Usir Kantuk dengan 6 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

44
cara menghilangkan ngantuk saat bekerja

Kantuk adalah musuh terbesar dari pekerja kantoran. Mengapa ? Karena aktivitas di depan komputer yang berjam-jam dengan segudang tugas yang menumpuk akan menciptakan rasa bosan di dalamnya.

Mengantuk saat bekerja adalah hal yang lumrah terjadi, namun tidak bisa dibiarkan terus menerus karena akan mengganggu kinerja dan berdampak pada kualitas pekerjaan.

Untuk itu rasa kantuk harus dilawan dengan 6 cara menghilangkan ngantuk saat kerja ini agar kerja lebih berkualitas.

6 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Menghilangkan ngantuk saat kerja akan sangat membantu Anda dalam produktivitas pekerjaan sehingga perlu untuk dilakukan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa mengantuk saat bekerja di kantor. Namun, kini hanya akan dibahas enam cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang sudah dirangkum secara keseluruhan.

1. Kenali Jam-jam Ngantuk Anda

Untuk menghilangkan kantuk saat bekerja, cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetahui jam-jam Anda saat mulai mengantuk.

Umumnya seseorang memiliki jam mengantuk dari mulai pukul 12.00-15.00. Cobalah untuk meriset diri sendiri mengenai jam ngantuk Anda agar dapat lebih mudah mengantisipasi hal tersebut.

Lakukan riset ini dalam waktu yang berturut-turut agar didapat hasil yang pasti.

Artikel Terkait : 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Yang Terbukti Ampuh

2. Minum Kopi Sebelum Jam-jam Ngantuk Terjadi

Minum kopi sebelum jam-jam ngantuk terjadi dapat menjadi cara selanjutnya agar dapat mengusir rasa kantuk yang datang saat banyak-banyaknya pekerjaan.

Setelah Anda mengetahui jam-jam kritis Anda sendiri, carilah solusi untuk mengatasi rasa kantuk tersebut salah satunya dengan meminum segelas kopi.

Segelas kopi dapat menghilangkan kantuk sehingga dapat memberikan konsentrasi penuh saat melakukan aktivitas kerja.

3. Jangan Terlalu Lama Duduk

Cobalah sisipi aktivitas kerja Anda dengan aktivitas lain yang mengharuskan Anda untuk meninggalkan tempat duduk.

Misalnya, berjalan menyusuri taman kantor atau sekedar melakukan peregangan tubuh yang telah lama terpaku pada layar monitor.

Aktivitas fisik berupa menaiki tangga juga dapat menambah alternatif untuk bisa sejenak meninggalkan kursi Anda beserta segala macam tugas-tugas dari perusahaan.

4. Dengarkan Musik yang Memberikan Semangat (Tempo Cepat)

Mendengarkan musik dengan tempo yang cepat dapat memberikan dorongan semangat tambahan untuk Anda.

Musik merupakan salah satu stimulus untuk emosi sehingga gunakan jenis-jenis musik yang dapat membangkitkan semangat Anda dalam bekerja.

Untuk itu cara menghilangkan kantuk saat kerja yang satu ini dapat Anda terapkan pada saat sedang melakukan aktivitas kerja di kantor.

5. Mengobrol dengan Teman Sekitar/Rekan Kerja

Setiap pekerja pasti memiliki rekan kerja di kantor. Berusahalah untuk mengenal lebih banyak rekan kerja di kantor.

Dengan mengenali rekan kerja maka Anda akan mudah untuk memulai suatu obrolan ketika dirasa sedang mengantuk.

Cara menghilangkan kantuk dengan cara mengobrol ini cukup efektif dan memiliki manfaat lain selain mengusir kantuk yaitu memperluas relasi antar rekan kerja sehingga lebih nyaman juga saat bekerja.

6. Minum Air Putih Secukupnya

Selama bekerja tentunya tubuh akan banyak kehilangan cairan sehingga membutuhkan asupan cairan yang cukup.

Dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh mengakibatkan kehilangan konsentrasi dalam melakukan aktivitasnya termasuk aktivitas kerja.

Hal ini dikarenakan kurangnya oksigen yang disalurkan ke otak yang merupakan tugas air di dalam tubuh manusia. Untuk itu penuhilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih.

Demikianlah keenam cara menghilangkan ngantuk saat bekerja agar pekerjaan Anda lebih berkualitas dari hari ke hari.

Sekarang Anda sudah tahu cara efektif untuk mengusir kantuk sehingga Anda bisa memberikan salam perpisahan kepada kantuk dan ucapan selamat datang kepada kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here