10 Prospek Kerja Hubungan Internasional – WAJIB ANDA COBA !!!

74
10 Prospek Kerja Hubungan Internasional

Prospek Kerja Alumni Hubungan Internasional? Inilah pertanyaan yang sering menjadi tema utama diskusi dari lulusan jurusan tersebut. Ada ketidaksesuain jawaban antara kenyataan dan harapan.

Berbeda dengan jurusan lain pada umumnya, Program studi ini memiliki muatan pengetahuan mengenai politik internasional, studi global serta kajian mengenai hubungan antar negara, diplomasi dan aspek lainnya. Tujuan utama adalah untuk melahirkan para diplomat muda bangsa ini.

New Insight

Postingan saya akan memberikan Insight kepada anda selaku lulusan Hubungan Internasional mengenai prospek kerja yang bisa anda tekuni nanti. Tentunya prospek kerja ini tidak akan melenceng dari displin ilmu yang anda pelajari sebelumnya.

Baca Juga : 10 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik Di Indonesia

Tulisan ini berdasarkan profesi beberapa teman  saya yang saat ini sedang memetik buah keberhasilan karena mengambil jurusan ini. Beberapa juga diambil dari senior ataupun tokoh nasional yang saya ketahui dan sepenggal cerita yang saya jalani.

Awal Mula Kerisauan dan Pertanyaan ini Muncul

  • Diplomat

Coba anda ingat kembali saat pertama OSPEK, biasanya pada sesi kuliah umum, kampus mendatangkan alumni yang sedang berkarir sebagai diplomat.

Kuliah umum saya saat itu diisi oleh senior saya, Bapak Lalu Muhammad Iqbal yang pada akhir 2018 ditunjuk sebagai Diplomat Indonesia Untuk Turki.

Selain itu, ketika sesi perkuliahan hampir setiap dosen sering menanyakan “Siapa yang bercita-cita menjadi diplomat?”, dan dengan senyum polos anda pun mengacungkan jari beramai-ramai. Inilah awal mula doktrin.

Baca tulisan ini  Step by Step cara menjadi diplomat jika anda mau focus jadi diplomat.

Perbedaan Kompetensi dan kuota

Faktanya, perbedaan kompetensi indivudu dan kuota terbatas yang disediakan pemerintah membuat lulusan ini konversinya hanya sekian persen dari total jumlah alumni yang ada.

Saya yakin ini bukanlah kesalahan anda ataupun pemerintah, melainkan ada prospek profesi lain yang perlu anda coba dengan mengamalkan ilmu yang sudah anda geluti.

  • Bekerja Di Luar Negeri

Kondisi ideal kedua yang terus  dibangun dalam pikiran anda sehingga menyebabkan distorsi terhadap masa depan yang anda hadapi.

Bekerja diluar negeri merupakan keinginan yang wajar, hal ini disebakan karena pola interaksi anda, serta asupan pemikiran global yang hampir setiap hari dikonsumsi.

Saat ini saya memandang dari jauh beberapa teman yang sedang asik berkarir disana. mereka hanya sekian persen dari total angkatan saya. Salah satunya menjadi dosen di taiwan. 

Saya tidak menggiring anda untuk tidak bekerja disana, karena bagi saya bekerja disanapun merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan. Jika butuh motivasi anda bisa membaca kisah isnpiratif teman saya yang sudah menapakkan kaki ke 17 Negara berbeda.

Namun penekanan disini bahwa jika peluang itu akhirnya tidak berhasil di dapatkan maka cobalah keberuntungan lain yang akan dibahas pada poin selanjutnya.

Anda bisa pergi keluar negeri tanpa harus bekerja disana !

Solusi Kedua

Kedua kondisi diatas yang menjadi landasan utama pertanyanaan PROSPEK KERJA LULUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL. Padahal lulusan HI tidak dipersiapkan hanya untuk kedua kondisi diatas, ada keahlian lain yang patut anda coba.

Mari kita perluas prospek kerja ini dengan membaca 10 prospek kerja yang sebagian besar berasal dari beberapa teman dekat saya selaku lulusan program studi tersebut.

