Festival Cap Go Meh 2019 Singkawang

29
cap go meh 2019 singkawang

Wonderful Indonesia selalu menjadi perhatian para wisatawan dalam negeri dan luar negeri. untuk tahun 2019 wonderful indonesia dibuka dengan festival Cap Go Meh 2019, Singkawang.

Wonderful Indonesia merupakan agenda kampaye parawisata untuk wisatawan asing dengan tujuan dapat meningkatkan parawisata indonesia.

Apa Itu Cap Go Meh 2019

Pada umumnya Cap GO Meh lebih dikenal oleh masyarakat indonesia adalah perayaan 15 hari setelah tahun baru imlek.

Cap Go Meh sendiri merupakan kebudayaan masyarakat tiongkok, istilah Cap Go Meh berasal dari bahasa hokkian, kata Cap yang artinya 10, Go artinya 5 dan Meh Artinya malam.

Dahulu Cap Go Meh hanya diadakan oleh keluarga kerajaan dan diadakan malam hari, sehingga dibutuhkan lampion sebagai penerangnya. perayaan ini digunakan untuk menghormati dewa Thai Li yang dipercaya merupakan dewa tertinggi di langit pada dinasti Han.

Kemudian setelah Dinasti Han runtuh maka perayaan ini dibuka untuk umum, sehingga sampai sekarang ini selalu diadakan di hampir setiap negara.

Di Indonesia sendiri perayaan Cap Go Meh sangat meriah diadakan di daerah singkawang yang merupakan mayoritas turunan tiongkok.

Oleh sebab itu agenda Wonderful Indonesia dibuka dengan festival Cap Go Meh 2019 yang akan berlangsung dari tanggal 5-19 Februari.

Asimilasi Budaya Daya Tarik Cap Go Meh 2019 Singkawang

Mengapa Cap Go Meh yang paling meriah hanya berada di daerah kalimantan barat khususnya singkawang?

Cap Go Meh dan tahun baru imlek di rayakan hampir di seluruh dunia oleh masyarakat tionghoa.

hanya saja para wisatawan berbondong-bondong datang ke indonesia karena disini merupakan perayaan Cap Go Meh terbesar di dunia.

Ada fesitval dan juga atraksi yang di pamerkan pada saat Cap Go Meh 2019 SIngkawang ini. yang paling terkenal adalah tatung dan parade naga.

Tatung dalam bahasa Hakka berarti orang yang dirasuki roh, dewa, leluhur, atau kekuatan supranatural.

Atraksi tatung ini menghadirkan pengalaman berbeda bagi para turis yang datang. sebuah pengalalaman wisata kebudayaan yang menegangkan. para tatung menusuk badannya dengan barang tajam dan lain hal sebagainya.

Daya tarik cap go meh 2019 singkawang ini lahir dari sebuah asimilasi budaya yaitu budaya tionghoa yang berlebur dengan budaya dayak (masyarakat asli kalimantan).

Cap Go Meh 2019 Singkawang

Cap Go Meh 2019 SIngkawang ini diyakini akan sangat ramah pengunjung baik dari wisatawan lokal maupun asing.

Jika berkaca dari perayaan tahun baru imlek dan cap go meh 2018 yang berhasil membuat kota singkawang penuh sesak. maka diyakini tahun ini singkawang akan lebih penuh lagi.

Berdasarkan kalender wonderful indonesia maka perayaan Cap Go Meh 2019 singkawang ini akan di adakan dari tanggal 5-17 Februari. ini merupakan pembukaan dari 100 Calender of Event 2019 wonderful indonesia.

5 Event dari Perayaan Cap Go Meh 2019 Singkawang (Wonderful Indonesia)

Ada 5 agenda utama yang akan dipakai oleh kementrian parawisata dalam meenyambut wisatawan yang datang untuk hadir merayakan tahun baru imlek dan Cap Go Meh 2019 Singkawang.

Singkawang Expo dan Pentas Seni Budaya

Agenda pertaman yaitu expo pendas budaya yang akan berlangsung selama 17 hari. wisatawan disajikan dengan produk-produk umkm unggulan dari kota singkawang dan kalimantan barat pada umumnya.

Pagelaran dan seni budaya khas kalimantan barat akan menjadi sajian utama sepanjang wonderful indonesia singkawang. kekayaan budaya kalimantan barat dapat anda saksikan disini.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kalimantan barat khususnya kota singkawang merupakan asimilasi dari etnis asli dayak, tionghoa pendatang dan islam dari jawa dan bugis.

