kecerdasan buatan

Saat ini manusia sedang ditakutkan oleh buatannya sendiri, sebuah perkembangan teknologi dan pengetahuan yang tidak terbendung melahirkan kecerdasan buatan.

Isu yang paling ditakutkan adalah apakah kecerdasaan buatan ini dapat menggantikan pembuat kecerdasan tersebut.

Artinya pada titik masa tertentu artificial intellegence ini akan semakin sempurna dan bahkan akan menggantikan peran manusia dalam aktifitasnya sebagai mahluk hidup.

Lalu apa sebenarnya kecerdasan buatan tersebut?

Apa Itu Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau lebih di kenal dengan istilah artificial intellegence (AI) adalah kecerdasan yang di tambahkan kedalam suatu sistem berupa software maupun mesin pada robot yang dikendalikan oleh komputer.

Artificial intellegence ini kemudian diatur konteks ilmiahnya agar mampu memiliki kecerdasan seperti pada manusia, artificial intellegence ini bisa mengeneralis masalah, memiliki kareteristik manusia bahkan mampu belajar dari pengalaman masa lalu.

Artificial Intellegence ini memiliki sistem yang kompleks dengan tujuan agar sebuah pekerjaan dan pemecahan suatu masalah dapat dilakukan dengan mudah dan efisen.

Definisi Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

John McCarthy

John McCarthy adalah seorang perintis dan penemu komputer, seorang ilmuan komputer Amerika, dikenal sebagai bapak Artificial Intelligence (AI) setelah memainkan banyak peran dalam mendefinisikan bidang yang dikhususkan untuk pengembangan mesin cerdas.

Dialah yang pertama kali mengenalkan AI pada konfrensi pertama kecerdasan buatan di darthmouth 1956.

Menurut John McCarhty kecerdasan buatan adalah suatu sistem komputer yang terbentuk untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendisain mesin agar mampu meniru manusia.

Salesforce

Salesforce adalah platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) nomor 1 di dunia. Aplikasi CRM berbasis cloud untuk penjualan, layanan, pemasaran, dan banyak lagi yang tidak memerlukan pakar IT untuk mengatur atau mengelola dengan Einstein AI.

Menurut Salesforce Kecerdasan buatan adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan mesin yang dapat belajar, mengenali, memprediksi, merencanakan, dan merekomendasikan – plus memahami dan menanggapi gambar dan bahasa.

IBM

Inteligensi Buatan (AI) memiliki sejarah panjang di IBM Research, sejak tahun 1950-an. Maksud kami AI adalah segala sesuatu yang membuat mesin bertindak lebih cerdas. Pekerjaan kami meliputi penelitian dasar dan terapan dalam pembelajaran mesin, penjawaban pertanyaan yang dalam, pencarian dan perencanaan, representasi pengetahuan, dan arsitektur kognitif.

Sejarah Kecerdasan buatan

Sebenarnya sejarah kecerdasan buatan manusia ini sudah dimulai kurang lebih hampir seratus tahun yang lampau.

Rekeaman sejarah ini jika di putar akan merujuk kepada dua keping peristiwa kecerdasan buatan.

Rekaman ini di rangkum oleh lasse Schultebraucks seorang mahasiswa komputer berusia 20 tahun.

Rossum’s Universal Robots (R.U.R.)

Pada tahun 1920 penulis Ceko Karel Čapek menerbitkan sebuah drama fiksi ilmiah bernama Rossumovi Univerzální Roboti (Robot Universal Rossum), juga lebih dikenal sebagai R.U.R. Drama itu memperkenalkan istilah robot.

R.U.R. menceritakan tentang sebuah pabrik yang menciptakan orang-orang buatan yang disebut robot. ini berbeda definisi dengan robot hari ini. Di R.U.R. robot adalah makhluk hidup dimana lebih mirip dengan istilah klon.

Robot di R.U.R. pertama kali bekerja untuk manusia, tetapi kemudian ada pemberontakan robot yang mengarah pada kepunahan umat manusia.

Drama ini cukup menarik, Pertama adalah memperkenalkan istilah robot, meskipun bukan seperti robot yang kita kenal sekarang. Selanjutnya juga menceritakan kisah penciptaan robot, jadi semacam Artificial Intellegence , yang awalnya tampaknya menjadi efek positif bagi manusia, tetapi kemudian adalah pemberontakan robot yang mengancam seluruh umat manusia.

Artificial Intellegence dalam sastra dan film adalah topik besar bagi dunia perfiliman. Contoh dari R.U.R. seharusnya menunjukkan pentingnya dan pengaruh bagi Intelegensi Buatan pada sebuah penelitian dan kemanusian.

