Cara Memulai Bisnis Coffee Shop

55
cara memulai bisnis coffee shop

Bisnis Coffee Shop Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar di dunia saat ini, urutan ke 4 dunia setelah brazil, vietnam dan kolombia.

Artinya di Indonesia sumber kopi melimpah sekaligus kopi Indonesia berkualitas karena bisa di terima oleh negara lain.

Oleh karena itu jika kamu jeli, maka bisa mengambil keuntungan dari posisi Indonesia tersebut untuk memulai bisnis coffee shop.

Permasalahannya tidak tau bagaimana cara membuka usaha warung kopi? terlebih bukan hobi kopi.

Terakhir, sudah banyak warung kopi yang buka kemudian tutup lagi dengan alasan omset tidak menutupi modal, malah buntung.

Tenang saja, baca postingan ini sampai selasai, materinya sudah disusun berurutan berdasarkan pengalaman bisnis warung kopi.

Jadi kamu bisa segera memulai usaha warung kopi sederhana yang menghasilkan dan intinya anti bangkrut.

Rahasia Bisnis Coffee Shop

Praktekan secara berurut tanpa kamu lewati step by stepnya disiplin dengan pola pembuatan bisnis coffee shop ini. Pastikan tidak ada yang dilompati, terlebih kamu masih pemula.

Memiliki Semangat Bisnis

semangat bisnis coffee

Terdengar classic, tapi ini dia pondasi awal dalam membuka usaha warung kopi.

Banyak orang berduit menganggap bahwa cukup sediakan modal maka kedai kopi siap beroperasi.

Bisnis kopi itu bicara soal rasa, takan bisa hidup kalau kamu tidak bisa menikmatinya, meskipun kamu bukan penikmat kopi, pastikan kamu punya semangat.

Usaha kedai kopi yang tidak memiliki rasa semangat ini dipastikan tutup kembali dalam beberapa bulan kedepan. Ini bisnis unik, so keluarkan effort lebih.

Supplier

suplier coffee shop

Setelah kamu yakin dengan semangatmu, sekarang saatnya eksekusi, jangan langsung membuat warkopnya ya.

Kebanyakan orang langsung mencari lokasi saat semangatnya untuk membuat coffee shop sedang berapi-api. Ingat waktu adalah uang, dan sewa tempat itu di hitung bulanan dan tahunan sewannya.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah mencari supplier terpercaya, baik itu supplier biji kopi terbaik, perlengkapan warkop dan segala hal yang kamu butuhkan.

Guna mencari suplier ini yang pertama untuk menjaga kestabilan stok, siapa tau pas buka langsung rame. seta menjaga kualitas dan kestabilan rasa.

Untuk penghematan biaya dikarenakan beli di supplier harga jauh lebih murah.

Ketiga membangun bergaining dan relasi dengan para supplier agar bisa menjadi mitra kerja yang baik. Money stream baru. Nanti juga kamu tau.

Barista

barista coffee shop

Kebanyakan pemilik coffee shop yang sukses itu malah tidak tau cara menyeduh kopi, hanya saja mereka punya semangat dan tau supplier utama.

Rahasianya ternyata setiap coffee shop yang sukses pasti memiliki Barista terbaik, tugas kamu adalah mencari barisata terbaik, merekrutnya dan jangan lupa upgrade lagi skillnya.

Bisnis biji kopi itu unik dan sekaligus sensitif, butuh tangan ahli yang bisa meracik segelas kopi terbaik.

Buatlah komitmen yang baik dengan barista tersebut, buat dia sejahtera dan jangan lupa untuk tetap siaga dengan stok Barista lain jika suatu saat barista kamu resign atau pergi ke kompetitor.

Lokasi

lokasi coffee shop

Jika barista sudah punya sekarang baru cari lokasi terbaik untuk kedai kopimu. setidaknya kamu sudah menghemat waktu jika mencari lokasi pada step ini. jadi coffee shop kamu tidak nganggur.

Ajaklah suplier untuk meninjau lokasi kamu untuk membangun chemistry jika lokasi supliermu sekota dengan kamu.

Selain itu ajaklah barista tersebut untuk observasi sekaligus pengenalan dengan lingkungan barunya.

Biasanya seorang barista berpengalaman tau dimana posisi terbaik dan hoki saat dia berdiri meracik segelas kopi terbaik.

Konsep

konsep coffee shop

Lokasi sudah kamu punya dan sudah kamu tinjau bareng sang barista, sekarang baru saatnya susun konsep yang disesuaikan dengan tata ruang yang ada.

