Cara Menjadi Sales Sukses
Ilustrasi Gambar

Taukah anda apa cita-cita seorang sales? memiliki karir yang bagus sehingga otomatis pendapatannya naik? salah, cita-cita seorang sales adalah menjadi sales sukses.

Jika anda seorang sales coba perhatikan di sekeliling teman-teman anda, berapa banyak yang memiliki impian menempati karir tertinggi seorang karyawan?

Sepengalaman saya selama 5 tahun menjadi koordinator sales, saya banyak kehilangan sales hebat dikarenakan mereka resign dan membuka bisnis baru serta menjual produk/jasanya sendiri.

Cita-Cita Seorang Sales Adalah Menjadi Sales Sukses

Diplomat Muda

Mindset Karyawan VS Pengusaha

Sedikit membahas mengenai karyawan dan pengusaha, pada ujungnya seorang sales memiliki DNA berbeda dengan seorang sales, meskipun mereka bekerja dalam perusahaan yang sama dan posisi sama.

Perbedaanya terletak pada sebuah midset, cara berpikir keduanya saling bertolak belakang satu sama lain.

Jika anda melihat teman sales anda memiliki pemikiran perfectionis bisa jadi dia bermental seorang karyawan, dikarenakan seorang sales sering kali pekerjaannya tidak begitu rapi.

Hal ini dikarenakan seorang sales bermindset karyawan merasa dirinya sering diperhatikan atasannya dalam bekerja, pujian menjadi tujuan utama.

Sedangkan seorang sales mindset entrepeneur sering mencoba hal lain diluar perintah, memilih lebih baik gagal daripada tidak mencoba sama sekali. produktifitas menjadi prioritas utama dari sebuah percobaan.

Pertanyaan terbesar oleh seorang sales adalah apakah saya seorang sales?

Coba anda tanyakan kepada diri anda sebagai seorang sales, apakah menjadi sales merupakan cita-cita anda? berapa banyak seorang anak kecil bermimpi menjadi sales?

Ini adalah cita-cita seorang anak kecil

“Mak Aku Ingin menjadi dokter”

“Pak Aku Ingin Menjadi Presiden”

“Bu Saya ingin menjadi pilot.”

Sales bukalah cita-cita ideal seorang anak kecil, bahkan mereka tidak mengetahui apa itu sales, faktanya saat ini sales adalah orang yang paling banyak anda temui dimanapun anda berada.

bahkan mungkin anda seorang sales tersebut…

Mari kita lihat apa itu definisi seorang sales secara sederhana tanpa teori namun berdasarkan pada fungsi.

Definisi Sales

Sales adalah proses membantu dan menolong dengan cara meyakinkan seorang konsumen untuk membeli barang atau jasa secara personal atau impersonal.

Kenapa kebanyakan orang tidak mampu menjadi sales sukses? karena orang memang tidak berminat menjadi sales artinya mereka tidak mampu untuk membantu dan menolong orang lain.

Identifikasi DNA Sales Sukses

Andaikan bisa dibedah tubuh seorang sales maka anda akan menemukan 3 DNA utama yang mengalir dalam tubuh seorang sales sukses. ketiganya saling berhubungan satu sama lain.

Attitude

Seorang sales sukses memiliki sikap optimis yang mengalir di dalam tubuhnya. sikap positif ini kemudian yang membantunya dalam menatap target dan mengejar penjualan.

Seorang sales memiliki pikiran yang kuat untuk terus berkembang, kebanyakan mereka yang memiliki sikap optimis ini bekerja dengan hati dalam semua asignment pekerjaan.

Pikiran dan hati itu akan menjadi “resep pembentukan kepribadian”. Menjadi bisa ataupun tidak bisa sesungguhnya hanya PILIHAN dari pernyataan keyakinan dan hati.

Menurut sebuah studi metropolitan life menemukan fakta bahwa sales yang memiliki skor tinggi dalam sikap optimisme menjual 33% lebih banyak daripada sales yang memiliki skor optimisme rendah.

Sehingga attitude menjadi DNA utama yang menyebabkan anda menjadi sales sukses.

Sikap optimis bisa melahirkan keinginan yang kuat terhadap sales tersebut untuk menjadi sales yang berhasil. sehingga bisa di sederhanakan seperti ini.

  • Ada pengetahuan dan kemampuan, tapi tidak ada kemauan maka hasilnya zero
  • Ada kemauan dan pengetahuan, namun tidak ada kemampuan, maka tetap akan bisa diasah melalui coaching
  • Ada kemauan dan kemampuan, namun tidak ada pengetahuan, maka tetap akan bisa diasah melalui training
  • Semua nya tetap harus dimulai dari KEMAUAN yang kuat

80 % keberhasilan Seorang Sales di pengaruhi oleh ATTITUDE, 20% sisanya di pengaruhi oleh Knowledge dan Skill SALES itu sendiri

Skill

Skill tidak semata tercipta secara instan, seorang sales sukses butuh proses dan perjuangan dalam menggapainya.