Alan Turing

Alan Mathison Turіng, nama уаng ѕааt іnі mungkіn agak asing dі tеlіngа kita. Pria kеlаhіrаn Maida Vаlе, Lоndоn, Inggrіѕ tanggal 23 Junі 1912 іnі mеmіlіkі реrаn dаn pengaruh уаng luar biasa. Sеlаіn dіkеnаl ѕеbаgаі seorang ahli mаtеmаtіkа, ia jugа merupakan ѕаlаh satu реnеlіtі kоmрutеr mоdеrn dіgіtаl реrtаmа. Prіа yang sejak kecil ѕudаh dikenal jеnіuѕ ini merupakan ѕаlаh ѕаtu orang реrtаmа уаng bеrріkіr memanfaatkan kоmрutеr untuk bеrbаgаі keperluan

Alan memang ѕоѕоk уаng ѕаngаt bеrреngаruh dаlаm реrkеmbаngаn komputer mоdеrn. Tahun 1930, іа bеrhаѕіl membuat mеѕіn уаng bеrnаmа Turіng Machine (Mesin Turіng). Mеѕіn іnі dapat mеnjаlаnkаn sekumpulan perintah уаng ѕеdеrhаnа. Mеѕіn іnі bisa jаdі alat untuk mеngubаh ѕеrtа memanipulasi ѕіmbоl аbѕtrаk dаѕаr.

Alan Turing berhasil mengatakan pada dunia bahwa hal yang sangat mungkin untuk membuat otak elektronik pada sistem komputer. Meskipun pada akhirnya dia mati bunuh diri di usia 41 tahun.

Contoh Kecerdasan Buatan

Kecerdasan butan ini telah banyak di aplikasikan dalam dalam kehidupan sehari-hari. kita bisa menemukannya salah satunya melalui smartphone.

Saat ini perusahaan yang bergerak dalam bidang tehnologi berlomba-lomba meriset dan membuat artikel buatan pada perangkatnya. yang paling familiar dimata masyarakat adalah Google, Apple, Microsoft dan Facebook.

Perusahaan tehnologi ini paling serius dalam mengembangkan AI untuk kebutuhan manusia, meskipun pada penerapannya banyak disalahgunakan oleh penggunannya.

Google Asisten

Butuh asisten pribadi? google sudah menyiapakannya di dalam ponsel anda, asiknya lagi layanan yang mereka berikan bisa anda nikmati secara gratis.

Anda bisa memerintahkan google untuk mengatur tugas, merencenakan agenda harian, tempat bertanya bahkan bisa diajak curhat disaat anda lagi sepi sendiri.

Iphone Siri

Hampir sama dengan google asisten iphone juga menggunakan fitur sebagai asisten pribadi.

Jаwаbаn Siri juga amat bеrаgаm, mеѕkі ditanya bеrulаng kali dеngаn реrtаnуааn yang sama Sіrі kеrар menampilkan dеngаn jawaban berbeda dеngаn mаkѕud yang sama. Dan kеtіkа dіlоntаrkаn pertanyaan yang аgаk nуеlеnеh, Sіrі akan mеnjаwаb secara dірlоmаtіѕ.

Sеlаіn іtu реnggunа jugа bіѕа mеmіntа Sіrі untuk mеngіrіmkаn email, ѕmѕ, atau mеlаkukаn panggilan telepon, mеmbuаt jadwal mееtіng, atau mеnjаdі pengingat реnggunаnуа. Cukup menarik bukаn?

Ulasan Menarik Dari Agung Hapsah

Pada bulan februari 2019 tranding topik youtube menampilkan sebuah karya presentasi dari Agung Hapsah dengan judul Robot lebih pintar daripada manusia.

Agung membuka video ini dengan mengulas Garry Casparov seorang jawara catur yang tidak pernah kalah sebelum dikalahkan oleh komputer buatan IBM.

Sebuah hasil jerih payah manusia, sklill catur dan kempuan otak yang runtuh kalah dengan Artificial Intellegence manusia itu sendiri.

Apakah pengembangan kecerdasan buatan dapat mengancam eksistensi dan prestasi manusia? jangan jangan kedepannya fungsi manusia dalam meraih sesuatu sudah tidak ada…faktanya fungsi manusia mulai dikurangi

Ulasan selanjutnya dari Agung sangat menarik menggambarkan apa yang terjadi dan harusnya mau apa. bisa nonton video lengkapnya dibawah ini.

Dampak Kecerdasan Buatan

Pengembangan kecerdasan buatan menimbulkan efek domino dalam segala lini kehidupan manusia mulai dari pekerjaan kantoran sampai pada pekerjaan rumahan. sektor ekonomi, pendidikan dan banyak hal lainnya tidak akan lepas dari cengkraman kecerdasan buatan.

Dalam sektor industri lebih parah lagi, kecerdasan buatan dinilai bisa lebih parah daripada sejarah revolusi industri. keterbatasan manusia akan mampu gantikan dengan robot yang mampu mengerjakan pekerjaan lebih baik dan lebih efisien.

Di sektor pendidikan bisa juga menjadi ancaman besar karena robot dalam sekejab mampu mempelajari banyak ilmu pengetahuan. jika profesor membutuhkan puluhan tahun agar dapat menguasai satu pengetahuan maka robot mampu menyelesaikannya dalam beberapa jam.

Parahnya lagi robot bukan hanya bisa mempelajari masa lalu dan masa depan, melaikan robot dapat menemukan formula baru dalam setiap analisa problem.

Solusi

Proyek pengayaan kecerdasan buatan tidak mungkin lagi untuk dibendung, kecerdasan buatan ini di prediksi akan terus berkembang bahkan lebih cerdas lagi di tahun-tahun mendatang.

Manusia hanya bisa memilih untuk bekerjasama dalam pengembangan kecerdasan buatan, misalnya dengan mengentaskan isu-isu sosial, kesejahteraan, kelestarian lingkungan, ekonomi dan sistem keamanan dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here