sirkuit mandalika
Foto ITDC Sirkuit Mandalika

Mungkin kamu akan kaget dengan Sirkuit Mandalika, pasalnya sirkuit megah ala MotoGP ini akan di bangun di Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Oke, buat kamu penggemar MotoGP pasti suka akan hal ini, bukan hanya kamu tapi semua orang Indonesia yang biasa kagetan pasti akan segera melancong ke Mandalika-Lombok.

Ada pemandangan yang biasa kamu liat di televisi, motor melaju kencang di jalanan kota, serta hiruk pikuk penonton bule bisa kamu nikmati nanti di Indonesia.

Indonesia Bangun Sirkuit di Mandalika Lombok

Sekarang stop dulu menghayal dan berandai-andai, karena Sirkuit mandalika ini baru akan di bangun pada akhir tahun ini, Oktober 2019.

Sirkuit Mandalika Lombok ini akan dibangun diatas tanah seluas 500 hektar dan digadang-gadang akan menjadi sirkuit jalan raya paling megah di dunia.

Ini bukan ada ada guys, alasan bule datang ke Indonesia tepatnya di Lombok hanyalah untuk melihat keindahan alam cantik putri mandalika, so pastinya tata letak dan view sirkuit ini akan di eksploitasi oleh keindahan alam lombok.

Pembangunan ini dijadwalkan akan rampung pada tahun 2021 yang nantinya akan di gelar MotoGP. menurut kabarnya sirkuit ini akan di kontrak selama 3 tahun. WOW.

Kenapa Sirkuit MotoGP dan F1 di Bangun Di Mandalika Lombok?

Oh iya mungkin kamu bertanya-tanya kenapa harus di bangun di Mandalika?

Sekedar informasi bahwa Indonesia memiliki program namanya Wonderful Indonesia, program ini milik kementerian pariwisata yang bertujuan untuk memajukan dunia pariwisata dan menggaet turis asing.

Mandalika menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas Kementerian Pariwisata guys. mungkin kamu perlu tau, yuk kenali dulu mandalika.

Festival Bau Nyale : Cerita Putri Mandalika yang Cantik dan Jelita

Jadi itu dia salah satu istimewanya, untuk membuktikannya kamu wajib datang kesana.

Dana Pembangunan Sirkuit Mandalika Capai 3.6 T, Darimana dana sebesar itu?

Okey, membangun sirkuit ini dananya tidak sedikit ya guys, butuh nabung beratus-ratus tahun kalo pakai tabungan kamu.

Untungnya Menurut Direktur Konstruksi dan Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ngurah Wirawan dana pembangunan akan diperoleh dari pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB)

Dana ini akan dikucurkan secara bertahap sampai pada tahun 2023, modal awal sudah di cairakan 1.6 T. plis jangan di apa-apakan selain untuk kepentingan nasional om.

Ngutang kok untung…

Tenang dulu, jika kawasan sirkuit ini berhasil di bangun sesuai rencana, maka sepanjang tahun kamu bisa melihat bule lagi duduk nonton MotoGP di Indonesia.

Artinya ada devisa negara yang masuk sebagai dana segar pendapatan negara. Tidak cukup sampai disitu, efek domino pasti akan terjadi disekitaran sini.

Kawasan wisata dan infrastruktur pendukung akan dibangun, hotel-hotel berjemuran di sepanjang garis bibir pantai Mandalika.

Artinya Mandalika bisa membuat mata para investor menjadi hijau dan menginvestasikan modalnya di Indonesia.

Rakyat senang, wisatawan tenang dan Indonesia menang, kira-kira separti itu ungkapan jika sirkuit ini berhasil di bangun. Pliss om fokus di bangunan ya.

Bocoran Fasilitas di Sirkuit Mandalika, Mau Tau?

Ini dia bocoran fasilitas yang nantinya akan dibangun di sekitaran kawasan ekonomi khusus (KEK) sirkuit mandalika.

dikutip dari gridoto.id, Design ini didapat dalam bentuk animasi, visionary concept yang dikeluarkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation).

Buat kamu yang gak tau apa itu ITDC, jadi ITDC itu adalah BUMN yang berugas untuk membangun dan mengelola sektor pariwisata nasional diluar kawasan Bali.

Menurut ITDC kawanasan sirkuit ini akan dibangun melingkar dan akan mengelilingi bangunan-bangunan kawasan ekonomi khusus.

