Pengertian Politik Sampai Lahirnya Disiplin Ilmu Politik

58
Pengertian Politik

Pada kesempatan ini DiplomatMuda bakalan membahas secara detail mengenai pengertian politik.

Tujuannya agar kamu setelah membaca postingan ini akan segera paham mengenai pengertian politik. langsung saja.

Ilmu politik adalah salah satu mata pelajaran tertua di dunia yang dipelajari oleh manusia.

Pengertian Politik Secara Etimologis dan Terminologis

Pengertian politik berasal dari istilah yunani yaitu “Polis”, yang berarti adalah sebuah negara kota.

Menurut definisi para filusuf Yunani, Politik adalah sebuah subyek yang berurusan dengan semua hal yang menyangkut dengan urusan negara kota.

Lalu apa itu negara kota? Negara kota adalah istilah yang sering digunakan pada masa Yunani kuno yang mencakup semua urusan negara, karena Yunani tidak membedakan antara urusan negara dan pemerintah dan negara dengan masyarakat.

Orang Yunani tidak pernah membedakan antara kehidupan pribadi dan kehidupan sosial.

Oleh karena itu menurut orang Yunani bahwa politik adalah study yang membahas segala hal tentang manusia, masyarakat, negara, moralitas dan segala hal yang mencakup seluruh sendi kehidupan.

Pengertian Politik Menurut Aristoteles

Aristoteles (384-322 SM) terkenal sebagai bapak ilmu politik, dialah yang pertama kali membahas tentang politik dengan buku familiarnya “Manusia adalah binatang politik”.

Menurut Aristoteles manusia adalah binatang sosial juga sekaligus binatang politik, sebagai mahluk sosial manusia tidak dapat hidup dalam keterasingan, karena manusia tidak bisa mandiri, naluri bertahan hidup memaksa manusia untuk hidup kolektif.

Menurut aristoteles, Kehidupan kolektif ini membutuhkan sebuah mekanisme aturan main politik, organisasi dan kepemimpinan.

Sebuah masyarakat yang terorganisir membutuhkan sebuah sistem untuk membuat dan menegakan aturan dalam mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat.

Hal ini membuat politik terus berkembang dan berevolusi menjadi sistem politik dan lembaga pemerintahan yang semakin rumit juga prosedur di masyarakat berubah. oleh sebab itu Aristoteles mengatakan bahwa selain binatang sosial, manusia juga telah berevolusi menjadi binatang politik.

Pengertian Politik Terbagi dua Menurut Para Ahli Politik

Pengertian politik dibagi menjadi 2 sudut pandang yang berbeda menurut para ahli. pertama adalah sudut pandang definisi politik tradisional dan kedua adalah behavioral.

Sudut Pandang Tradisional

Menurut sudut pandang tradisional mendefinisikan ilmu politik sebagai studi terhadap negara dan pemerintah dalam semua manifestasi, aspek dan segala har terkait dengannya.

Dalam pengertian ini, politik dapat bersifat domestik, nasional, federal, kotamadya atau internasional

Berikut ini definisi menurut para ahli politik tradisional

“Ilmu Politik dimulai dan diakhiri dengan negara”; “Politik adalah studi Negara & Pemerintahan”

J.W. Garner:

“Ilmu Politik adalah penyelidikan sejarah tentang apa yang telah dilakukan negara, sebuah studi analitis tentang apa itu negara dan sebuah diskusi politik etis tentang apa yang seharusnya dilakukan negara”

R.G. Gettel:

“Ilmu politik hanya berurusan dengan pemerintah”

Leacock:

“Ilmu politik adalah bagian dari ilmu sosial yang memperlakukan dasar-dasar negara dan prinsip-prinsip pemerintahan”.

Paul Janet:

Sudut Pandang Behavioral (Perilaku)

Memasuki awal abad ke-20 mulai dikembangkan cara baru dalam memandang ilmu politik.

Pendekatan baru ini dikenal sebagai pendekatan Behavioral (perilaku). Kajian utama dari Behavioral adalah perlakukan politik sebagai aktivitas dan proses.

Berikut Pakar Politik Yang Terlibat Pada Masa Ini

“Politik adalah studi tentang pengaruh dan pengaruh” atau “studi tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan”

Harold Laswell:

“Politik adalah alokasi nilai yang otoritatif.”

David Easton:

“Ilmu Politik adalah studi tentang tindakan kontrol manusia dan sosial”.

Catlin

“Politik dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang digunakan orang untuk membuat, melestarikan, dan mengubah aturan umum di mana mereka hidup.”

Andrew Heywood

Kamus Bahasa Inggris Oxford mendefinisikan Ilmu Politik sebagai “studi tentang negara dan sistem pemerintahan.”

Perkembangan Politik Di Masa Kekaisaran Romawi

Selama puncak kekaisaran romawi sejarah telah mencatatkan bahwa praktek politik dimasa kekaisaran romawi berpusat hanya pada sistem kekerajaan romawi dan perang saja.