Seorang sales hebat harus memiliki skill komunikasi dan negosiasi yang sangat baik, mampu melakukan closing dan mampu memanfaatkan situasi untuk menciptakan market serta kapasitas membangun jaringan.

Artinya Keahlian menjual yang baik dan teknik penjualan yang tepat menghasilkan hasil penjualan yang banyak.

Tips Mengasah Skill Seorang Sales

Hanya dengan memiliki dan melakukan 3 hal ini seorang sales bisa mengasah skillnya ke arah yang lebih baik.

  • Disiplin Harga Mati

Disiplin adalah faktor awal dalam mengasah sebuah skill, seorang yang sudah hebatpun jika tidak memiliki disiplin pasti akan terbuang, kalah dari seorang pemula yang berdisiplin tinggi.

  • Repetisi

Repetisi dalam kata lainnya adalah melakukan sesuatu dengan cara berulang-ulang. untuk menguasai suatu skill, misalkan menjual, seorang seles harus mampu berjualan berulang-ulang. ala bisa karna biasa.

  • Mengisi Kekosongan Otak

Skill itu adalah perintah otak, maka isilah kepala dengan berbagai pengetahuan mengenai cara menjadi sales sukses. kemampuan otak ini akan bertransformasi menjadi insting saat melakukan penjualan.

Anda pasti mengenal Leonel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua orang yang dahulunya adalah manusia biasa kini menjelma menjadi pemain bola yang berhasil.

Untuk menyederhanakan skill anda cukup melihat seperti apa Messi dan Ronaldo memainkan peranya dilapangan, cara mereka latihan dan usaha yang mereka lakukan

Knowladge

Sebagai seorang sales anda dituntut mampu menjual dengan cepat sebuah produk yang sama dalam waktu yang lama. nah bingungkan.

Maksudnya seperti ini, jika anda bekerja sebagai sales di perusahaan asuransi maka produk anda selama bekerja hanya itu saja. hanya asuransi…

Kemudian produk itu yang terus anda jual sepanjang karir anda sebagai seorang sales asuransi, gilanya lagi anda dituntut untuk segera menjual.

Disinilah fungsi dari knowladge, seorang sales yang terbatas pengetahuannya akan terlihat seperti robot yang sedang belajar bicara. kaku, hambar dan basi.

Struktur Knowladge Seorang Sales

Untuk mengurai knowladge seorang sales, anda harus mengetahui struktur dari knowladge seorang sales.

Produk Knowladge

Dalam dunia penjualan, tidak ada yang lebih buruk selain dengan bertemu seorang sales yang tidak mengetahui secara detail dan terperinci mengenai produk yang sedang di jual.

Lokal Knowladge

Seorang sales yang turun dalam belantara persaingan penjualan akan mati konyol jika tidak mengetahui lingkungan sekitarnya. bisa jadi dia tersesat atau kehabisan waktu mencari alamat customer. bisa jadi juga digebukin warga karena salah bicara.

Kompetitor Knowladge

Poin terakhir ini tidak bisa anda abaikan dalam dunia penjualan, seorang sales dituntut mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan dari kompetitornya. apakai itu produk atau proses pemasarannya.

Identifikasi Sales Sukses Secara Kasat Mata

Dengan penjabaran DNA seorang sales sukses maka anda bisa melihat diri anda dan mengidentifikasinya secara kasat mata. ataupun sekedar menilai teman sales anda. biasanya mereka membuat hal ini.

  • Ketemu Banyak Orang

Sales sukses bukanlah kura-kura yang berdiam diri dalam kantor atau gudang distribusinya. mereka liar dan menyebar untuk bertemu dengan orang banyak.

  • Membuat Banyak Teman

Dari hasil bertemu orang banyak tersebut membuat efek sosial yang luar biasa, sales memiliki banyak sekali teman diluar dari rekan kerjanya di kantor

  • Membantu Banyak Orang

Setiap jalinan pertemanan yang sudah dibuat akan sangat mudah untuk di konversi menjadi penjualan. prinsipnya teman anda punya masalah dan anda punya solusi dengan produk yang anda jual.

Itulah DNA Sales Sukses, Semoga bermanfaat, tombol bagi ke sosial media yang ada di sebelah kiri layar anda dapat membuat saya tetap bersemangat untuk berbagi hal yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here