sarana hubungan internasional

Jika anda menemukan tulisan ini saya yakin anda adalah anak Hubungan Internasional, biasanya anda adalah mahasiswa baru atau di tingkat awal.

Jadi begini dalam sebuah hubungan antar negara ada alat yang digunakan untuk mencapai maksud dan tujuan dalam sebuah hubungan negara. ini lebih dikenal dengan Sarana Hubungan Internasional.

Apa Itu Sarana Hubungan Internasional

Jika diartikan perkata menurut bahasa Indonesia

Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat untuk mencapai suatu maksud dan tujuan.

Sedangkan Hubungan Internasional adalah hubungan antara dua negara, tiga negara atau banyak negara yang saling berhubungan.

Jika anda bingung mengapa negara menjalin hubungan Internasional sebaiknya anda membaca dulu tulisan saya sebelumnya dengan judul Hubungan Internasional, Berdirinya Negara dan Sistem Politik.

Atau anda mencari definisi hubungan internasional menurut para ahli saya juga sudah menyediakan untuk anda.

Suatu negara dalam menjalin komunikasi atau berinteraksi membutuhkan yang namanya wadah atau alat yang digunakan untuk menyambungkan hubungan tersebut.

Berikut ini Sarana Hubungan Internasional yang wajib anda ketahui sebagai seorang anak HI calon diplomat muda.

Diplomasi

Diplomasi adalah sarana yang paling utama yang digunakan oleh setiap negara dalam menjalin komunikasi.

Tentunya dalam melakukan Diplomasi suatu negara pasti memiliki maksud dan tujuan sendiri, utamanya untuk mengejar kepentingan nasional atau mengikuti percaturan politik internasional.

Pengertian diplomasi adalah sebuah seni untuk menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru.

Ruang lingkup diplomasi itu sendiri biasanya karena ada motif Ideologi, Politik, Ekonomi dan sosial budaya.

Diplomasi itu memiliki instrumen sendiri dalam pelaksanaanya, instrumen itu terdiri dari aktivitas negosiasi, saling memberi dukungan dan hadiah, mengadu domba bahkan sampai mengancam menggunakan kekuatan militer.

Lalu Apa bedanya Diplomasi dengan Politik Luar Negeri?

Biasanya dosen anda akan bertanya perbedaan tersebut, jadi jika pertanyaanya timbul anda sudah bisa menjawabnya.

Politik luar negeri itu adalah apa yang nanti negara lakukan, sementara diplomasi itu tentang bagaimana cara melakukannya.

Jawablah pertanyaan itu dengan sesimple itu.

Ekonomi, Sosial dan Budaya

Sebenarnya Diplomasi itu merupakan sudah menyelimuti sarana hubungan internasional secara keseluruhan.

Namun pada prakteknya ternyata itu harus dipisahkan, diplomasi akan menjadi sangat kaku jika tidak dipecah menjadi saran komunikasi internasional.

Oleh sebab itu dibuatlah sarana seperti ekonomi sosial dan budaya.

Sarana Ekonomi

Biasanya ekonomi dijadikan alat dalam memulai suatu hubungan antara negara, mereka berinteraksi pada hal-hal yang saling menguntungkan misalnya seperti perdagangan.

Jika kemudian terjadi bencana alam ataupun perang, negara-negara ini menggunakan sarana ekonomi dalam wujud bantuan internasional.

Lihat saja ketika Indonesia mengalami bencana maka bantuan datang dari berbagai negara. tapi yang perlu digaris bawahi adalah bantuan itu selalu atas dasar kepentingan nasional negara yang membantu.

Sarana Sosial dan Budaya

Pada dasarnya setiap negara itu memiliki nilai sosial sendiri-sendiri dan juga kebudayaannya sendiri.

Namun disatu titik terkadang ada persamaan antara negara satu dan lainnya.

Akhirnya negara mengambil jalur sosial dan budaya ini sebagai sarana komunikasi untuk menjaga dan menjalin hubungan yang baik antara negara.

kenapa sosial dan budaya yang dipilih?

karena komunikasi internasional menggunakan sarana ini lebih soft power dibandingkan dengan sarana lainnya yang terlalu syarat akan kepentingan nasional. atau saling berebut pengaruh.

Propaganda

Selain itu ada yang namanya propaganda negara atau propaganda internasional.

Setiap negara pasti memiliki cara mereka sendiri untuk memulai suatu hubungan dengan negara yang lain, salah satunya dengan menggunakan sarana propaganda ini.

Propaganda adalah sebuah sarana yang disususn secara teratur dan sistimatik dengan tujuan untuk mempengaruhi persepsi suatu negara terhadap negara lainnya.

Semuanya nantinya akan bermuara pada namanya kepentingan nasional negara tersebut. biasanya isu internasional sering digunakan untuk menjalakan propaganda ini.

Pada sejarahnya sarana propaganda ini digunakan oleh Amerika dan Uni Soviet dalam masa perang dingin.

Tujuan utama dari kedua negara tersebut adalah saling berebut dukungan dan saling mempengaruhi negara lain.

Kekuatan Militer

Inilah salah satu alasan mengapa diplomasi itu harus di pecah ke berbagai sarana lainnya.

Paska perang dunia ke II negara-negara cenderung membahas agenda perdamain dan kerjasama internasional, sehingga kekuatan militer menjadi miliki negara masing-masing.

Sayangnya dalam pengelolaannya ada negara yang tidak mampu mempersiapkan kekuatan militernya.

Oleh sebab itu mereka menjadikan sarana kekuatan militer ini sebagai saran menjalin hubungan antara negara.

Tujuan utamanya adalah perimbangan kekuatan, sehingga tidak ada negara adidaya yang akan semena-mena menekan negara yang lemah.

Saling support dalam kekuatan militer dapan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi setiap negara yang menjalin hubungan kerjasama.

itulah beberapa sarana-sarana hubungan internasional yang perlu anda ketahui, sebenarnya aspek ilmu hubungan internasional bukan hanya ini saja.

Banyak sekali materi ilmu hubungan internasional yang anda kuasai sebagai pelajar HI.

Semoga tulisan ini dapat membantu anda, jangan lupa untuk subscribe atau berlangganan email dari diplomat muda, agar anda tidak ketinggalan informasi mengenai hubungan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here