Silahkan taq teman anda yang sedang risau untuk mendapatkan insight dari postingan ini.

[Baca Juga] Bakat Diplomasi yang tidak semua orang Ketahui

10 Prospek Kerja Hubungan Internasional

Dosen

Jumlah persebaran Perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia menurut kemenristek dikti saat ini 3.276, Perguruan tinggi Negeri berjumlah 122 dan Perguruan Tinggi Swasta Berjumlah 3.276.

Angka ini menjelaskan bahwa ada Prospek Kerja untuk menjadi dosen tersedia disana, belum lagi kemenristekdikti membuat peraturan rasio ideal Jumlah Dosen terhadap mahasiswa adalah 1 dosen minimal mengampu 45 siswa.

Memang saat ini pemerintah menganjurkan untuk persyaratan menjadi dosen minimal S2, namun kebijakan ini disupport oleh pemberian beasiswa yang semakin banyak di buka oleh pemerintah.

Lulusan Hubungan Internasional memiliki kemampuan komunikasi, interaksi dan analisis. Jika anda merasa memiliki ketiga kemampuan diatas maka pilihan untuk menjadi dosen patut untuk dicoba.

Ahli Politik dan Politik Praktis

Politik merupakan materi kuliah paling besar porsinya yang anda dapat selama menempuh masa studi, baik politik Indonesia dan sub-sub pembahasannya maupun dunia politik internasional dan turunannya.

Ini merupakan modal utama anda untuk terjun ke dunia politik baik sebagai ahli politik ataupun politik praktis. Jika anda senang dengan literasi politik maka menjadi ahli potensinya lebih besar daripada terjun ke politik praktis.

Modal Anda

Sebagai jebolan jurusan ini anda pasti memiliki kemampuan kritis yang tinggi serta analisa yang dalam pada sebuah fenomena. Belum lagi hal ini disupport dengan kemampuan dribbling leadership serta publik speaking yang memadai.

Jika skill ini yang paling besar anda dapatkan selama masa studi, maka menjadi seorang pakar politik dan politik praktis jangan sampai disia-siakan.

Teman saya saat ini ada sekitar 3 orang yang menjadi caleg di pemilu 2019 dan seorang teman dekat saya menjadi seorang ahli politik di kampungnya. Ternyata ilmuan HI bisa terjun di kampung juga.

Public Relation Perusahaan

Public Relatiaon adalah salah satu posisi yang paling di incar oleh sebuah perusahaan dan merupakan salah satu posisi yang memiliki bayaran tinggi.

Mengapa perusahaan berani membayar tinggi ke seorang Public Relation?

Public Relation adalah penyambung lidah perusahaan ke masyarakat/audiens perusahaan tersebut. PR berperan sebagai think and tank agar apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat disampaikan dengan baik dan meminimalisir penolakan.

Tentunya kualifikasi seorang PR tidaklah sembarangan, mereka harus memiliki kemampuan bicara yang baik, memiliki banyak jaringan, negosiator ulung, pengetahuan yang up to date dan berpenampilan menarik.

Anda Punya Segalanya

Dari kualifikasi diatas bagian mana yang tidak diajarkan jurusan ini kepada anda? Tentunya semua kualifikasi sudah diajarkan dengan metode yang tersusun rapi, tercantum dalam kurikulum dan sering di implemantasikan saat masa kuliah.

Jika anda menjalani profesi ini, saya yakin anda tidak akan menemukan kendala yang berarti. Ini bukanlah hal yang baru dan mainan sarjana hubungan internasional sehari-hari.

Kisah Teman Saya

Salah satu teman saya menempuh jalur ODP (Official Development Program) penjaringan Publik Relation di salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Dan dia berhasil lulus dan sampai saat ini masih menjalani profesi tersebut.

Kesimpulan saya bahwa teman saya tidak merasakan kendala saat menjalani profesi tersbut dan sampai saat ini masih nyaman. Karena kurang lebih 5 tahun menjadi Publik Relation di perusahaan tersebut.

