Menggantungkan Masa Depan Indonesia Pada Para Veteran PUBG

40
dampak negatif pubg
sumber

Dahulu ketika awal mobile phone bisa di akses oleh kelas menengah kebawah banyak fenomena yang di hadirkan disana, dimana kelas menengah kebawah mulai unjuk gigi tampil di ranah publik.

Fenomena seperti apakah itu?

Fenomenanya adalah gaya jalan santai atau duduk santai diruang publik sambil mengenakan headset di telinga dan diam meresapi setiap alunan musik yang ada.

Hal ini di tiru oleh para kelas menengah kebawah untuk mengikuti gaya seorang high class seperti bintang sepak bola dan selebriti yang menggunakan headset di telinganya.

Oke poinnya bukan disitu, namun saat ini anda dapat menemukan kembali fenomena headset di telinga namun mereka tidak diam dan meresapi, namun berbicara dan kadang berteriak sendiri.

Mereka sedang bermain PUBG

Apakah Salah Bermain Game PUBG

Playerunknow’s Bettleground atau disingkat PUBG merupakan game PC bettle royal terkenal dan saat ini bisa di download di playstore dan dimainkan secara mobile.

Game PUBG ini adalah game yang dimana anda dipaksa harus bertahan hidup untuk berperang melawan 100 pemain lainnya dan memaksa anda untuk survive.

Hasilnya, para pemain harus belajar, mencari cara dan untuk menjadi hebat tentunya butuh jam tempur yang tinggi. ini kritik poin pertama.

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam bermain game misalnya seperti PUBG. Asli 100% tidak ada yang salah jika anda bermain game dalam sesuai porsinya.

Video game saat ini justru banyak manfaat dalam meningkatkan kecerdasan otak dan membuat seseorang yang bermain memiliki kinerja yang lebih baik dalam melakukan segala macam hal.

Menurut penelitian bahwa orang yang suka bermain game memiliki nilai IQ yang tinggi dan memiliki kinerja yang lebih baik.

Selain itu orang yang bermain video game juga memiliki kemampuan multitasking, kreatif dan memiliki kehidupan sosial yang bagus dikarenakan memang saat ini game banyak di kembangkan dengan permainan co-player dan multy player.

Terus kesalahanya dimana?

Sayangnya maanfaat bermain game itu hanya akan berefek pada orang yang bermain game dengan durasi singkat dan hanya sebagai pengusir penat.

Tapi faktanya game itu memiliki sifat addictif yang membuat orang akan berlama-lama untuk memainkanya.

Jika melihat dari pola permainan game PUBG ini maka potensi untuk kecanduannya tinggi.

Dalam satu serial pertempuran saja butuh waktu sekitar 15-30 menit untuk menyelesaikan satu pertempuran sampai dengan selesai.

Dikarenakan game ini menggabungkan semua unsur addcit dalam permainannya, mulai dari grafik yang sempurna, membangun rasa penasaran, menciptakan reputasi bahkan membangun interaksi sosial.

Hasilnya,,,dalam kurun waktu 4 bulan setelah game PUBG Mobile ini dirilis menghasilkan 100juta download dengan 14 juta pemain aktif.

Fantastis, jika pemain game PUBG mobile ini di kumpulkan satu tempat maka bisa memenuhi kota jakarta yang dalam sensus 2017 hanya memiliki jumlah penduduk 10.4 juta jiwa.

Mari Berhitung dan Berandai

Melalui kitab Ihya Ulumuddin imam ghazali melakukan simulasi kalkulasi waktu yang terbuang dikarenakan hanya untuk di pakai tidur selama 8 jam. Jika umur manusia adalah 60 tahun maka dia akan menghabiskan waktu 20 tahun hanya untuk tidur saja.

Simulasikan ini terhadap anak sekolahan, jika waktu aktif belajar di kelas adalah 9 jam dengan waktu istirahat satu jam. jika pemain PUBG Mobile menghabiskan 1 pertandingan maka dia akan kehilangan kualitas waktu istirahat selama 30 menit hanya untuk bermain saja.

Bagaimana jika saat jam sekolah anda bermain 2 seri pertempuran? dipastikan anda kehilangan jam makan siang, shalat dan istirahat. sehingga otak tidak mampu menerima mata pelajaran selanjutnya.

Belum lagi permainan tersebut dilakukan di luar jam sekolah, apakah masih pantas pekerjaan rumah (PR) dimasukan dalam kurikulum sekolah?

Lambat laun anak ini tumbuh dewasa dan menjadi veteran PUBG dikarenakan PUBG sudah habis masanya seperti yang terjadi pada game mobile sebelumnya COC.

Andai itu terjadi pada seorang karyawan?

Seorang karyawan pun memiliki waktu kerja 8 jam sesuai dengan peraturan kementrian ketenagakerjaan.

Berapa waktu yang dikorupsi untuk sekedar bermain game PUBG? seorang karywan butuh jam istirahat agar bisa kembali fokus dalam bekerja. untuk makan, istirahat dan sholat terkadang membutuhkan waktu lebih dari sejam.

Ada yang lebih parah dari hanya sekedar korupsi waktu yaitu kehilangan pekerjaan dikarenakan ketahuan main game mobile ini disaat jam kerja,

Apes, ironi dan menyedihkan.

Silahkan simulasikan sendiri berdasarkan profesi yang sedang anda jalankan. bagaimana efek tentang bahaya kecanduan game online terhadap waktu produktif anda.

Ini baru satu sisi dilihat dari sudut pandang waktu mengenai ruginya kita kecanduan game online.

Belum dari sudut pandang seperti psikolog dan lain sebagainya.

Andai semua anak muda masa produktifnya dihabiskan untuk bermain game saja dibandingkan berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa indonesia, pantaskah indonesia menggantungkan diri kepada para veterean PUBG?

Tulisan ini hanyalah sebuah gambaran mengenai fenomena sosisal yang terjadi disekitar saya. tidak untuk mendiskreditkan orang yang bermain game ini.

Ayo lebih produktif lagi untuk masa depan yang belum tentu pasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here