Ritual Buka Mata Replika 12 Naga

Pada tahun 2018 kemarin pagelaran barongsai memecahkan rekor dunia dengan menampilkan 9 replika naga. tahun ini akan lebih meriah lagi. ritual ini akan dilaksanakan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya.

Festival Lampion Singkawang

festival lampion

Festival yang tidak kalah meriah lagi dan juga memcahkan rekor muri yaitu Festival Lampion Singkawang.

Acara ini di laksanakan pada malam hari dengan melepaskan puluhan ribu lampion ke langit yang memancarkan warna warni yang sangat indah. merepsentasikan keberagaman budaya dan toleransi di indonesia. wonderful….

Wista Religi Kota Singkawang

Selanjutnya para wistawan akan di ajak untuk menuju kepada wisata religi kota singkawang.

Para wisatawan akan menyaksikan prosesi ibadah tionghoa tolak bala oleh para suhu dan tatung yang melakukan sembahyang untuk dewa langit di kuil.

Pawai Tatung

Pawai tatung ini yang paling dinanti-nanti oleh para wisatawan, dikarenakan atraksi yang di tampilkan memang sangat unik syarat akan mistis.

Disini seorang tatung akan melakukan atraksi seperti menyayat lidah, potong tangan dengan menggunakan pedang dan menusuk wajah mereka dengan benda-benda tajam.

Seorang tatung bisa melakukan hal demikian karena telah mensucikan diri dengan puasa 3 hari dan dibacakan mantra oleh para suhu sehingga mengundang roh para dewa.

Bagi wisatawan manca negara atraksi ini mungkin belum pernah di lihat di negaranya. atraksi ini dianggap merupakan atraksi supranatural.

Festival Cap Go Meh 2019 ini merupakan destinasi wisata terbaik diawal tahun buat mereka yang memiliki hari libur dan dana rekreasi.

Biasanya semenjak awal februari hotel-hotel di daerah singkawang sudah penuh di booking oleh para wisatawan. jika anda tertarik datang anda bisa menggunakan rumah yang dijadikan homestay.

Taman Bukit Bougenville Singkawang

Selain sajian festival cap go meh 2019 singkawang anda juga bisa menikmati indahnya taman bukit bougenville.

Daerah yang di kenal dengan paru-paru dunia dan merupakan daerah katulistiwa beriklim tropis. bunga bougenville tumbuh dengan sempurna dan sangat memukau.

Taman ini memiliki udara yang super sejuk dan penuh dengan warna warni dari bunga-bunga yang ditanam. ada lebih dari 46 jenis bunga bougenville yang di tanam di taman ini. bisa jadi belum pernah anda lihat sebelumnya.

Oleh-Oleh Singkawang

Sebelum pulang jangan lupa juga membawa oleh-oleh dari kota singkawang ini sebagai buah tangan untuk kerabat ataupun untuk koleksi pribadi.

Dikarenakan oleh-oleh dari kalimantan barat ini bernuasa etnik yang sangat digemari oleh wisatawan asing. beberapa oleh-oleh khas kalimantan barat yang harus anda bawa pulang antara lain.

Kain Motif

Kain tenun khas kalimantan barat ini sangat unik dan berkesan etnik, yang paling populer adalah kain batik TIDAYU. nama ini merupakan singkatan dari tionghoa, dayak dan melayu. batik ini adalah representasi keragaman budaya kalimantan barat yang hidup rukun dari beberapa etnis.

Kerajinan Manik khas Kalimantan Barat

Selain itu yang tidak kalah unik dan etnik adalah kerajinan manik yang cocok sekali dijadikan cindramata untuk teman dan sanak famili.

Tersedia mulai dari gelang, kalung dan tas etnik yang bisa anda bawa pulang dan tentunya barang ini tidak akan anda temukan di daerah lain kecuali di kalimantan barat.

Kerajinan Ukir

Kalimantan barat juga dikenal dengan oleh-oleh berjenis ukiran di kayu mulai dari tameng khas suku dayak, kalung, dan perahu yang di ukir sangat indah dan etnik.

Oleh-Oleh Makanan Sotong Pangkong

Ini adalah oleh-oleh makanan yang bisa dibawa pulang adalah sotong pakong dikarenakan makanan ini awet dan tahan lama.

Sotong Pakong ini merupakan daging sotong yang dipukul kemudian dikeringkan. paling nikmat disajikan dengan sambel cocol.

Itulah destinasi wisata awal tahun yang bisa anda nikmati yang merupakan agenda dari wonderful indonesia. dengan tema besar festival cap go meh 2019 singkawang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here