Kebiasaan Seorang Perokok Yang Tidak Kamu Sadari

42

Kebiasaan Seorang Perokok – Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki jumlah perokok aktif tertinggi di Di Asia bahkan Dunia, terutama rokok dengan jenis tembakau.

Jumlah perokok di Indonesia ini bahkan sudah mencapai pada persoalan serius, menurut data dari kementrian kesehatan bahwa pada tahun 2017 saja perokok di Indonesia lebih dari 36% orang dewasa adalah perokok.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas bukan mengenai bahaya merokok, karena sudah jelas, kampanye merokok sudah sangat masih sampai pada pembungkus rokoknya.

Hal yang menarik ternyata dari banyaknya penduduk Indonesia yang merokok tersebut menciptakan fakta-fakta unik dan menarik tentang kebiasaan merokok orang Indonesia.

Kebiasaan unik seorang perokok ini sebenarnya bukan hal yang luar biasa, bahkan anda sering melihat kebiasaan ini sehari-hari, hanya saja kebanyakan dari mereka tidak terlalu memperhatikannya.

Kebiasaan Seorang Perokok Yang Jarang Disadari

Diplomat muda mencoba merangkum dari kebiasaan merokok orang Indonesia yang mungkin jarang disadari.

Rojali

kebiasaan seorang perokok
pikdo.net

Rojali (Rokok Jarang Beli) adalah gelar yang diberikan seorang perokok aktif kepada temannya yang memiliki kebiasaan mengemis rokok.

Mesikipun rokok di Indonesia harganya masih tergolong murah dibandingkan negara lainnya, ternyata ROJALI merupakan masalah sosial dan ekonomi perlu diseriusi.

Bahkan Kebiasaan ROJALI ini bisa membuat perokok aktif berhenti merokok. Silahkan taq teman anda yang fakir rokok dan peminta-minta.

Mampu Beli Rokok Tidak Mampu Beli Korek

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa sebenarnya yang berbahaya dari Rokok itu bukan tembakaunya, melainkan Koreknya.

Harga rokok di Indonesia ini masih berkisaran dibawah Rp.50.000, sedangkan korek ada yang sekali gores buang, harganya Rp.500.

Namun faktanya masih banyak perokok aktif yang mampu membeli rokok namun tidak mampu membeli korek.

Kriminil Korek

Jika mencuri adalah sebuah aktifitas kriminal dan pelakunya harus di jebloskan ke penjara, maka perokok aktif sepertinya harus di sediakan penjara khusus.

Meskipun harga korek murah tapi masih saja banyak perokok aktif yang mencuri korek api temannya, bahkan korek gesekpun tidak luput dari aktivitas kriminil ini.

Jika kamu perokok coba hitung-hitung lagi sudah berapa kali kamu kemalingan korek, hebatnya lagi pelakunya kamu ketahui dan orangnya itu-itu saja, ayo kalau berani Taq orangnya.

Kebiasaan Beli Langsung Pasang

Coba sekali-kali kamu jadi penjaga kios barang campuran yang juga menjual rokok dan temukan fakta kebiasaan ini.

Rata-rata orang yang membeli rokok entah itu ketengan (Perbiji) ataupun bungkusan, mereka cenderung langsung membakar rokoknya tidak jauh dari TKP.

Terkadang mereka meminjam korek kios tersebut dan langsung pamit dengan membawa kabur korek pemilik kios. (FAKTA)

Ritual Setelah Makan

Jika kamu perhatikan seorang perokok aktif akan langsung membakar rokoknya setelah makan, terlebih makanannya pedas.

Entah apa hubungannya antara makanan dan rokok, namun merokok setelah makan merupakan ritual seorang perokok yang tidak bisa di tunda, harus segera di tunaikan.

Boker Sambil Ngerokok, Apa Rasanya???

Jika sebelumnya setelah makan langsung merokok itu masih ada korelasinya maka coba kamu jawab pertanyaan satu lagi.

Apa hubungannya boker sambil rokok, terlebih lagi apa enaknya. asap dan bau kotoran bercampur jadi satu dalam ruangan 1×1 cm. baunya sama-sama tak sedap.

Tapi faktanya seorang perokok akan menikmati masa-masa itu, merokok sambil boker bukan sekedar “killing time”. lebih daripada itu, susah di abstraksi dan di ungkapkan lewat kata-kata.

Tidak Pernah Demo

Indonesia merupakan negara Demokratis, kebebasan berpendapat dilindungi disini, salah satunya dengan demo. misalnya jika harga bahan pokok naik, maka biasanya masyarakat kompak akan demo “TURUNKAN HARGA BAHAN POKOK”.

Tapi tidak pernah ada yang demo dengan mengatakan “TURUNKAN HARGA ROKOK”. padahal tanpa kamu sadari, harga rokok sering naik hampir disetiap tahun.

Semua-Mua Asbak

Seorang perokok dirumahnya pasti menyediakan asbak di mejanya, seorang perokok rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk mendapatkan asbak yang unik.

Tapi mengapa masih aja bagi kamu seorang perokok ngasbak dimana-mana, asal ada ruangnya sudah pasti dijadikan asbak, dari tutup botol air mineral sampai gelasnya. bahkan ruangan kamar 3×4 bisa aja dijadikan asbak.

Rela Tidak Makan Asal Jangan Tidak Rokok

Jika kamu seorang perokok maka subheading diatas saya rasa tidak berlebihan, rela tak makan asal jangan tak rokok.

Jika uang kamu sisa 2.000 rupiah mana yang kamu pilih, beli gorengan atau beli rokok eceran yang saat ini sudah mencapai 2.000 perbatang?

Padahal faktanya seorang perokok sehabis makan pasti merokok juga. jadi rokok memiliki posisi tawar yang tinggi bagi seorang perokok (oportunity choice) membuang peluang satu untuk dapat satu peluang.

Rokok Itu Bahaya tapi Perokok Mungkin Tak Takut Bahaya

Hampir semua perokok pasti tahu tentang bahaya merokok, rokok mengandung ribuan bahkan jutaan zat berbahaya.

Tapi kebanyakan perokok tidak takut dengan ancaman bahaya itu, coba kamu pikirkan jika kamu diancam dibunuh apa yang kamu akan lakukan?

Itulah beberapa fakta unik tentang kebiasaan merokok orang Indonesia yang tidak kita sadari.

Tapi semoga kamu yang perokok bisa berhenti merokok dengan segera, tidak ada satupun alasan untuk tidak berhenti merokok. semoga dimudahkan proses hijrahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here