Cara Jualan Di Shopee Agar Cepat Laku

Berjualan di marketplace merupakan cara baru agar jualan online laris manis diburu customer, semua orang yang berkunjung ke marketplace pasti merupkan hot prospek, untuk itu cara jualan di shopee ini penting untuk anda ketahui.

Shopee masih tergolong marketplace pendatang baru di Indonesia, namun penetrasi yang dilakukan oleh marketplace yang satu ini terbilang agresif dalam mendahului marketplace sebelumnya yang sudah lebih dulu ada di Indonesia.

Shopee berhasil merebut hati masyarakat baik sebagai penjual maupun pembeli, hal ini terbukti dengan mereka berhasil mencapai transaksi 900.000 pesanan perhari di tahun 2018. artinya berjualan melalui marketplace shopee dapat mendatangkan keuntungan sendiri.

Alasan Mengapa Harus Berjualan di Marketplace Shopee

Marketplace di Indonesia saat ini sangat banyak, sehingga butuh alasan kuat mengapa anda harus berjualan di Shopee bukan marketplace lain.

Menurut pengamatan saya sebagai penjual dan juga pembeli ada beberapa keunggulan mengapa harus menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Shopee User Friendly

Market di Indonesia sangat nyaman untuk melakukan transaksi melalui smartphone dan shopee berhasil menjadi aplikasi yang paling mudah digunakan oleh penjual maupun pembeli. tampilan yang humanis dan tidak membuat binggung penggunanya.

Shopee Gencar Melakukan Promosi

Salah satu faktor kenapa shopee berhasil menciptakan transaksi 900.000 orderan perhari/ meningkat 150% dari sebelumnya dikarenakan marketplace yang satu ini giat dalam melaksanakan promosi baik di media mainstream maupun kanal online.

Hal ini menguntungkan para seller yang berjualan di aplikasi ini, karena tidak perlu pusing untuk mendatangkan para customer, Penjual hanya fokus mengoptimasi tokonya saja.

Konsisten Memberikan Gratis Ongkir

Shopee telah berhasil membangun brandnya menjadi marketplace yang konsisten memberikan gratis ongkir pada pelanggannya. bukan hanya itu nyaris tanpa syarat dan terkesan tidak tipu-tipu.

Hal ini sangat menguntungkan para pembeli yang secara survey memang menginginkan gratis ongkir disetiap pembeliannya. sehingga para seller di shopee penjualannya laris manis.

Sukses Memberikan Gimmik

Gimmik itu adalah adalah strategi marketing yang tidak biasa untuk meningkatkan penjualan, shopee berhasil menjaga customer loyalnya dengan memberikan gimmik yang tepat seperti promo shopee serba 10.000 undian berhadia dan games lainnya.

Strategi ini berhasil membuat para pelanggan enggan ke lain hati, plus berhasil mendatangkan para pelanggan baru.

Fitur Shopee Pay

Fitur shopee pay adalah sebuah fitur untuk melakukan transaksi ataupun top up saldo, mirip seperti dompet elektronik, pembeli dan penjual dapat dengan mudah melakukan transaksi di shopee. mirip seperti dompet elektronik.

Itulah kelima alasan mengapa harus berjualan menggunakan marketplace shopee, luar biasa bukan.

Sekarang saatnya melakukan optimasi toko di aplikasi Shopee untuk meningkatkan penjualan, pastinya meskipun anda adalah seorang pemula.

Cara Jualan Di Shopee

Pastinya anda pasti mudah berjualan di marketplace shopee ini, karena memang shopee merupakan marketplace yang sangat mudah dipahami.

Oleh sebab itu saya tidak akan membahas mengenai cara mendaftar dan upload barang jualan, anda bisa pelajari sendiri, sangat mudah cukup buka aplikasi/websitenya saja.

Disini saya akan menjelaskan bagaiman jualan anda di shopee bisa laris manis diantara jutaan seller di shopee .

Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan terlebih dahulu

Setting Toko di Shopee

Ini adalah pondasi awal berjualan di shopee yang sering orang abaikan, pastikan anda melengkapi foto profil dan cover shopee dengan gambar profesional, agar tampilan toko anda terlihat istimewa. lengkapi juga profil lain yang perlu di isi.

Cara Upload Foto Di Shopee

Foto sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan di shopee, terlebih produk yang anda jual adalah produk yang dijual sama dengan kompetitor lainnya.