Buat anda yang tertarik dengan gaji yang tinggi dalam berkarir menjadi seorang PR pantas anda perjuangkan.

Penulis

Penulis adalah orang yang berhasil menuangkan hasil pemikiran dan pengamatanya melaui sebuah tulisan dan hasilnya disebut karya.

Sebuah karya yang inspiratif dan bermanfaat akan mendapatkan respon yang baik bagi para pembaca dan akan mengantarkan penulis ke puncak tertinggi dalam hidupnya.

Apa yang saya definisikan mungkin terlalu berlebihan, tapi faktanya memang benar demikan.

Tidak semua orang bisa menjadi penulis, namun saya yakin anda sebagai seorang lulusuan Hubungan Internasional sangat mampu dalam melakukan hal ini.

Tugas kuliah berupa artikel dan makalah menjadi santapan anda, belum lagi tugas akhir skripsi yang sebagian besar merupakan hasil studi pustaka.

Skripsi mahasiswa hubungan internasional selalu bertemakan hubungan antar bagsa ataupun fenomena global. Sehingga anda terlatih  untuk ini.

Skripsi saya sendiri membahas tentang isu Perdamaian Israel-Palestina

Ini beberapa tulisan saya mengenai isu-isu internasional

Jamal Khashoggi dan Ice Breaking 3 Negara

Ada beberapa alumni lulusan Hubungan Internasional yang sudah menjadi penulis nasional, salah satunya adalah Ahmad Fuadi – Penulis novel fenomenal NEGERI 5 MENARA sukses dipasaran. Bahkan sudah di filimkan.

Selain itu senior saya Fadh Pahdepie telah sukses mengorbitkan diri di kalangan penulis nasional. Bukunya tentang Hijrah Bang Tato banyak menginspirasi masyarakat untuk berubah kea rah yang lebih baik.

Semoga anda menjadi penulis yang menginspirasi selanjutnya. Silahkan Taq teman anda alumni Hubungan Internasional yang menjalani profesi sebagai penulis ya. Don’t forget.

Marketing Perusahaan

Marketing adalah ujung tombak dalam sebuah perusahaan, dibalik suksesnya sebuah perusahaan terdapat marketing handal dibelakangnya.

Sayangnya Marketing ini terbagi dua persepsi dari sudut pandang yang berbeda, orang diluar marketing menganggap bahwa menjadi marketing adalah pekerjaan yang memalukan dan tidak jelas masa depannya. Selain itu merekapun sering membual.

Pada sisi seorang marketer, marketing adalah sebuah profesi yang sangat menjanjikan, bisa memiliki banyak relasi terhadap orang-orang penting, memiliki income yang tak terbatas, serta waktu kerja yang fleksible.

Lulusan Hubungan Internasional sangat memiliki potensi besar menjadi seorang marketing yang handal di perusahaan tempat dia bekerja. Anda memiliki modal negosiasi diatas rata-rata, kecakapan berinteraksi serta pandai berdiplomasi.

Saya pribadi pernah menjalani profesi ini selama 5 tahun, kesimpulan yang saya dapatkan bahwa Ilmu yang kita dapatkan selama menempuh studi semuanya bisa di aplikasikan disini.

anda berpotensi menjadi marketing yang baik dan juga beda dengan marketing terbaik lainnya.

Jika anda memiliki passion dalam jual menjual dan ingin income yang banyak serta waktu yang efektif. Maka tidak salah profesi marketing dapat menjadi pilihan terbaik anda.

Berbisnis Online

Bisnis online saat ini digandrungi banyak orang, kemudahan dalam mempelajinya, bisnis modal kecil serta efisiensi waktu menjadi faktor utama mengapa harus terjun ke dunia online.

Bisnis online bisa menjadi solusi anda ditengah kebuntuan yang sering anda tanyakan mengenai Prospek Kerja Hubungan Internasional.

Bisnis online ini jika anda kerjakan secara serius tidak memungkinkan akan menjadi keran rezeki utama anda sebagai Lulusan Hubungan Internasional.

