materi hubungan internasional

Pada kesempatan kali ini diplomat muda ingin berbagi mengenai materi apa saja yang bakalan di dapatkan ketika kita mengambil Kuliah Hubungan Internasonal, berikut ini Materi Hubungan Internasional.

Sebagai catatan, bahwa materi Hubungan Internasional itu sering berubah-ubah menyesuaikan kondisi dunia sekarang ini, sehingga jangan heran prospek kerja hubungan intenasional tidak terbatas.

Materi Hubungan Internasional

Materi hubungan internasional saya bagi dalam beberapa kategori yaitu kategori pengantar, diplomasi, dan kosentrasi sehingga anda bisa mudah melakukan identifikasi materi hubungan internasional.

Pengantar Ilmu Hubungan Internasional

Pelajaran pertama yang anda pelajari adalah pengantar hubungan internasional sebagai pondasi awal mengenal ilmu hubungan intornasional.

Anda akan belajar mulai dari sejarah perkembangan ilmu hubungan internasional, aktor-aktor hubungan internasional, isu-isu dan pokok bahasan, pendekatan hubungan internasional serta meningkatkan analisa dan kepekaan terhadap fenomena hubungan internasional

Tujuan dari adanya mata kuliah ini agar anda bisa mengenal istlah dan seluk beluk mengenai ilmu hubungan internasional.

Filsafat Ilmu

Mahasiswa Hubungan internasional adalah mahasiswa yang memiliki kajian dan analisa yang tinggi terhadap sebuah pengetahuan.

Filsafat ilmu ini dibekali agar pelajar hubungan internasional dapat mempelajari dasar-dasar ilmu dan mempertajam analisa

Pengantar Ilmu Politik

Politik tidak akan lepas dari seorang mahasiswa hubungan internasional, jika anda tidak suka terhadap politik mungkin anda keliru masuk dalam jurusan ini.

Mata kuliah ini memuat segala informasi politik, anda akan diberikan pemahaman mengenai konsep-konsep politik seperti negara, kekuasaan, ideologi, konstitusi, perwakilan dan partisipasi politik serta ilmu pemeritahan.

Tujuannya adalah membangun dasar dan nilai-nilai politik dan nantinya pelajar HI dapat berpatisipasi dalam kehidupan politik

Pengantar Ilmu Ekonomi

Politik tidak dapat dipisahkan dengan ekonomi oleh sebab itu seorang mahasiswa ilmu hubungan internasional dibekali dengan pemahaman ekonomi.

Tujuanya agar anda dapat menganalisa kebutuhan sebuah negara dilihat dari sudut pandang ekonomi.

Sosiologi

Sosiologi masih akan tetap dipelajari ketika masuk hubungan internasional, namun yang akan anda pelajari adalah tentang bagaimana kehidupan sosial dalam perspektif global.

Isu-Isu Hubungan Internasional

Isu-isu hubangan internasional disebut juga isu global, anda akan dilatih kecakapanya dalam melihat sebuah isu global yang terjadi berdasarkan perpektif atau pendekatan seorang ilmuan hubungan internasional.

Seorang pelajar hubungan internasional akan bersikap kritis terhadap denomena global yang terjadi, bisa mempresidiksi setiap tantangan, kesempatan dan peluang.

Tujuan dari materi ini agar nantinya materi semester kedepanya mahasiswa bisa tertarik dan memilih kosentrasi mengenai hubungan internasional.

Metode Penelitian Sosial

Seoran pelajar hubungan internasional harus bisa menguasai bagaimana cara menulis sebuah karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah penulisannya.

Anda akan mengetahui tentang cara memilih topik, perumusan masalah, survey dan tinjauan pustaka, riset, kutipan, gaya penulisian dan lain hal sebagainya

Tujuannya agar anda bisa melahirkan sebuah karya akademis yang sistematis dan bisa dipertanggung jawabkan dan di uji kebenarannya.

