Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Kesempatan kali ini diplomatmuda.com akan berbagi pengalaman mengenai Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional, ini juga sekaligus menjawab banyak pertanyaan yang masuk ke saya.

Mungkin jika adik-adik tertarik menjadi diplomat atau segala macam hal mengenai dunia internasional, maka salah satu upaya pendidikan yang harus di tempuh adalah kuliah jurusan hubungan internasional.

Sebagai perkenalan saya adalah alumni lulusan hubungan internasional di salah satu kampus muhammadiyah terbaik di Indonesia. promosi dikit.

Artikel ini sengaja saya buat karena kesal dengan kebanyakan artikel yang terlalu lebay (berlebihan) mengenai syarat masuk kuliah hubungan internasional, walhasil kamu jadi mengurungkan diri untuk masuk jurusan ini.

Apa Persyaratan Masuk Jurusan Hubungan Internasional?

Saya dulu kuliah hubungan internasional angkatan tahun 2008 di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pada saat itu saya memang tidak ada persiapan khusus yang saya lakukan, singkat cerita hanya ikut tes masuk saja kemudian lulus dan resmi menjadi mahasiswa hubungan internasional.

Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional Harus Jago Bahasa Asing

Kebanyakan orang akan mengatakan untuk kuliah di jurusan hubungan internasional itu harus menguasai beberapa bahasa asing, terlebih harus jago bin fasih dalam bahasa Inggirs.

Saya jamin itu semua omong kosong, saya sendiri masuk ke jurusun ini skill bahasa Inggris saya masih dibawah rata-rata, kebanyakan teman-teman juga banyak yang malahan tidak terlalu lancar bahasa Inggrisnya.

Untuk yang benar-benar fasih bahasa Inggris dan menguasai bahasa asing itu sangat sedikit, bisa dihitung dengan jari dalam setiap angkatan. yah mereka tergolong kaum minoritas.

Memang sih nanti saat kuliah, matakuliah bahasa Inggris itu setiap semester ada, sampai semester akhir. tapi seiring waktu juga kamu akan terbiasa.

Bahasa Inggris kamu bahkan akan meningkat kalau ambil jurusan ini, karena biasanya banyak komunitas, proses dan lingkungan belajar mendukung plus nantinya bisa ambil kursus saat liburan semester.

Intinya bahasa asing khususnya bahasa Inggris tidak menjadi penghambat cita-cita anda untuk kuliah di jurusan ini. makanya ayo daftar.

Persyaratan Masuk Jurusan HI harus Lulusan Sekolah Terbaik

Ini berita bohong, hoax, semua sekolah punya kesempatan yang sama, tidak mesti harus lulusan dari sekolah terbaik. kuliah itu asalakan punya kemauan untuk kuliah semuanya pasti akan membaik.

Kuliah itu tidak ada sistem tinggal kelas dan naik kelas, semua mahasiswa berproses mengikuti minat dan bakatnya masing-masing. orang yang cerdas di kelas belum tentu bisa berbuat banyak di luar kelas.

Ini bukan lagi model pendidikan seperti saat kamu waktu di SMA, bersaing untuk menjadi juara kelas. kuliah itu akan mengasah potensi anda kedepan, sekaligus menentukan kemana arah masa depan anda.

Jadi buat kamu yang sekolah tidak ada label Internasionalnya seperti sekolah-sekolah yang berada di perkotaan tidak usah minder, saya sendiri adalah orang kampung yang sekolahnya di perkampungan dalam. tapi bisa kok masuk HI sekaligus lulus dengan peringkat terbaik.

Persyaratan Administratif Kuliah Jurusan Internasional

Kalau ini memang benar, bahkan semua jurusan memberlakukan persyaratan ini, tapi persyaratannya sederhana kok. tidak perlu harus surat keterangan dari lembaga ini dan lembaga itu plus rekomendasi dan sertifikat berlebel internasional.

Persyaratan administratif yang harus kamu penuhi adalah melampirkan legalisir ijazah atau surat keterangan lulus, ijazah asli boleh kok menyusul.

selain itu ada persyaratan administratif lainnya, tapi standar saja seperti persyaratan kuliah pada umumnya.

Terakhir adalah uang pembangunan dan SPP persemester ini yang berbeda-beda, jurusan Hubungan Internasional cenderung uang pembangunannya dan SPP nya tinggi dibandingkan jurusan lain. terlebih kamu kuliah di kampus swasta.

Saran saya adalah jika kamu ingin kuliah hubungan Internasional maka usahakan melakukan pendaftaran diawal-awal saat pendaftaran kuliah dibuka. istilahnya adalah gelombang pertama.

Karena gelombang pertama ini uang pembangunannya lebih murah dibandingkan gelombang terakhir, tapi intinya sebagian kampus memberikan keringanan kepada mahasiwanya untuk mencicil uang tersebut.

Harus Lulus Tes Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Ujian penyaringan masuk kampus jurusan Hubungan Internasional sama saja seperti ujian yang lainnya. ada tes matematika, deret angka, sejarah, bahasa Inggris, logika dan pengetahuan umum.

Pastikan kamu bisa mengisi jawaban yang benar dalam tes ini, kuncinya adalah jika gagal maka lakukan tes kembali, jangan pernah menyerah.

Saya pribadi lulus jurusan ini setelah mengikuti tes ketiga, anda cukup membanyar uang ujian pendaftaran saja.

Kebanyakan orang gagal masuk jurusan favoritnya karena berhenti mencoba mengikuti tes berkali-kali dan akhirnya malam masuk jurusan yang tidak diminati. ini bahaya untuk proses pembelajaran kamu kedepan.

Terlebih jika kamu masuk kampus swasta maka bisa melakukan ujian berulang-ulang asal bisa bayar iuran ujian tes masuk.

Menurut info dari teman saya yang merupakan panitia seleksi ujian masuk kampus, katanya mereka memperhatikan orang yang mencoba berkali-kali pada jurusan yang sama.

Pada titik tertentu mereka akan meluluskan kamu. karena melihat keinginan kamu masuk jurusan tanpa menyerah.

Semoga kamu nanti bakalan lulus dan masuk kuliah jurusan Hubungan Internasional dan jadi DIplomat Indonesia kedepannya.

Sekian dulu dari saya tentang syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional ini, jika bermanfaat jangan lupa untuk di Share. karene share itu gratis dan membuat saya terus berbagi hal-hal yang bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here