cara mengatasi susah tidur

Mengatasi susah tidur – aktivitas yang dilakukan semua orang pada pagi dan siang hari pastinya akan membuat tubuh menjadi lelah. Rasa lelah akan dialami oleh banyak orang pada saat sore ataupun malam hari ketika menjelang tidur. Rasa lelah ini sebenarnya baik untuk tubuh dan otak karena nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih lelap. Namun, ada beberapa orang yang setelah melakukan banyak aktivitas pada siang harinya tidak merasakan lelah dan sulit untuk tidur pada malam harinya. Kurang tidur juga dapat menyebabkan beberapa hal buruk seperti menurunnya konsentrasi dan daya ingat. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang sering mengalaminya, berikut beberapa cara mengatasi susah tidur yang terbukti ampuh.

Rasa lelah ini sebenarnya baik untuk tubuh dan otak karena nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih lelap. Namun, ada beberapa orang yang setelah melakukan banyak aktivitas pada siang harinya tidak merasakan lelah dan sulit untuk tidur pada malam harinya. Kurang tidur juga dapat menyebabkan beberapa hal buruk seperti menurunnya konsentrasi dan daya ingat. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang sering mengalaminya, berikut beberapa cara mengatasi susah tidur yang terbukti ampuh.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

5 Tips Mengatasi Susah Tidur

Susah tidur atau yang biasa disebut dengan insomnia ini memang tidak baik bagi tubuh jika sering dilakukan. Gangguan tidur yang satu ini juga dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti obesitas dan penurunan daya ingat. Bagi Anda yang sering mengalaminya, berikut 5 cara mengatasi susah tidur yang sudah terbukti ampuh.

  1. Tidak tidur pada siang hari

Salah satu cara mengatasi susah tidur adalah dengan tidak tidur siang. Biasanya tidur siang dalam waktu yang cukup lama akan membuat Anda terjaga pada malam harinya. Tidur siang juga menyebabkan badan kembali segar dan tidak merasa mengantuk pada waktu malam hari. Jika anda merasa terlalu lelah, maka dianjurkan untuk berbaring saja di sofa dan jangan tidur siang.

  • Mengonsumsi makanan bertryptophan sebelum tidur

Tryptophan sendiri merupakan zat kimia yang dapat merangsang otak untuk memejamkan mata dan mempercepat tidur. Tryptophan adalah salah satu dari 20 asam amino yang menyusun protein bagi manusia. Namun sayangnya zat kimia ini tidak di produksi di dalam tubuh Anda, melainkan bisa Anda dapatkan melalui beberapa makanan seperti daging ayam, kalkun, kacang kedelai, ataupun ikan tuna.

  • Mengonsumsi susu

Mengonsumsi susu juga merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda terapkan. Karena susu sendiri mengandung magnesium dan kalsium yang dapat membuat otak dan otot lebih rileks dan memudahkan mata untuk terpejam.

  • Membaca buku

Membaca buku dipercaya akan memudahkan mata untuk terpejam. Bacalah buku hingga beberapa halaman sebelum tidur karena mata nantinya akan terasa berat dan kemudian mulai dating rasa mengantuk. Cara ini sudah terbukti ampuh dan sudah banyak dilakukan oleh orang-orang.

  • Hindari alat-alat elektronik

Pastikan untuk menyingkirkan alat alat elktronik seperti handphone, televisi, laptop, dan yang lainnya. Karena selain membuat tidur anda tidak nyenyak, alat-alat ini juga memancarkan radiasi yang tidak hanya dapat mengganggu tidur tapi juga dapat merusak mata serta mempengaruhi daya kerja otak. Suara maupun gambar yang dihasilkan dari alat-alat tersebut dapat merangsang otak dan membuat Anda sulit tertidur. Bermain gadget maupun alat elektronik lainnya sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak Anda tetap aktif yang akhirnya tubuh pun meresponsnya dengan tidak bisa tidur.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda terapkan. Selain beberapa tips diatas, kebutuhan tubuh akan magnesium dan juga kalsium tidak boleh diabaikan. Magnesium berfungsi untuk membuat otot  Anda lebih rileks sementara kalsium berfungsi untuk membuat otak Anda menjadi lebih tenang dan tidur menjadi lebih lelap. Magnesium dan kalsium dapat Anda peroleh dari minuman seperti susu. Meminum susu sebelum tidur sangat baik karena dapat membuat tidurmu jauh lebih pulas dan nyenyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here