Nantinya akan ada 11 hotel dengan kapasitas 1.900 Room, rumah sakit dan pusat pembelanjaan.

Street Circuit Mandalika memiliki panjang 4,32 km dengan 19 tikungan. paddock kapasitas 40 garasi, tribun utama dengan 50.000 tempat duduk dan 138.000 tribun untuk penonton yang doyan berdiri (tiket murah biasanya). Terakhir ada hospitality suites dengan kapasitas 7.700 penonton.

Oh iya sirkuit ini portable, maksudnya fisilitasnya tidak permanen, karena ini adalah sirkuit jalan raya pertama di dunia, maka hanya di pasang pas lagi balapan saja.

Diluar balapan sirkuit ini bisa digunakan untuk event-event yang sudah disediakan oleh dinas pariwisata sepanjang tahun. everyday is holiday lah.

Kawasan ini juga akan di support dengan fasilitas lain, seperti lapangan golf perbukitan dan pantai, kamu bisa nonton balap dari atas bukit, kemunkinan gratis ya.

Tantangan Sirkuit Mandalika Yang Mestinya Harus Di Hadapi

Seperti biasanya, perencanaan dan pembangunan segala macam infrastruktur terlebih kawasan industri dan bisnis harus dirancang secara mendetail.

Pastinya ada tantangan kedepan yang harus diperhitungkuan agar Sirkuit ini bisa terlaksana sebagaimana yang di impikan. Lalu apa saja tantangannya?

Visitor Luar Negeri Juga Dalam Negeri

Nantinya akan ada banyak event dan atraksi-atraksi yang dihadirkan disini, utamanya adalah balapan MotoGP dan Formula 1.

Oleh sebab itu kampanye dan marketing harus berjalan dan lebih gencar dilakukan agar menarik minat wisatawan.

Isu wisatawan lokal juga harus dipikirkan dengan memberikan harga khusus yang mampu di jamah dengan harga wajar standar bule Indonesia.

Tetap Jaga Keamanan Nasional

Indonesia sering sekali di goncang oleh isu keamanan, oleh sebab itu menjaga kestabilan keamanan harus tetap diprioritaskan guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Beberapa kejadian sebelumnya harusnya dijadikan pelajaran, warga lokal dan pemerintah harus saling support dalam menjaga keamanan nasional dan Mandalika itu sendiri.

Pengelolaan Lokasi Kawasan Sirkuit Mandalika

Tembok, pagar dan jalan jangan di coret-coret, serta sampah jangan di buang seenaknya, belajar lebih disiplin lagi dan lebih bersih lagi.

Orang di Indonesia itu semuanya beriman dan kebersihan adalah sebagian dari iman, bukankah begitu.

Kebiasaan dari fenomena yang lalu-lau ada banyak tangan-tangan jahil dan klepto pada fasilitas yang ada. Masih ingat kan jembatan Suramadu yang di kutit baut dan sekrupnya.

Plis ini destinasi wisata standar Internasional, so kita harus tunjukan kepada dunia, siapa kita. Indonesia….

Izin Hak Siar dari Siaran Langsung Balap

Hak siar ini sering menjadi isu utama dalam sebuah acara turnamen seperti ini, sudah menjadi masalah Internasional guys, bukan hanya di Indonesia tapi hampir diseluruh dunia.

Benaran, sepak bola, balap dan banyak hal sering terjadi permasalahannya dalam mendapatkan izin hak siar.

Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak terkait agar bisa teliti dan serius dalam mendapatkan izin hak siar, kalo boleh hak siar utama dipegangn oleh stasiun TV nasional. terserah swasta atau bukan.

Penutup

Oke sekarang kita sudah tau dan tidak sabar lagi menunggu tanggal main dan menyaksikan MotoGP di Indonesia, yah meskipun kemungkinan besar kebanyakan akan nonton langsung siaran langsungnya via televisi.

Setidaknya Indonesia sudah punya sirkuit balap standar Internasional, yang paling penting semoga devisa Indonesia bertambah juga bisa memberikan kesejahteraan terhadap masyarakan yang tinggal di kawasan Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika adalah harapan sekaligus mimpi yang sebentar lagi dimiliki, so support terus proses pembangunan sirkuit ini. Salam Sport, salam Diplomat Muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here