Kiat Sukses Dalam Membangun Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

30
kiat sukses dalam membangun bisnis online

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai kiat sukses dalam membangun Bisnis Online buat anda para ibu rumah tangga yang mungkin ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Kiat sukses ini ditulis berdasarkan pengamatan saya terhadap istri yang sudah hampir 4 tahun ini menjalankan bisnis onlinenya. Dengan omset rata-rata 17 juta dan profit margin 4-6 Juta.

Artinya dengan hanya beraktifitas dirumah sambil mendidik anak anda akan berpenghasilan 5-6 juta.

Memang angka ini masih sangat kecil untuk anda pebisnis online professional. Sehingga artikel ini hanya cocok untuk ibu rumah tangga yang butuh penghasilan tambahan saja.

Kiat Sukses Dalam Membangun Bisnis Online

Jika anda ingin berpenghasilan dengan uang sejumlah itu maka terus baca artikel ini step by step, usahakan membaca sambil membayangkan apa yang nantinya akan dilakukan.

Pahami Mindset Bisnis

Ini adalah ilmu dasar anda dalam membangun bisnis, terserah mau offline dan online semuanya wajib tahu, mindset ini yang nantinya akan mendrift anda dalam menjalankan bisnis online anda.

Ada banyak sekali mindset yang di katakan oleh banyak motivator bisnis, beberapa poin diantaranya saya anggap penting.

  • Sabar

Bisnis itu bukan seberapa cepat kita berkembang tapi seberapa lama kita bertahan, dalam bisnis online anda harus sabar dalam menjalani proses dan juga menunggu hasil. Jika anda membaca daftar orang terkaya di dunia, maka anda akan menemukan 3 diantaranya yang menempatkan sabar pada mindset bisnis mereka.

  • Percaya DIri dan Yakin Apa Yang Telah Anda Mulai

Ketika anda memilih jalur bisnis online sebagai tambahan penghasilan anda, maka anda harus yakin dan percaya dengan apa yang anda mulai, percaya saja dalam membangunnya banyak ujian dan cobaan, tapi itu semua cuman bagian dari proses menuju sukses.

  • Kerjakan Apa Yang Anda Sukai

Sangat sulit untuk mengerjakan sesuatu jika anda tidak mencintai pekerjaan anda, bayangkan betapa sakitnya menjalin 2 mindset diatas ketika anda tidak mencintai bisnis yang anda jalankan.

  • Bisnis Itu Selalu Untung Jika Rugi Tidak 100%

Kebanyakan orang takut berbisnis karena menggambarkan kegagalan dan kerugian modal, tapi taukah anda jika modal anda 100 ribu untuk membeli barang, kemudian barang anda tidak laku maka anda sebenarnya memiliki asset sejumlah 100 ribu.

  • Punya Tujuan Dan Visi

Bisnis itu pada awalnya seperti iseng-iseng berhadiah. Pastikan anda memiliki tujuan dan visi di awal, ini akan membantu anda dalam mengembangkan bisnis jika kebetulan yang keisengan anda menghasilkan hadiah tadi.

Memulai Dengan Satu Niche Saja Kemudian Fokus

Niche itu kata lainnya adalah ceruk pasar mini, jika anda ke pasar amati ternyata penjual ikan jualanya ikan semua, penjual sayur berbaris di lapak sayur dan penjual pakaian ada di deretan lapak pakaian. Mereka tidak tercampur.

Coba anda perhatikan timeline facebook atau usaha teman anda yang menjalankan bisnis online, lihat berapa lama dia menjalankan bisnis, berpakali dia mengganti bisnisnya dan berapa lama dia bertahan.

Kebanyakan orang gagal dalam berbisnis karena selalu melihat usaha ini bagus, usaha yang lagi trend, usaha kekinian dan lain-lain. Sehingga modalnya habis hanya untuk mengejar itu dan menjadi korban coba-coba.

Jika anda berbisnis baju bayi, maka fokuslah untuk menjual hanya baju bayi saja dan segala turunanya.

Jangan sekali-kali menyentuh baju muslim dewasa atau babydol wanita. Ini akan merusak bisnis anda dan cashflow bisnis karena ada belanja  modal tiba-tiba.

Perhatikan bisnis ini dan perkembangannya biasanya untuk stabil itu butuh 1-2 tahun, tugas anda adalah bertahan selama itu.

Jika selama itu bisnis anda tidak berkembang, maka suntik mati bisnisnya dan ganti dengan niche yang baru.

Riset Produk Dan Market

Setelah anda menentukan niche bisnis maka kiat sukses bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset kecil-kecilan dan mengetahui siapa target market kita.

Ini sangat penting karena setiap produk itu punya produk terlaris, ditentukan oleh model, musim  dan lain sebagainya. Nah anda ikut trend produk dari niche anda, bukan malah mengikuti trend bisnis niche orang lain.

Market anda harus dianalisa dari mulai demografinya, geografis dan kebiasaan mereka, silahkan anda baca panduan riset market di internet sudah banyak yang mengulasnya.

Kanal Promosi Bisnis Online

Saat ini banyak sekali kanal promosi bisnis online yang bisa anda pilih, saking banyaknya anda bingung mau jualan di kanal mana. Ingat jangan pilih semuanya. Pilih beberapa saja kemudaian anda optimasi.

  • Sosial Media

Pilih salah satu saja antara facebook atau Instagram, ingat dalam mengoptimasi dan maintainya membutuhkan waktu. Jangan di double jika anda masih pemula dalam bisnis online

  • Whatsapp Marketing

Gunakan aplikasi whatsapp dan pelajari ilmu whatsapp marketing, ini penting, bagi saya media social itu hanya untuk edukasi dan branding, proses eksekusinya ada di aplikasi chatting seperti whatsapp atau FB messenger.

  • Buat Website kemudian Optimasi SEO

Kebanyakan para pebisis online yang gagal beranggapan bahwa website itu tidak penting, saya menilai bahwa orang tersebut tidak focus berbisnis online, ujung-ujungnya juga berhenti.
Website dapat meningkatkan brand dan trust pada bisnis anda, serta bisnis anda online 24 jam.

Itulah beberapa kiat sukses bisnis online, semoga dapat menjadi pemantik meledaknya bisnis anda dan meningkatnkan pendapatan sampingan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here