Festival Teluk Jailolo 2019
facebook/festivaltelukjailolo

Buat anda yang yang merasa penat dengan suasana alam perkotaan dan ingin mencari tempat liburan baru pada bulan maret nanti, sepertinya anda harus mengarahkan dayung wisata anda ke arah timur indonesia untuk menikmati indahnya Festival Teluk Jailolo 2019.

Pada bulan maret nanti dari mulai tanggal 3 sampai 5 maret 2019, Wonderful Indonesia akan memamerkan pesona indonesi di teluk jailolo yang pastinya banyak wisatawan asing dan dalam negeri akan berkumpul disana.

Mungkin anda bertanya mengapa Wonderful Indonesia menjadikan Festival Teluk Jailolo 2019 sebagai agenda rutin tahunan pameran wisata nasional. ini dia alasannya.

Festival Teluk Jailolo 2019

Pulau halmahera adalah pulau terbesar yang berada di provinsi maluku utara, pulau ini setiap tahunnya menjadi ramai dengan banyaknya wisatawan asing yang datang berkunjung kesana hanya untuk melihat lukisan alam yang indah, orang menyebutnya gilolo.

Peleburan antara sejarah, budaya dan alam selalu menciptakan keindahan dan membuat banyak orang ingin menyaksikan salah satu anugerah tuhan tersebut. Begitulah anugerah yang diberikan kepada teluk jailolo.

Ini dia alasan mengapa teluk jailolo menjadi favorit wisata di indonesia timur.

Keindahan Bawah Laut Jailolo

Mungkin anda biasa melakukan diving dan snorkling di pantai favorit di kota anda, namun anda mesti tau ada ratusan penyelam dari luar negeri yang datang jauh kesini hanya untuk melihat keindahan bawah laut jailolo.

Banyak penyelam yang mengatakan bahwa jailolo merangkum semua kekayaan laut indonesia, biasanya setiap laut punya ciri khas sendiri misalnya dari segi terumbu karang, maka dijailolo hampir semua ke khasan itu ada disini.

Keragaman Budaya Yang Hidup Rukun

Di Halmahera Barat dihuni oleh banyak populasi suku, baik pendatang maupun suku asli seperti galur Sahu, galur Wayoli, galur Gorap, galur Loloda, dan galur Gamkonora.

Sementara penduduk pendatang Halmahera Barat datanga dari orang Sangier, suku Makian, penduduk Ambon, Kerajaan Tidore, Jawa, dan suku Gorontalo.

Semuanya membawa kebudayaan dari daerah asal mereka kemudian berasimilasi dengan budaya asli tanpa menghilangkan ciri khas budaya masing-masing. inilah menjadi bentuk toleransi budaya dari indonesia timur.

Rupanya bukan hanya dalam laut saja yang memberikan keberagaman mahluk laut melainkan manusia yang hidup diatasnya sangat beragam dan saling bertoleransi, indah bukan?

Indahnya Lukisan Alam Teluk Gilolo

Setelah menikmati keindahan bawah laut gilolo begitu kaki dan pandangan anda tertancap di darat maka lukisan alam teluk jailolo berhasil menghipnotis anda, megahnya gunung api gamalama yang berasap, dikelilingi keindahan alam yang masih asri serta pantulan gambar langit di teluk jailolo sulit untuk di lukiskan keindahannya dalam kata-kata.

Atraksi Tarian Seni Maluku Utara

Jika dahulu semasa kecil anda pasti masih ingat salah satu tarian energik yang sangat seru saat di pentaskan, namanya tari Cakalele, tarian asal maluku utara ini menjadi seru karena di ambil berdasarkan seni perang saat itu.

Nantinya anda bisa melihat langsung tarian legendaris anda semasa kecil dan bernostalgia dengannya ditengah keindahan teluk gilolo. selain itu banyak tarian lokal lagi yang nantinya akan anda saksikan disana.

Nongrong Di Oram Sasadu

Orang di kota besar memiliki budaya nongkrong untuk mengisi jeda waktu dalam hidupnya, sekedar bersilaturahmi, tukar pikiran, atau sekedar meminum secangkir kopi.

Disini anda pun dapat meningkami budaya nongkrong anda, namanya budaya Oram Sasadu, masyarakat di teluk jailolo memiliki budaya guyub yang kental.

Sasadu adalah tempat seperti gajebo yang bisa menampung kurang lebih 50 orang, dipinggirnya ada tempat duduk dan meja sementara ditengahnya dibiarkan kosong agar orang dengan mudah melakukan pergerakan.

Disini orang berkumpul, bercerita, dan bermusyawarah dan juga biasanya ada acara makan-makan, disini anda bisa menikmati masakan daerah yang pernah di santap sultan Jailolo.

Wonderful Indonesia Festival Jailolo

Kelima kombinasi tersebut yang membuat halmahera barat menjadi destinasi wisata oleh mereka yang sangat mencintai traveling alam dan budaya.

Dari mulai dirutinkan acara selam di teluk jailolo dengan mendatangkan penyelam dari dalam negeri dan luar negeri kemudian acara ini akhirnya menjadi agenda wonderful indonesia.

Ayo ramaikan Festival Teluk Jailolo 2019, Catat Tanggalnya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here