keuntungan bekerja di luar negeri

Ada hal yang Sering dibanding-bandingkan antara bekerja di luar negeri dengan bekerja di dalam negeri.

Tentunya perbedaan ini menjadi pertanyaan besar dikarenakan beberapa faktor yang mendasar yaitu besaran penghasilan yang didapatkan antara bekerja didalam negeri dan bekerja di luar negeri.

Namun ada yang lebih penting daripada hanya sekedar penghasilan yang besar. karena faktanya banyak juga orang yang berpenghasilan besar ketika dia bekerja di dalam negeri.

Ini dia perbedaanya ketika anda bekerja di luar negeri dibandingkan bekerja di dalam negeri.

Perbedaan Antara Bawahan Dan Atasan

Jika anda pernah bekerja di perusahaan dalam negeri maka si boss akan selalu menganggap anda adalah seorang bawahan yang waktu dan segalanya yang anda miliki sudah dibayar lunas oleh gaji.

Coba anda ingat-ingat kembali kapan terakhir atasan anda melakukan hal yang demikian ini kepada anda?

Atau mungkin anda pernah bersilang pendapat dengan atasan anda? maka tamatlah riwayat karir anda. paling ringan adalah ditangguhkan kenaikan karir atau di mutasi ke posisi kerja yang membuat anda tidak nyaman. apesnya adalah dimutasi ke cabang terjauh dari lokasi tinggal keluarga anda.

Ini tidak baik untuk produktivitas dan pisikologi anda dalam bekerja.

Perbedaannya dengan bekerja di luar negeri?

Budaya kerja diluar negeri sudah sangat maju peradabannya, kajian mengenai leadership dan bagaimana menjadi karyawan yang baik sudah mencapai batas final.

Seorang atasan akan menganggap anda sebagai partner kerja yang dapat membantu meringankan pekerjaannya. hubungan saling dan saling ketergantungan sudah dibina sejak awal.

Bagaimana pengelolahan perdebatan antara atasan.

Perdebatan dengan atasan sudah pada tahap kritik yang membangun, antara bawahan dan atasan sudah sama-sama saling memahami dan matang dalam menyikapi setiap silang pendapat.

Jika alasan anda benar dan si boss keliru maka atasan anda akan menerimanya, meminta maaf dan bahkan memberikan anda reward atas kritikan cerdas anda.

Produktivitas Utama daripada Rutinitas

Pernakah anda dimaki habis-habisan oleh atasan anda karena datang terlambat ke tempat kerja, meskipun anda sudah menyiapkan alasan yang benar. ya seperti bocor ban (alasan usang)…

Parahnya lagi anda di maki di hadapan rekan-rekan kerja anda yang lain, ini pembunuhan karakter.

Model disiplin seperti ini memang di gemakan oloh negara-negara maju. tapi itu dulu. sudah lama ditinggalkan.

Temuan terbaru mereka adalah bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan dan efisiensi waktu dalam bekerja.

Karyawan di luar negeri sudah memiliki KPI (Key Performace Indicator) yang jelas. perusahaan anda tidak akan peduli dengan absensi anda. tapi mereka menekan pada hasil dan efisensi kerja.

Jangan heran ketika survey mengatakan bahwa bekerja di kantor google merupakan pekerjaan yang paling nyaman.

Apakah google tidak disiplin? mereka sudah mendisiplinkan produktifitas dan efisiensi kerja.

Manusia Bermuka Dua

Saya yakin anda paham dengan apa yang saya maksudkan, bahkan mungkin anda adalah korban dari karyawan dan atasan yang bermuka dua. alias lain di bibir lain di belakang.

Berkerja didalam negeri kita akan menemukan dengan tipe manusia yang seperti ini. entah itu atasan ataupun sesama karyawan.

Penyebabnya adalah persaingan yang tidak berbasiskan kompetensi sehingga budaya yang saling mencari kelemahan adalah seni meningkatkan karir.

Hal ini tidak akan anda temukan ketika bekerja di luar negeri

Ketika hasil kerja anda kurang bagus maka seluruh karywan anda akan mengkoreksinya secara langsung dan memberikan solusi terbaiknya.

Begitupun ketika rekan kerja kita tidak suka dengan cara kerja atau sikap kita mereka akan langsung mengatakannya dan meminta anda segera memperbaiki keselahan tersebut.

Ini sangat membangun tanpa perlu menyimpan dan menaruh curiga terhadap rekan kerja kita.