Kebanyakan orang kebalik, meletakan konsep di awal tentang cara memulai bisnis coffee shop, akhirnya bingung setelah nemu lokasi harus rubah konsep diawal.

Susunlah konsep pada step setelah mendapatkan lokasimu agar tidak kerja dua kali, tips ini lebih hemat. Ingat kamu itu pebisnis segalanya mesti low cost high impact.

Target Market

market coffee shop

Setelah kamu sudah membuat blue print tentang sebuah konsep coffee shop yang sukses maka tahap selanjutnya membidik untuk siapa coffee shop yang kamu buat.

Ingat penikmat kopi itu unik, mereka terbagi-bagi dalam berbagai macam lapisan masyarakat. Orang kaya, pengusaha, karyawan, anak milenial dan para politikus serta masih banyak lagi.

Jangan bilang kamu mau bidik semua kalangan yah. Ingat jika kata panglima perang Sun Tzu.

Jika kamu memperkuat semua lini maka kamu lemah dalam semua lini, perkuat salah satunya saja.

Begitupun dengan membidik target, tentukan diawal siapa targetmarketmu, kemudian fokus untuk membidik mereka.

Ingat kebanyakan warkop yang sepi karena gagal mengenal siapa market mereka. akhirnya lama-lama bubar tuh warkop.

Dekorasi

dekorasi coffee shop

Bayangkan jika kamu menentukan marketmu berdiri di atas dan untuk semua golongan ??? lalu dekorasi warkopnya seperti apa???

Selain nikmatnya secangkir kopi, dekorasi coffee shop juga berpengaruh terhadap rasa kopi. serius.

Dekorasi yang baik adalah dekorasi mampu yang merepresentasikan siapa penikmat kopi didalamnya.

Dekorasi dapa menstimulus mata dan mengaktifkan imajinasi para penikmat kopi. kombinasi dekorasi dan caffein pada kopi mampu menghadirkan banyak inspirasi buat penikmatnya.

Promosi Media Sosial

Sampai tahap ini coffee shop kamu sudah ada wujudnya, saatnya untuk melakukan promosi dan promosi yang paling efektif juga sekaligus kekinian yaitu promosi sosial media.

Silahkan tentukan lewat kanal mana kamu akan promosi, jika dekorasi warung kopi anda Instagramable, maka cobalah menggunakan Instagram untuk kanal promosinya.

Namun jika lebih mengekspos pada keramaian warung kopi serta fasilitas yang ada pada coffee shopmu gunakan facebook.

Jika kamu bingung mau pilih yang mana, cobalah konsultasikan pada ahlinya, misalkan dengan memakai jasa konsultan jasa digital marketing.

Sistim pembukuan

Pada fase ini dipastikan uang kamu sudah mulai mengalir, sudah mulai kebingungan mana modal mana untung perhari dan sebagainya.

Intinya kamu sudah kewalahan dalam mengurus cashflow bisnis kamu, maka pada tahap ini kamu wajib memiliki sistem pembukuan.

Saat ini sangat banyak sekali sistem dan aplikasi kasir yang bisa kamu pakai, mulai dari yang aplikasi kasir termurah sampai pada aplikasi kasir termahal.

Cobalah gunakan aplikasi kasir detapos jika modal kamu terbatas, aplikasi kasir ini cukup powerful dan fiturnya lengkap. pastinya gak bikin kantung kamu jebol.

Pernah gak melihat orang ketika baru pertama membuka warung kopi lengkap dengan peralatan dan sistem pembayaran??? itu salah, dan tunggu aja tidak lama lagi barang tersebut di lego.

Ingat segala sesuatu harus di perhitungkan dan sistem pembayaran letakan pada bagian paling akhir dari cara memulai bisnis coffee shop.

Doa

Doa Bisnis Coffee shop

Apapun agamamu maka letakan doa diujung ikhtiar kamu, dalam Islam apa yang kamu lakukan diatas masih dalam bentuk ikhtiar.

Manusia hanya bertugas untuk menanamnya saja, urusan tanaman itu tumbuh dan bisa dipanen semuanya adalah kehendak tuhan.

Kebanyakan pemilik bisnis coffee shop lupa akan poin penting terakhir ini, padahal ini adalah senjata pamungkas.

Jika doa kamu letakan paling akhir dari rangkaian ikhtiar kamu diatas, semoga bisnis kamu berkembang dan bermanfaat bagi orang banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here