pengertian diplomasi adalah

Sewaktu kuliah hubungan internasional dulu, Diplomasi adalah mata kuliah Favorit anak HI. karena Diplomasi merupakan yang paling representatif untuk jurusan hubungan internasional.

Oleh sebab itu pentingnya mengetahui pengertian diplomasi, di artikel ini diplomatmuda.com mencoba menjelaskan kembali.

Pengertian Diplomasi

Sederhannya diplomasi adalah seni menyelesaikan masalah tanpa masalah, awas ini bukan soal tagline pegadaian.

Diplomasi berasal dari bahasa yunani “diploma” untuk menyebut sebuah lembaran yg menandakan bahwa orang yang memegang lembaran tersebut merupakan orang yang dipercaya dalam hal tertentu.

Dalam bahasa Inggris kata diplomasi diperkenalkan oleh Edmund Burke pada tahun 1796, yg diambil dari bhs Perancis “diplomatie”.

Menurut kamus oxford diplomasi adalah…

Manajemen hubungan internasional melalui negosiasi dengan metodenya di mana hubungan-hubungan ini disesuaikan dan dikelola oleh duta besar dan utusan.

Menurut KM Panikhar Diplomasi Adalah…

Seni meneruskan minat seseorang dalam hubungan dengan negara bagian lain (KM Panikkar)

Menurut Russet & Starr Diplomasi adalah

Suatu cara dimana suatu negara secara langsung mempengaruhi orang lain (Russet & Starr)

Menurut Muhammad Hatta

Diplomasi adalah muslihat yang bijaksana dengan perundingan untuk mencapai cita-cita bangsa. Diplomasi adalah tindakan politik internasional.

Diplomasi dalam aplikasinya menurut Satow: Diplomasi adalah penerapan intelijen dan kebijaksanaan untuk melakukan hubungan resmi antara pemerintah negara-negara merdeka, terkadang meluas juga ke hubungan mereka dengan negara-negara bawahan; atau, lebih singkat lagi, perilaku bisnis antara negara-negara dengan cara damai.

Dari pengertian diplomasi dan prakteknya anda sudah sedikit mengerti tentang apa itu diplomasi, tapi diplomasi itu tidak sesederhana itu.

Sebagai mahasiswa hubungan internasional anda harus memahami lebih dalam lagi.

Diplomasi Pada Masa Awal

JIka melihat dari pengertiannya maka diplomasi ini Bermula dari sistim pengelolaan hubungan antar negara-kota di Yunani kuno

Pada masa itu utusan diplomatik pada masa Yunani Kuno dikenal dengan istilah ‘heralds’ yang berarti orang suci. Masyarakat Yunani Kuno memiliki kepercayaan bahwa mereka para utusan merupakan orang suci yang dilindungi dan diawasi  oleh para dewa.

Oleh sebab itu s tidak ada seorangpun yang berani melukai heralds saat membawa dan mengirim pesan antara negara-kota (Roy, 1995: 53).

Pada Intinya pada masa Yunani kuno praktek diplomasi sudah mereka lakukan.

Pada abad pertengahan diplomasi ini hidup kembali, diplomasi menjadi bagian terpenting antar negara kota di Italy pada masa renaissance.

Sampai pada akhirnya diplomasi terus berkembang ke arah yang lebih moderen.

Diplomasi Moderen

Pada era moderen diplomasi menjadi sebuah profesi, dimana subjeknya disebut sebagai Diplomat.

Diplomasi saat ini menjadi metode pengelolaan hubungan antara negara-negara, sehingga diplomasi ini kemudian terus berkembang dan menjadi praktek-praktek diplomatik.

Ada beberapa praktek diplomatik yang sampai saat ini terus di pakai

Teknik Negosiasi

pada prakteknya teknik negosiasi ini dipelajari dan dikembangkan sehingga mendapat sebuah rumusan, dimana intinya dari negosiasi ini masalah bisa terelakan dan kepentingan nasional bisa dicapai.

Negara satu dan negara lain bahkan individu (diplomat) satu dan lainnya memiliki teknik negosiasi yang berbeda-beda, agar negosiasi bisa mencapai tujuan dan tidak mudah di baca.

Protokol Diplomasi

Praktek diplomatik juga mengembangkan protokol, yaitu etika dan aturan ketika melakukan praktek diplomasi, ada standar yang disepakati bersama.

Untuk melakukan diplomasi harus adanya protokol yang merupakan acara resmi dari negara, protokol merupakan penghormatan kepada negara yang diajak berdiplomasi.

Bahasa Diplomasi

Dalam prakteknya diplomasi kemudian di terjemahkan dalam bahasa, sehingga diplomasi memiliki istilah-istilah sendiri atau bahasa sendiri.

Bahasa diplomasi ini berguna untuk memberikan pemahaman yang sama dari negara-negara yang melakukan diplomasi. sehingga ada satu pemahaman yang dimengerti bersama.

Bahasa diplomasi itu universal, setiap negara pasti memahami bahasa tersebut.

Korespondensi Diplomatik

Selain itu sebagai legal faktor diplomasi juga memiliki korespondensi diplomatik.

Apa itu Korespondensi diplomatik?

Korespondensi diplomatik adalah surat menyurat, arsip, dokumen beserta kantor diplomatik yang menjadi represntasi negara dalam berdiplomasi.

Praktik diplomasi sekarang sudah merupakan integrasi dari praktik dan pengalaman pelaku diplomasi, hasil riset dan kajian secara modern.

Teknik teknik dan metode metode logis dikembangkan supaya dapat dipakai oleh para diplomat diberbagai bidang dan kasus yang dihadapi dengan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

Faktor Yang Mempengaruhi Diplomasi

Lalu mengapa negara harus melakukan diplomasi, sementara negara punya rakyatnya dan sumber daya alamnya sendiri. sehingga mereka mampu hidup sendiri.

Negara sama persis dengan manusia yang merupakan mahluk sosial, negara butuh negara lain untuk melangsungkan kehidupannya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi diplomasi.

Globalisasi

Proses globalisasi yang secara universal melipatgandakan keterkaitan (linkages) dan hubungan (interconnections) melampaui batas negara serta melibatkan peningkatan secara dramatis interdependensi diberbagai bidang .

Kebutuhan akan berkunjung ke negara lain bukan hanya dilakukan oleh representasi negara, melainkan masyarakat langsung, misalnya jalan-jalan, sekolah dan bekerja.

Kemajuan Teknologi

kemajuan teknologi komunikasi yang memungkinkan hubungan langsung antara kepala negara dan antara pejabat-pejabat tinggi lain dari  ibu-kota masing-masing.

Adanya kemajuan teknologi batas-batas negara menjadi bias, seorang presiden dapat langsung berkomunikasi secara visual dengan menggunakan video konfrensi.

Pengiriman Delegasi

Pengiriman delegasi untuk negosiasi langsung guna  merundingkan issue-issue yang spesifik

Tidak semua diplomasi dapat dipublikasikan dan dilakukan secara resmi, bahkan kebanyakan diplomasi dan negosiasi dilakukan secara diam-diam dengan cara mengirim langsung delegasi.

Pada akhirnya diplomasi yang pada awalnya terbuka menjadi sangat tertutup, sebab penting untuk keamanan dan kepentinangan nasional negara masing-masing.

Itulah pengertian diplomasi menurut diplomatmuda.com, tapi yang perlu digaris bawahi bahwa lulusan hubungan internasional tidak selalu harus menjadi diplomat, berikut ini beberapa prospek kerja hubungan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here