Sistem Politik Indonesia

Sistem politik indonesia selalu berubah-ubah, sehingga dibutuhkan update terbaru mengenai sistem politik ini. pergantian pemerintahan saja dapat mempengaruhi sistem yang sudah dibangun sebelumnya. Jumlah Partisipasi politik dan partai politik dan lain hal sebagainya

Tujuannya agar mahasiswa dapat terbiasa dengan dinamika politik, memiliki perspektif yang tepat mengenai sebuah sitem politik dan tetap update dan berkontribusi terhadap perbaikan sistem politik kedepan.

Sejarah Dunia

Ilmu hubungan internasional sangat terpengaruhi dengan yang namanya sejarah dunia, keadaan dunia internasional sekarang ini akibat perilaku sejarah masa lampau.

Tujuan dari dipelajarinya sejarah dunia agar manusia dapat membangun kerangka berpikir yang komprehensif dan memiliki perbadingan dua keadaan yang berbeda. sehingga analisa semakin tajam dan dalam

Pengantar Hukum Internasional

Sebagai mahasiswa HI anda akan dibekali dengan pemahaman hukum internasional agar anda dapat mengetahui kedudukan sebuah perkara internasional dimata hukum, anda akan di bekali dengan hukum perang, hukum laut, perdagangan internasional. dan lain sebagainya

Pemikiran Politik Islam

Sebagai negara yang mayoritas berpenduduk menganut agama islam maka pemikiran politik islam diajarkan kepada mahasiswa, mengenal para tokoh politik islam, pemikiran islam dan barat, konsep negara dalam islam, jihad dan terorisme, islamphobia dan lain sebagainya.

Tujuannya agar nantinya generasi kedepan dapat memberikan pandangan politik yang positif dan tidak terjebak dalam pencucian otak yang sering dipropagandakan dunia barat.

Politik Luar Negeri Indonesia

Organisasi dan Institusi Internasional

Organisasi internasional serta institusi internasional telah menjadi aktor penting dalam kehidupan bernegara antar bangsa. pengenalan terhadap NGO dan INGO yang menangani isu-isu internasional, kerjasama dan lainnya.

Tujuannya agar dapat memiliki pemahaman teoritik mengenai lembaga ini sebelum nantinya terjun dalam praktek nyata dengan organisasi dan lembaga internasional.

Teori Hubungan Internasional

Anda akan diajarkan bagaimana melakukan pendekatan menggunakan teori-teori hubungan internasional yang ada. dikarenakan HI itu adalah sebuah ilmu dan terus berkembang.

Tujuan dari adanya teori ini agar selaku pelajar HI dapat memecahkan sebuah masalah/isu internasional dengan pendekatan teori hubungan internasional agar semua dapat terlihat ilmiah.

Perbandingan Politik Luar Negeri

Perbadingan politik luar negeri bertujuan agar anda dapat memahami mengenai persamaan dan perbedaan politik dari berbagai negara. sehingga dapat mengembangkan disiplin ilmu politik dan mendapat rumusan terbaik dalam menerapkan politik dalam negeri indonesia.

Materi Diplomasi

Materi diplomasi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kognitif anda terhadap diplomat dan diplomasi, diplomasi sebagai operasional dari strategi politik luar negeri yang ditinjau dari berbagai tipe, diplomasi bilateran, multilateral dan lain sebagainya.

Anda juga akan mempelajari mengenai teknik baru diplomasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini. juga mengenal studi kasus praktek diplomasi dan kegagalan diplomasi.

Tujuannya agar anda dapat menjadi seorang diplomat muda yang ulung.

Itulah beberapa materi hubungan internasional yang nantinya akan anda pelajari dalam ilmu hubungan internasional.

Dalam tingkat yang lebih lagi anda akan mempelajari mengenai studi kawasan, seperti uani eropa, amerika serikat, dunia islam, dan asia pasifik.

Juga sepanjang perkuliahan anda akan diajarkan multi bahasa asing yang nantinya anda pilih selain bahasa inggris.

Semoga ini menjadi bekal anda sebagai seorang yang nantinya memilih jurusan hubungan internasional sebagai program studi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here