Politik di Lingkungan Kerja

Kurang lebih kasusnya hampir mirip seperti yang di atas, tapi ini lebih kepada bagaimana seorang rekan kerja kita yang coba berpolitik untuk mendapatkan kepentingan karirnya.

Dia akan terus berupaya bagaimana mencari cara untuk menjatuhkan rekan kerja yang dianggap berpotensi menyalib posisi kerja yang mereka incar.

Ini politik yang coba dimaikan didalam perusahaan ataupun kantor jika anda bekerja di dalam negeri.

Bagaimana jika anda bekerja di luar negeri?

Berpolitik di lingkungan kerja jelas sangat dilarang dan sudah terdapat pada aturan ketika anda pertama melamar kerja.

Kenaikan karir atau promosi jabatan sangat jelas ukurannya, yaitu bagaimana kapasitas anda, leadership anda dan kompetensi anda dibidang tersebut. faktor pisikologi juga menjadi acuan dalam proses kenaikan pangkat.

Etos kerja serta efisiensi dan kepribadian anda adalah faktor yang akan menopang karir anda dalam bekerja. fair bukan?

keuntungan bekerja di luar negeri

Job Desk Yang Jelas (Clear Assignment)

Ketika bekerja di dalam negeri pernahkan anda mengerjakan sesuatu yang bukan merupakan job pekerjaan anda.

Saya pribadi pernah mengalamin hal yang paling konyol ini, dimana atasan saya menyuruh saya untuk menjemput anaknya disekolah. disaat jam kerja yang lagi di padat-padatnya.

Ini baru salah satu contoh, anda pasti punya contoh yang lebih parah dari job desk konyol diatas.

Atasan anda berpikir bahwa anda adalah anak buahnya dan dia adalah bossnya.

Atau mungkin anda punya atasan bermental lacur kuda?

Lacur kuda adalah ungkapan yang di katakan oleh alm KH Zainuddin MZ. untuk menggambarkan sebuah perintah yang tidak jelas.

Seekor kuda akan di cabuk sedemikian rupa kencangnya dan disisi lain tali genggamannya di kekang dengan kuat. perintah belok kiri di tarik tali kekangan ke kanan dan begitupun sebaliknya.

Jelas ini berbeda dengan perintah kerja jika anda bekerja di luar negeri.

Deskripsi job sudah jelas sesuai dengan apa yang anda tanda tangani saat pertama kali anda bekerja.

Negara maju sangat peduli dengan hak asasi dan menghormati kontrak kerja. sehingga ketika anda bekerja mereka tidak akan memerintahkan pekerjaan diluar dari job desk anda.

Selain itu assignment kerjanya pun sangat jelas, ketika anda diperintahkan untuk mengerjakan yang A. maka anda jangan mengerjakan perintah pekerjaan B. masing-masing pekerja sudah ada porsinya.

Ini kerena sebuah pekerjaan akan berpengaruh terhadap gaji yang akan diterima.

Ada Akan Di Nilai Sebagai Manusia Yang Punya Nilai

cara bekerja di luar negeri

Satu hal yang akan anda tidak akan pernah dapatkan selama bekerja di dalam negeri adalah wujud anda sebagai manusia yang memiliki peluang yang sama.

Seorang office boy yang bekerja di indonesia lebih dari 8 jam kerja tidak akan menjamin hidup dia layak. gaji yang bisa mengcover biaya hidup sehari-hari apalagi investasi untuk hari tua.

Hal itu sangat mustahil, dikarenakan gaji yang di dapat kadang dibawah dari UMP. Menurut saya UMP pun bukanlah ukuran hidup layak seseorang.

Jika anda bekerja di luar negeri waktu dan jerih payah ada harganya dan seimbang. orang yang bekerja diatas rata-rata dari orang lain akan mendapatkan bayaran yang lebih pula.

Herannya meskipun pendidikan anda dibawah dan kerja anda merupakan kerja serampangan. asal anda mau bekerja maka orang akan membayar anda.

Herannya gaji yang didapatkan tersebut sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari, membiayai keluarga di kampung yang ditinggalkan. serta memiliki saving untuk investasi masa tua.

Maka tidak heran orang berlomba-lomba untuk menjadi TKI diluar negeri meskipun menjadi kuli.

Itulah beberapa perbedaan bekerja di luar negeri dan bekerja di dalam negeri. tentunya masih ada kelebihan lain yang juga anda dapatkan jika bekerja di negeri sendiri.

Semuanya memiliki 2 sisi mata koin antara kelebihan dan kekurangan, ini hanya merupakan gambaran sederhana yang saya dapatkan dari beberapa pengalaman teman-teman yang memang sudah bermukim di luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here