beasiswa muhammadiyah

Sebagai salah satu organisasi masyarakat yang bergerak hampir disegala sendi kehidupan seperti agama, sosial, kesehatan dan bahkan pendidikan, di sektor pendidikan Beasiswa Muhammadiyah ini menjadi salah satu program unggulan yang rutin dilaksanakan.

Oleh sebab itu buat kamu yang saat ini akan melanjutkan pendidikan baik dari sekolah menengah ke atas ke jenjang kuliah atau dari kuliah strata satu (S1) ke Strata Selanjutnya (S2) dan (S3). Maka kamu bisa memaksimalkan program ini.

Program Beasiswa Muhammadiyah 2019

Ditahun ajaran 2019-2020 Muhammadiyah kembali memberikan peluang untuk anak Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke tingkat selanjutnya.

Apalagi selaku organisasi masa yang fokus pada pendidikan, Muhammadiyah banyak sekali memiliki Universitas Muhammadiyah terbaik yang tersebar di Seluruh Indonesia.

Adapun beberapa program beasiswa yang patut anda buru dan cari informasi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah (KAUM)

Salah satu program beasiswa yang rutin diberikan muhammadiyah setiap tahun ajaran baru adalah Beasiswa Kader Unggulan Muhammadiyah dimana kampus Muhammadiyah memberikan biaya kuliah gratis.

Program beasiswa ini diberikan kepada seluru kader muhammadiyah di seluruh Indonesia yang memiliki potensi dan prestasi akademik serta aktif dalam persyerikatan Muhammadiyah.

Beasiswa ini berupa gratis biaya kuliah selama 4 tahun dan di evaluasi setiap semester, nantinya kamu bisa kuliah gratis loh disalah satu kampus terbaik yaitu Universitas Muhammadiya Yogyakarta. Cek Infonya disini.

Prokader (Program Beasiswa Kader Muhammadiyah)

Hampir sama kualifikasi dan tujuannya dengan beasiswa (KAUM), jika beasiswa KAUM dibiayai oleh Universitas Muhammadiyah maka PROKADER ini adalah program dari Universitas Muhammadiyah Semarang.

Beasiswa ini akan membuka jalur tanpa tes (ujian seleksi masuk) kepada kader Muhammadiyah yang lolos seleksi.

Namun perbedaan dengan beasiswa KAUM, PROKADER ini hanya akan meringankan biaya kuliah saja, artinya selama kuliah kamu akan disubsidi bukan gratis full selama 4 tahun.

Muhammadiyah Scholarship Preperation Program

Jika beasiswa kader unggulan Muhammadiyah (KAUM) dikhususkan hanya untuk S1 saja, maka jangan khawatir, untuk tingkat selanjutnya Strata II (S2),(S3) dan doktoral Muhammadiyah masih memberikan komitmennya.

Beasiswa ini dibuat oleh petinggi Muhammadiya beserta diktilitbang dan menggandeng mitra lain, tujuannya agar terciptanya sustaineble pendidikan dalan tubuh Muhammadiyah dan bermanfaat bagi Bangsa Indonesia.

Enaknya lagi sebelum berangkat ke negara tujuan (biasanya beasiswa ini untuk kuliah luar negeri), para peserta yang lolos dalam seleksi ini akan diberikan pembekalan berupa Bahasa Inggris, pembinaan karakter dan wawasan kebangsaan.

Tugas kamu adalah tinggal mencari informasi beasiswa ini di kampus kamu. lumayankan, biaya kuliah S2, S3 dan doktoral itu tidak sedikit, jadi gunakan fasilitas beasiswa ini.

Persyaratan Agar Bisa Lolos

Meskipun beasiswa ini terbuka umum untuk seluruh kader Muhammadiyah. Tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi agar bisa lolos dan mendapatkan beasiswa ini.

Fresh Graduate

Tentunya kamu harus fresh graduate dulu, Maksudnya adalah kamu baru selasai sekolah di tahun ini bukan dua tahun kemarin dan seterusnya.

Memiliki Kartu Anggota Muhammadiyah

Sebagai kader kamu harus memiliki nomor baku Muhammadiyah (NBM) yaitu kartu yang hanya dimiliki oleh kader aktif. Jadi pastikan kamu harus urus itu terlebih dahulu.

Aktif di Perserikatan Otonom Muhammadiyah

Bukti anda aktif pada perserikatan Muhammadiyah adalah jika kamu diterbitkan SK kepengurusan dan Surat Keterangan Aktif.

Rekomendasi dari Pimpinan Otonom Setempat

Kamu juga harus mendapatkan rekomendasi dari pimpinan Muhammadiyah di daerah kamu, ini ampuh sekali jika berhasil mendapatkannya.

Kurang Mampu

Beasiswa ini dikhususkan untuk membantu anak bangsa yang berprestasi namun tidak beruntung. Tidak mampu melanjutkan studi karena kendala biaya. Oh iya ini harus dibuktikan dengan mendapatkan surat keterangan kurang mampu dari kelurahan setempat.

Tidak Terikat Dengan Beasiswa Lain

Ini adalah persyaratan yang hampir semua beasiswa menerapkannya, tujuannya adalah agar program ini efektif dan menyentuh banyak orang. Ini agar tidak ada pembiayaan ganda.

Kurang lebih itulah persyaratan umumnya. Oh iya jika nanti sudah lulus nanti kamu harus bersedia terlibat dalam organisasi kampus IMM yah.

Selain itu jika ingin terus mendapatkan beasiswa ini (di evaluasi setiap semester) kamu harus menjaga IPKmu stabil di 3.00 ya.

Cara Mendaftar

Syaratnya sederhana, silahkan kunjungi kampus terdekat atau download formulir pendaftaran beasiswa.

Nantinya ada persyaratan yang harus kamu lampirkan selain persyaratan yang telah disebutkan diatas. Nantinya persyaratan itu akan di informasikan saat kamu mengambil formulir.

Nah sekarang kamu sudah mengetahui infomasi tentang beasiswa Muhammadiyah ini, selanjutnya tinggal kesungguhan kamu dalam mencarinya.

Jangan menyerah karena kamu tidak mau melengkapi berkas ya, tidak masalah repot diawal daripada repot sementara studi. Ingat biaya kuliah di Indonesia tidak murah, jadi ambil kesempatan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here