Studi politik dimasa ini berorientasi pada pemahaman sejarah, memahami metode pemerintahan dan operasi perang penaklukan.

Selama abad pertengahan, studi politik berkembang luas pada gereja-gereja dan juga instansi kerajaan.

Saint Thomas Aquinas adalah pemikir politik (ilmuan politik) yang paling berpengaruh pada abad ini.

Perkembangan Politik di Masa Renaissance

Renaissance adalah adalah masa pembaharuan/pencerahan, ini adalah masa perubahan dari abad pertengahan.

Dimasa ini lahir lahir ilmuan politik baru yang bernama Niccolo Machiavelli yang memberikan sudut pandang baru mengenai pengertian politik.

Machiavelli memerikan Penekanan ilmu politik modern pada pengamatan empiris langsung terhadap institusi dan aktor politik.

Bukunya yang sangat terkenal adalah “The Prince”. Buku ini adalah panduan untuk aliran politik realis modern.

Selain itu ilmuan lainnya yang lahir pada periode ini adalah Thomas Hobbes, John Locke & Rousseau (teori kontrak sosial).

Tokoh penting dalam politik Amerika pada masa renaissance ini adalah Alexander Hamilton, Benjamin Franklin dan Thomas Jefferson.

Studi Tentang Politik

Merangkaum mengenai pengertian politik mulai dari awal perkembangannya sampai pada abad pencerahan mengkategorikan studi tentang politik ini menjadi tiga.

Politik Sebagai Study tentang Sebuah Negara

Secara tradisional, ilmu politik adalah ilmu tentang negara. Pemikir politik seperti R.G. Gettel, J.W. Garner, Bluntschli dan banyak lainnya berpandangan bahwa ilmu politik adalah studi negara.

Politik sebagai Studi Tentang Pemerintahan

Paul Janet menulis, “Ilmu Politik berkaitan dengan pondasi negara dan prinsip-prinsip pemerintahan.

George Catlin menyatakan “Politik berarti kegiatan kehidupan politik atau studi tentang aktivitas ini. Dan kegiatan-kegiatan ini umumnya diperlakukan sebagai kegiatan dari berbagai organ pemerintahan.

Politik Sebagai Studi Lembaga nasional

Bridal mengemukakan pandangan bahwa “Ilmu Politik, menyangkut semua hal, politik adalah studi deskriptif yang menyatukan deskripsi lembaga-lembaga politik nasional, sejarah mereka, prinsip-prinsip ideologis mereka, kerja mereka, kekuatan yang mengarahkan mereka, pengaruh yang mereka alami, hasil yang mereka dapatkan dan pengaruhnya terhadap kehidupan negara dan hubungannya dengan negara-negara tetangga

Ilmu Politik Sebagai Studi Kekuatan

Pemikir politik era modern seperti Lasswell, Robert Dahl telah mendefinisikan politik dalam hal kekuasaan, pengaruh, dan otoritas.

Menurut mereka, Power telah memperoleh posisi penting dalam pemikiran politik. Harold Lasswell menganggap, “Politik adalah studi pembentukan dan berbagi kekuatan politik.

Pengertian Politik Menjadi Sebuah Sciance (Disiplin Ilmu Pengetahuan)

Inilah yan membuat kamu sampai pada pencarian pengertian politik, bahwa kamu adalah salah seorang yang sedang mempelajari ilmu tersebut.

Setelah melewati beberapa peradaban dunia dan lahirnya pemikir-pemikir politik kemudian membuat politik menjelma sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan tertua di dunia.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari disiplin ilmu politik

Studi negara dan pemerintah

Ilmu ini berkaitan dengan sifat dan pembentukan Negara dan mencoba untuk memahami berbagai bentuk dan fungsi pemerintahan.

Studi asosiasi dan lembaga

Ilmu ini mempelajari tentang hal-hal fundamental misalnya asal dan kriteria negara, sejarah, lembaga politik dan lembaga negara.

Studi masalah nasional dan internasional

Arah politik modern modelnya adalah mempertahankan wilayah, perwakilan pemerintah dan persatuan negara serta menjaga kedaulatan bangsa.

Studi tentang perilaku politik

Studi ini fokus terhadap perilaku aktor-aktor yang terlibat dalam menjalakan politik, mulai dari sifat dasar manusia serta pembentukan karakter seseorang.

Studi tentang sejarah, perkembangan dan masa depan politk

ilmu politik berusaha menjelaskan makna dan sifat dasar negara yang berkaitan dengan hukum kemajuan dan perkembangannya, serta dalam hubungannya dengan organisasi internasional dan negara lain.

Studi tentang konsep kekuasaan, otoritas & pengaruh

Perilaku politik kemudia berevolusi menjadi sebuah kekuasaan. Akibatnya ruang lingkup telah meluas untuk memasukkan aspek-aspek baru seperti sosialisasi politik, budaya politik, perkembangan politik dan struktur informal seperti kelompok kepentingan dan parpol.

Dari berbagai disiplin ilmu politik ini di Indonesia kemudian lahirlah beberapa jurusan seperti Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Administarsi Negara dan Lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here