Saya pribadi sangat optimis lulusan hubungan internasional bisa menjadi pakar dalam bisnis online ini.

Pada dasarnya seorang yang mempelajari ilmu hubungan internasional memiliki mindset yang sangat terbuka dan memiliki wawasan yang luas serta sangat up to date dalam segala hal.

Selain itu segala manual book atau cara berbisnis online rata-rata menggunakan bahasa Inggirs, sehingga anda akan sangat mudah mempelajarinya dibandingkan orang lain yang tidak mengerti bahasa Inggris.

Saya pribadi setelah 5 tahun  berkarir sebagai seorang marketing, saya resign dan menjalani bisnis online ini.

Banyak teman-teman mengira bahwa saya berlatar belakang Sarjana Tehnik Informatika sebab saya membuat perusahaan yang bergerak dibidang Digital Marketing dan Web Development.

Bagaimana? Mau ikut jejak saya terjun dalam bisnis online?

Mendirikan Perusahaan Start Up

Anda pernah naik ojek? Seberapa sering anda menggunakan jasa transportasi tersebut? Saya yakin anda akan memilih transportasi tersebut sebagai alternatif terakhir.

Namun tidak dengan saat ini, setelah juragan ojek profesional kembali ke Indonesia. Nadin Anwar Makarim, melalui aplikasi Go-Jek yang di buatnya telah menciptakan banyak lapangan kerja baru di Indonesia.

Nadin telah berhasil merubah stigma ojek yang selama ini dipahami masyarakat.

Kekuatan seorang Nadin Makarim bukan pada modal yang dia miliki, melainkan pada kemampuan berpikir sederhana dan meredefinisi sebuah fenomena Ojek.

Setidaknya anda sepertinya patut berbangga, bahwa Nadin Makarim merupakan Jebolan Hubungan Internasional dia menyelesaikan studinya di Brown University, Ameika Serikat.

Kebanggaan itu cobalah anda kombinasikan dengan motivasi sehingga menjadi kesatuan yang kompleks. Anda mungkin tidak akan menjadi Nadin Makarim selanjutnya ketika anda membuka usaha ojek yang sama.

Setidaknya gunakan kombinasi itu menjadikan anda orang yang sukses mendirikan perusahaan start up selanjutnya.

Event Organizer

Menyiapkan serta mengorganisir penyelenggaraan sebuah acara adalah tugas utama Event Organizer. Semakin banyaknya perusahaan dan acara pemerintahan menimbulkan demand yang besar pada profesi ini.

Kemeriahan acara Asian Games 2018 merupakan salah satu acara yang mendapat banyak acungan jempol dari luar negeri, semua orang yang melihat saat itu menganga ke langit melihat atraksi yang di tampilkan.

Hal ini sulit diwujudkan jika tidak menggunakan Event Organizer.

Menjadi seorang Event Organizer tidaklah mudah, tidak semua orang bisa menjalaninya. Karena profesi ini butuh mereka yang punya intuisi dari mulai perencanaan, ide kreatifitas, koordinasi serta eksekusi.

Namun tidak bagi anda yang semenjak kuliah sangat familiar dengan hal-hal seperti ini. Bahkan menyiapkan acara dalam skala Internasional pun pasti sudah pernah anda kerjakan. Meskipun hanya sebagai volounteer dadakan.

Anda tertarik dengan bisnis ini? Silahkan ukir sejarah anda sebagai Sarjana Hubungan Internasional tersukses dalam bidang Event Organizer.

Importir dan Exportir

Perekonomian suatu negara tidak akan terlepas dengan kegiatan Export dan Import dalam meggerakan roda ekonomi dan pemenuhan kebutuhan masyarakatnya.

Ekspor dan Impor ini terbagi dalam dua bagian, yang pertama adalah Legal (sesuai hokum yang berlaku) sedangkan yang kedua adalah (illegal).

Anda dapat mengambil kesempatan ini karena anda sudah dibekali dengan dua mata kuliah utama, pertama adalah Ekonomi Makro dan yang kedua adalah perdagangan internasional.

