Usaha Warung Kopi Sederhana Ternyata Bisa Bikin Kaya

60
usaha warung kopi sederhana

Usaha Warung Kopi Sederhana – Fenomena tumbuh suburnya warung kopi serta kebiasaan masyarakat indonesia yang mulai banyak menghabiskan waktu di rumah kopi. membuat bisnis warung kopi patut di lirik untuk anda yang ingin memulai usaha.

Menurut data yang dirilis oleh kementrian pertanian, konsumsi kopi masyarakat indonesia pada tahun 2016 adalah 240 Ton dan di prediksi akan terus tumbuh mencapai 370 Ton pada tahun 2021.

Artinya ini adalah peluang yang menjanjikan untuk usaha warung kopi bagi pemula seperti anda. bagaimana tertarik untuk membuka usaha warung kopi sederhana? berikut ini gambaranya.

Usaha Jualan Kopi Keliling

Usaha jualan kopi model seperti ini adalah yang paling mudah anda lakukan sebagai pengusaha kopi pemula. dikarenakan usaha jualan kopi seperti ini tidak terlalu membutuhkan skill dan modal yang besar.

Usaha warung kopi ini memang terlihat tidak tidak profesional dikarenakan warung kopinya berpindah pindah. biasanya warung kopi sederhana ini dibuat diatas roda atau sepeda dan di dorong ke tempat ramai.

Tapi jangan salah penghasilan dari usaha warung kopi keliling ini bisa melebihi standar gaji minimum di daerah anda.

Sekarang berapa UMP di daerah anda?

Faktanya seperti yang dilansir oleh poskotanews.com bahwa jualan kopi keliling ini bisa mendapatkan keuntungan minimal 3.1 juta perbulan.

Dengan hanya bermodalkan 2.5 juta untuk beli sepeda dan perlengkapan kopi tentunya usaha jualan kopi ini sangat mengntungkan.

Contoh ini di ambil dari kebun jeruk jakarta yang saingan jualan kopi kelilingnya banyak. bagaimana dengan daerah anda. jangan-jangan anda satu-satunya. leader market usaha jualan kopi kelililng. hehehe

usaha warung kopi rumahan

Usaha Cafe Kopi Mini alias warung kopi sederhana

Jika contoh jualan kopi keliling terlalu saya paksakan sebagai usaha warung kopi sederhana. karena sayah hanya menghitung potensi dan peluangnya.

Maka usaha cafe kopi mini ini bisa menjadi usaha warung kopi sederhanya yang anda bidik sebagai seorang pemula yang profesional.

Cafe Kopi mini ini membutuhkan modal dan skill yang lebih besar daripada jualan kopi keliling. dikarenakan market warung kopi ini lebih spesifik. yaitu para coffee snob amatiran.

Anda dapat memanfaatkan para coffe snob ini menjadi market sekaligus marketing kopi anda. faktanya banyak pengusaha kopi yang sukses dari sini.

Modal medirikan warung kopi sederhana ini sekitar 10-15 Juta karena anda harus menyewa lokasi, membeli alat kopi sederhana dan biji kopi pilihan. namun penghasilan dari warung kopi sederhana ini sangat mencengangkan yaitu sekita 2 juta perhari.

Mungkin anda berpikir saya mengada-ngada namun jika anda kenal cafe kopi mini Kiwari maka anda akan percaya dengan apa yang saya katakan.

Bagaimana anda punya cukup modal untuk memulai usaha warung kopi sederhana ini? eksekusi…

Usaha Warung Kopi Rumahan

Usaha warung kopi rumahan ini menjadi solusi terakhir dalam mewujudkan mimpi anda membuka usaha warung kopi sederhana.

Mengandalkan ruang kosong, teras atau garasi dari rumah sebagai media usaha kopi anda. modalnya sangat minim yaitu hanya sekitar 3-5juta. anda hanya cukup beli alat dan biji kopinya. karena ongkos sewa lokasi tidak perlu lagi.

Sudah banyak cerita orang sukses yang memulai usahanya dari teras rumah, diantaranya amazon, google dan facebook. maka anda mungkin menjadi selanjutnya bagian cerita sukses dari usaha kopi yang di mulai dari rumah.

Karena ternyata saigan terberat anda Starbuck usahanya di mulai dari sebuah kedai kecil bukan dari rumah. mereka susah untuk mengklaim kesuksesan usaha warung kopi dari rumah.

Setelah anda mengetahui ketiga cara membuat warung kopi sederhana maka pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana cara membuat usaha warung kopi sederhana?

