Cara menjadi Seorang diplomat muda. Saya yakin yang membaca artikel ini sebagian besar adalah anda yang baru selesai menyelesaikan kuliah atau baru mau mendaftar di salah satu jurusan favorit, keren dan bisa dipakai gaya-gayaan untuk cara menjadi diplomat muda.

Adik-adik calon Diplomat Muda kebanggaan Indonesia, jangan berhenti dan kejar cita-citamu. Jangan seperti kakakmu yang satu ini.

Sebenarnya ada banyak prospek kerja selain diplomat yang bisa kamu maksimalkan, ada baiknya baca ini dulu sebelum lanjut.
10 Prospek Kerja Hubungan Internasional – WAJIB ANDA COBA !!!

Tips Cara Menjadi Diplomat Muda???

Cara Menjadi diplomat Muda tentunya merupakan hasrat yang kuat bagi kita seorang mahasiswa hubungan internasional, seperti iklan rokok yang mengatakan “Diplomat Arti Sebuah Kesuksesan”. Ini merupakan puncak perjuangan dari berlelah-lelah menyelesaikan studi jurusan tersebut.

Demi menjaga semangat dan langkah mahasiswa Hubungan Internasional maka panduan ini kiranya dapat menemani perjuangan anda dalam meniti karir. Kita buktikan bahwa menjadi diplomat bukanlah sebuah jabatan politis aji mumpung melainkan sebuah proses pembelajaran, study focus dan hasrat para pembelajarnya.

I just wanna say “Diplomat is International Relations Student”

diplomatmuda

Berikut ini cara menjadi diplomat muda  yang harus anda tempuh agar menjadi seorang Diplomat yang murni lulusan Hubungan Internasional.

Passion anda sebagai mahasiswa Hubungan Internasional

Sebagian besar mahasiswa yang mengambil jurusan hubungan internasional brasal dari keinginannya sendiri bukan dari paksaan orang tua ataupun pacar yang belum jelas takdir jodohnya, hehehe

Jika bingung mau kuliah dimana ini tempat kuliah terbaik untuk jurusan Hubungan Internasional, Kamu tinggal pilih saya sudah merisetnya.

10 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik Di Indonesia

Pilihan jurusan ini anda ambil dikarenakan tau kemampuan dasar anda  dan cita-cita awal  untuk menjadi seorang diplomat. Oleh sebab itu mengkondisikan diri sebagai mahasiswa HI dan seorang yang punya wawasan yang global dapat di implementasian dalam kehidupan sehari-hari. ini merupakan satu cara menjadi diplomat muda

Bisa berbahasa inggris Fluently dan Correctly Plus 3 Bahasa Internasional (administrative)

Cara Menjadi Diplomat Muda Syaratnya memiliki Kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa inggris merupakan kepedean awal ketika anda mengambil jurusan ini, mungkin anda telah mahir berbahasa inggris ini semenjak bangku SMP dan SMA, bahkan ada yang telah memiliki Bahasa lain selain Bahasa inggris.

Modal Bahasa ini yang akan menjadi pembeda anda dengan para pesaing anda sebagai calon diplomat muda nanti, perlu anda ketahui bahwasan saat ini untuk Indonesia dan negara-negara asia pada umumnya menempatakan diplomat sebagai jabatan politik. So pesaing anda bukan dari jurusan anda sendiri.

Cara menjadi diplomat muda adalah paham bahasa inggris dan lancar mengucapkannya…

Fluently and Correctly Make You Acceptable

Selain itu kemampuan berbicara Bahasa inggris yang fluently dan correctly dapat memudahkan anda bergabung dan diterima dalam komunitas-komunitas internasional, ada kemudahan dalam mengakses informasi yang sebagian besar berbahasa inggris serta kesempatan lainnya yang dapat membantu dan mengarahkan anda memiliki skill awal cara menjadi diplomat muda

Cara Menjadi Diplomat Muda, Berapa bahasa yang harus dikuasai ???

Selain itu Bahasa Internasional lain, seperti Arab, Mandarin, Spanyol, Prancis dan lain-lain perlu anda pelajari sejak dini, karnena selain meningkatkan kepedean ke HI an anda juga dapat membedakan anda dengan pesaing lainnya. Dan yang paling penting ini merupakan syarat administrative ketika anda mengikuti CPNS kemenlu.

Bergabung dengan komunitas internasional ataupun organisasinya

Setelah dua poin di atas anda terapkan dalam proses anda menggapai cita-cita menjadi seorang diplomat, ini adalah cara menjadi diplomat muda, anda akan mencari sendiri atau akan dipertemukan dengan komunitas internasional dan organisasi internasional yang ada dalam lingkungan anda.

Disini anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki mimpi seperti anda, pengalaman berorganisasi dan berinteraksi dengan orang-orang dalam scape ini memberikan anda simulasi awal pekerjaan seorang diplomat.

Hal yang terpenting adalah anda akan termotivasi dan dapat menjaga asa cita-cita anda ketika berada dalam lingkaran ini. Sebagian informasi mengenai isu-isu Hubungan Internasional serta kesempatan menjadi seorang diplomat bertebaran dan bertransksi di area ini.

Memiliki relasi kuat di dalam dan luar kampus

Poin ini hampir sama dengan poin yang sebelumnya namun lebih condong kepada hubungan personal anda dengan orang-orang yang berada di lingkungan kampus seperti dosen, senior serta alumni hubungan internasional yang berkecipung di dunia ini.