Saya yakin ketika anda membaca paragraf pertama dan kedua anda akan mengingat kembali dua mata kuliah tersebut.

Kebanyakan orang yang bergerak dalam bidang ini terjebak dengan kegiatan export dan import ilegal, sehingga merugikan anda dan negara yang anda tinggali.

Good News

Namun hal ini tidak berlaku bagi anda yang sudah memiliki dasar pemahaman tersebut, anda memilki pemahaman dan tau aturan mainnya. Sebagai seorang yang paham akan ilmu diplomasi anda akan meletakan kepentingan negara diatas keuntungan semata anda.

Jika anda tertarik dengan dua mata kuliah diatas silahkan anda buka kembali materinya dan segera aplikasikan ilmunya. Jika anda lupa penjelasannya segera hubungi dosen yang mengajarkannya.

Prospek Kerja Hubungan Internasonal yang satu ini jika anda tekuni dengan baik maka akan mendatangkan manfaat bagi anda. Karena tidak semua pedagang mampu melakukakan perdagangan internasional. Sehingga kompetisi sangat sedikit.

Impor dan Ekspor Butuh Modal Besar?

Saya dulu pernah bertanya ke dosen perdagangan internasional mengenai apakah untuk melakukan export dan import harus memiliki modal yang besar?

“Tentu saja itu salah”, jawab dosen saya anda bisa join atau numpang ke sebuah peti kemas untuk melalukan export dan begitupun sebaliknya.

Saya pernah mencoba melakukan import perlengkapan bayi dengan cara menempel ke jasa importir, ternyata bisa, anda akan mendapatkan barang yang anda inginkan tanpa harus mengimport satu kontener.

Bagaimana tertarik untuk melakukan hal ini? Silahkan buka kembali buku ekonomi makro dan perdagangan internasional anda.

Penikahan Antar Negara

Bagian ke sepuluh ini bukan merupakan prospek kerja hubungan internasional, tapi prospek masa depan bisa jadi. Ada sebagian dari para sarjana internasional yang tertarik akan hal ini.

Menikah dengan warga negara asing di anggap sebagai penerapan ilmu hubungan internasional yang dia pelajari.

Pertukaran pelajar serta kemampuan bahasa asing yang dimiliki membuat Mahasiswa Hubungan Internasional memiliki potensi untuk menemukan jodoh yang berasal dari luar negeri.

Teman Saya Ada Yang Berhasil

Bagi saya pernikahan antar negara itu positif adanya, ada asimilasi budaya disana. Beberapa teman seangkatan saya pun berhasil melakukan diplomasi pernikahan ini.

Mereka ada yang berhasil menikahi wanita Jepang ada pulu wanita korea. Mungkin ketika kuliah kosntrasinya Asia Pasifik

Coba taq teman ke teman anda yang sudah mengamalkan bagian dari diplomasi pernikahan ini, jika anda pun tertarik melakukan hal yang sama, maka tanyakan ke teman anda.

Saya tidak bisa banyak menulis mengenai hal ini karena tidak memiliki pengalaman disana. Namun memasukan poin pernikahan antar negara merupakan sesuatu yang seru untuk di bahas sesama Lulusan Hubungan Internasional. Bukan begitu?

Penutup

Tidak perlu kita terbebani dengan Prospek Kerja Sarjana Hubungan Internasional untuk selalu menjadi Diplomat, Kerja Di Organisasi Internasional, kerja diluar negeri.

Baca Juga : Kuliah Hubungan Internasional – Panduan Terlengkap (2019)

Indonesia ini sangat luas, dengan memaksimalkan ilmu yang sudah kita dapat selama menjadi mahasiswa hubungan internasional serta di padukan dengan passion yang anda miliki, maka anda akan menemukan dimana posisi anda sebenarnya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat teman-teman, silahkan taq or shared ke teman anda yang masih terkendala akan hal ini.

Sukses Selalu Lulusan Hubungan Internasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here