi uang pembagunan dan gratis SPP selama beberapa semester.

Jalur Kerja Sama Daerah Maupun Organisasi

Biasanya setiap daerah bekerja sama dengan kampus dalam menjaring talenta-talenta terbaik dari daerah, begitupun dengan organisasi misalnya Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama.

Melalui kerjasama ini kamu bahkan langsung lulus tanpa tes masuk kampus, kamu cukup lolos tes dan kelengkapan berkas saat penjaringan di daerah maupun organisasi.

Ikut Tes Gelombang Pertama

Ujian masuk kampus menerapkan beberapa gelombang saat penerimaan mahasiswa baru. pastikan kau segera mendapatkan informasi kapan ujian masuk pertama di buka.

Jika kamu mengikuti tes masuk pada gelombang kedua bahkan terakhir dipastikan biaya kuliah kamu akan sangat mahal, hal ini terjadi karena pembatasan kuato mahasiswa yang di terapkan.

Jadi saran saya agar biaya kuliah jurusan hubungan internasional kamu menjadi sangat murah maka harus melakukan beberapa tips yang sudah disampaikan di atas.

Terlepas dari itu sebaiknya kamu tidak perlu menghitung totalan biaya kuliah persemester plus uang bangunannya, belum lagi di kali selama minimal tahun kuliah.

Itu akan membuat kamu terasa berat masuk di jurusan ini, tenang saja seiring waktu kamu saat kuliah kamu akan menemukan banyak hal.

Seperti kebijakan kampus untuk mahasiswa yang berat membayar uang bangunan, Beasiswa Prestasi, Menang Lomba, sampai mendapatkan penghasilan sendiri.

Hal yang paling penting kamu lakukan adalah meluruskan niat untuk bisa masuk kuliah dan mencari semua kelonggaran yang ada. buru semua beasiswa, bersahabat dengan dosen dan aktif berorganisasi.

Jangan lupa untuk tingkatkan kemampuan diri dan belajarlah berbisnis, saat ini banyak sekali peluang bisnis online bagi mahasiswa yang terbukti dapat membantu meringankan biaya kuliah anda.

Sekian dulu dari saya, mungkin postingan ini tidak bisa menjawab semua pertanyaan anda tentang biaya kuliah jurusan hubungan internasional, oleh sebab itu silahkan tanyakan di kolom komentar atau hubungi via email.

Jangan lupa jika bermanfaat share jika bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here