Kita semua sepakat bahwa rekomendasi dosen adalah surat kuasa ampuh untuk kita mendapatkan informasi, kesempatan dan peluang beasiswa luar negeri yang akan menjadi amunisi tambahan kita menjadi calon diplomat kedepannya.

Aktivitas kita diluar kampus akan menambah perbendaharaan pertemanan anda, yups ketika anda menjadi seorang diplomat anda pun tidak akan berada dalam negara anda. Selain itu mencari relasi di luar kampus akan mengasah kemampuan politik mencari kawan serta situasi lainnya yang belum kita prediksi sebelumnya.

Memiliki kemampuan menulis dan berbicara sama baiknya

Seorang diplomat muda adalah dia yang menjadi representasi negara ketika berada diluar negeri, anda dituntut agar dapat memberikan informasi kepada negara anda  dan juga menjelaskan kepada negara lainnya.

Hal ini anda tuangkan dalam document, surat kabar dan lain halnya. Ketika anda kaku dalam tulis menulis dipastikan anda akan mendapatkan kesulitan awal anda. dan tidak memenuhi langkah cara menjadi diplomat muda.

Belajarlah menulis dan berpidato mulai dari sekarang. Syarat menjadi diplomat muda

Cara Menjadi Diplomat
Sumber : Liputan6.com

Selain itu ketika menjadi diplomat anda akan berada dipodium-podium serta sidang-sidang yang memaksa anda untuk terus bercerita tentang negara anda dan isu-isu global lainnya yang sedang dibahas. Ada teks pidato yang harus ditulis dan ada yang harus anda ceritakan.

So kemampuan menulis dan berbicara sama baiknya akan menyelematkan negara anda. Lembay 🙂

Lulus tes sekolah kementrian luar negeri

Ketika anda ingin menjadi diplomat muda jalur utamanya yaitu mengikuti seleksi penerimaan PNS Kemenlu yang informasinya anda dapat akses di kemlu.go.id maka sering seringlah membuka portal ini untuk mendapatkan informasinya.

Ada beberapa rangkaian seleksi utama yang harus anda tempuh dan persiapakan dengan matang matang.

Pertama adalah seleksi kelengkapan administrasi. Saya tidak akan menulis apa-apa yang harus di persiapkan karena setiap tahun kelengkapan admisirasi selalu berubah. Yang ingin saya sampaikan bahwa anda harus serius dan teliti dalam menyiapkan administrasinya. Ketika gagal seleksi administrative ini maka anda sungguh terlalu.

Setelah lulus seleksi administrative anda akan menjalani seleksi kempetisi bidang (SKB) Bahasa asing. Inggris so pasti dan Bahasa internasional lainya, oh ya kawan score TOEFL anda harus 550 minimal.

Baca Juga : Mau Coba? Ini Keuntungan Bekerja Di Luar Negeri

Selain itu kemampuan anda menulis akan akan isu-isu internasional akan di ujikan juga dalam tahap ini, serta anda akan di wawancara.

Fokus pada tahap terakhir ini ya kawan

Yang terakhir adalah tes psikologi. Yups anda akan di lihat mental dan lain halnya apakah layak untuk menjadi seorang diplomat. Tidak ada jawaban pasti disini namun yang harus anda pastikan yaitu mental anda benar-benar dalam posisi 101%.

Sekolah dinas luar negeri, Belajar Cara Menjadi Diplomat Muda

Cara menjadi Diplomat Muda – Nah setelah anda lolos tes CPNS anda akan mengikuti DIKSAR dan SEKDILU. Hal yang paling utama anda lakukakan adalah bersyukur dan berterima kasih kepada tuhan yang telah memberikan kesempatan kepada anda dibandikan teman-teman anda yang telah gugur seleksi.

Bisa dikatakan ini jalan-jalan sambil gajian

Pada proses ini anda akan dilatih menjadi seorang diplomat, anda akan di kirim keluar negeri untuk mempelajari dan memberikan gambaran apa saja yang harus diplomat lakukan. Setelah sampai tahap ini anda akan kembali lagi ke negara anda dan akan dinilai bagaiman spek anda menjadi seorang diplomat.

Yups anda akan dinilai fungsi-fungsi anda sebagai seorang diplomat dan saya ucapkan selamat datang diplomat muda.

Terima Kasih telah mampir di Diplomat Muda, blog untuk anda yang ingin mengetahui cara menjadi diplomat muda

By the way prospek kerja hubungnan internasional bukan diplomat saja ya…saya sudah menulis sebelumnya, silahkan dibaca

Silahkan tinggalkan jejak komentar anda bersilaturahmi, lama kita ga bersua 🙂

3 KOMENTAR

  1. Kak sya mau tanya, untuk menjadi seorang diplomat itu hanya bisa dari siswa hubungan internasional atau bisa dari jurusan lain?

  2. Maap dek baru aktif lagi, menjadi diplomat tidak harus dari Jurusan Hubungan Internasional, bahkan kebanyakan Diplomat Indonesia justru datang dari berbagai disiplin Ilmu, karena Jabatan Diplomat di Indonesia ini sebagian besar masih merupakan Jabatan Politis…Siapa saja bisa jadi diplomat asal punya posisi politik yang kuat…

  3. kak, saya mau tanya, apakah ada standar kualifikasi pendidikannya untuk jadi diplomat, mungkin harus S1 atau apa?
    kalau misalkan tidak lulusan s1 apakah masih memungkinkan untuk kita menjadi diplomat ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here