Hal ini agar toko anda terlihat berbeda dengan toko yang lain yang menjual produk yang sama, karena di shopee bisa jadi ada ratusan bahkan ribuan seller yang menjual produk yang sama.

Ini dia beberapa hal yang wajib anda terapkan pada toko anda.

  • Buat frame atau bingkai gambar

Hal ini dilakukan untuk membangun brand anda, gunakan bingkai juga warna yang berbeda pada toko anda, sehingga toko anda tampil beda dan nantinya mudah dikenali oleh pelanggan anda.

  • Isi Rincian Keterangan Produk

Isi rincian keterangan produknya seperti kategori, harga, stok, variasi, berat, dan juga jasa pengiriman, gunakan jasa pengiriman yang di support oleh shopee, biasanya JNT dan JNE.

  • Optimasi Nama/Judul Produk dan Deskripsi

Ini adalah rahasia jualan di Shopee agar cepat laku, gunakan nama/judul yang familiar sekiranya sering di cari oleh pembeli yang mencari di marketplace shopee.

Selain itu optimasi deskripsi produk dengan memainkan kata kunci produk yang anda jual, pada kolom deskripsi ini anda bisa mengisi informasi produk selengkapnya dengan menggunakan kata kunci berulang-ulang.

  • Maksimalkan Penggunaan Hastag

Hastag juga dapat membantu pembeli atau orang yang mencari produk di aplikasi shopee, silahkan lakukan riset kecil-kecilan tentang hastag yang populer sering digunakan oleh calon pembeli.

Koneksikan Akun Shopee ke Instagram dan Fanpages

Agar penjualan toko anda di Shopee lebih maksimal lagi maka anda perlu melebarkan kanal promosi pribadi, sambungkan akun toko di Shopee ke Instagram dan Fanpages.

Saat ini shopee punya fitur untuk menyambungkan toko anda ke sosial media, cukup dengan mengkoneksikannya maka produk di toko anda di Shopee bisa langsung terupdate pada status di fanpages atau terupload di Instagram.

Follow Pengguna Shopee dari Kompetitor Anda

Shopee punya fitur seperti news feed, dimana setiap ada update dari toko anda, maka followers dapat melihat update terbaru anda.

Silahkan buka toko kompetitor anda dan ikuti mereka yang follow toko tersebut, akan ada notifikasi ke aplikasi shopee pengguna tersebut. kemudian mereka akan mengunjungi toko anda.

Bisa jadi barang yang mereka cari ada di toko anda, dengan melakukan hal ini anda dapat menjangkau calon pembeli baru tanpa perlu menunggu mereka yang datang secara organik.

Silahkan lakukan follow sebanyak-banyaknya sampai jumlah followers toko anda menjadi banyak. semakin banyak semakin bagus, karena shopee tidak membatasi jumlah followers toko.

Gunakan Fitur Push Produk Aplikasi Shopee

Shopee memberikan fitur push produk untuk tampil di halaman pencarian paling atas, ini merupakan salah satu cara jualan di shopee agar produk anda mendapatkan banyak pembeli.

Fitur ini bisa anda gunakan secara gratis, anda bisa melakukan push 5 produk anda dalam setiap 4 jam sekali.

Jadi buatlah pengingat setiap 4 jam untuk anda melakukan push produk, jangan sia-siakan fitur gratis ini.

Gunakan Fitur Shopee Iklanku

Selain push produk yang diberikan secara gratis oleh shopee untuk push produk anda, maka gunakan juga fitur berbayar / iklan berbayar di shopee, namanya Iklanku.

Anda harus berkorban mengeluarkan sedikit modal untuk mencari pelanggan toko anda di shopee. ini adalah sebuah investasi jangka panjang menurut saya.

  • Fitur ini memiliki banyak sekali keunggulan seperti
  • Membuat produk anda muncul di halaman atas pencarian
  • Menjangkau lebih banyak pembeli dengan menarget kata kunci tertentu
  • Iklan mudah dikelola dengan pengeluaran biaya yang lebih efektif

Dengan beriklan dapat meningkatkan penjualaan anda, pahami cara agar iklan anda mendapatkan ROI yang bagus.

Itulah beberapa cara jualan di shopee agar cepat laku, jika anda belum memiliki ide bisnis online saya sudah membahasnya silahkan pelajari.

Jangan lupa untuk share, setiap share dari anda membuat saya tetap bersemangat untuk terus berbagi hal-hal yang bermanfaat seputaran bisnis online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here