Saya katakan bahwa ini tidak mudah, tapi anda bisa melakukannya.

Sesuatu Yang Mudah Di Kerjakan, Bisa Dipastikan Bahwa Sesuatu Tersebut Benar-Benar Tidak Ada.

Diplomat Muda

Saya tidak akan menjelaskan dan mengadai-andai mengenai berapa estimasi budget memulai usaha rumah kopi. itu teknis

Saya akan menjelaskan bagaimana agar rumah kopi anda sukses, sehingga artikel ini bisa berlaku kapan saja. gunakan insting bisnis anda untuk mendapatkan formula yang terbaik.

Namun beberapa hal ini patut anda aplikasikan agar warung kopi sederhana anda bisa cepat sukses.

Buat Perencanaan Yang Matang

Jika ingin sukese dalam bisnis warung kopi terutama bagi anda sebagai pemula yang baru menjalakannya. maka perencanaan yang matang adalah solusinya.

tentunya anda tidak ingin setelah usaha warung kopi sederhana anda terbentuk, anda bingung mau di bawa kemana bisnis tersebut.

Jika anda melakukan sesuatu tanpa rencana, sesungguhnya anda telah merencanakan kegagalan.

Diplomat Muda

ini beberapa poin yang harus anda rencanakan…

  • Konsep Warung Kopi

Pikirikan bagaimana konsep warung kopi yang anda ingin buat, bagaimana modelnya, tata letak dan menu yang anda hidangkan.

  • Berapa Keuntungan Anda

Banyak orang yang asal mulai saja tanpa memperhitungkan berapa estimasi keuntungan dengan konsep warung kopi sederhana yang di buat.

Pada akhirnya ditengah perjalanan malahan usaha tersebut bukan mendulang untung malah buntung.

Akhirnya usaha warung kopi anda yang sangat sederhana tersebut tutup selama-lamanya dan hanya meninggalkan hutang.

  • Tentukan Basis Pelanggan Warung Kopi Anda

Poin ini sangat jelas tujuannya, anda harus mendefinisikan target pelanggan anda.

Anda dapat memulai dengan melakukan riset market kecil-kecilan.

Jangan sampai anda membuat warung kopi dengan harga 20K per CUP namun lokasinya dekat dengan kampus.

  • Lakukan Analisa Kompetitor

Selain meriset target market maka jangan lupa terhadap pesaing bisnis anda. Terutama mereka yang sudah dulu membuat warung kopi sederhana terlebih dahulu dibandingkan anda.

Ingat pesaing bisnis bukan menjadi sasaran anda, melainkan jadikan mereka sebagai media pembelajaran bisnis anda.

Sehingga anda dapat membuat usaha warung kopi sederhana yang lebih baik dari mereka.

  • Rencanakan Arah Pertumbuhan Warung Kopi

Tidak ada yang salah jika anda berandai-andai mengenai bagaimana cara mengembakan warung kopi tersebut ketika mulai kelihatan hasilnya.

Bermimpi itu adalah visi, ini pun gratis, anda tidak butuh dana untuk memikirkannya. maka pikirkalah diawal.

Perhatikan Pengeluaran Pribadi Anda

Setelah usaha warung kopi sederhana anda mulai berjalan, maka yang harus anda perhatikan adalah manajemen keuangan anda.

Bisnis yang anda buat tersebut membutuhkan waktu atau proses alamiah yang harus dihadap, ini normal.

Para pengamat ekonomi mengatakan bahwa rata-rata pertumbuhan bisnis yang baru dimulai membutukan waktu 6 sampai 9 bulan untuk tahap awal perkembangan.

Jangan Paksakan Bayi Lahir Sebelum Sembilan Bulan, itu Prematur

Jangan anda keluarkan semua modal anda tanpa memikirkan biaya hidup anda dalam 6 bulan kedepan.

Ingat anda harus bertahan hidup selama 6 bulan lamanya sampai bisnis anda benar-benar stabil dalam menghasilkan.

Ingat anda harus paham mengenai jurnal dan arus kas bisnis anda, jangan santai dan banyak gaya.

Karena anda benar-benar belum menjadi pengusaha. camkan itu.

Promosikan Bisnis Anda

Tahap terakhir adalah mempromosikan bisnis anda.

Ketika anda terjun ke dunia bisnis maka anda pun telah resmi menjadi seorang marketing dan dipaksa harus bisa mempromosikan bisnis anda.

Saat ini ada banyak strategi promosi yang tidak membutuhkan dana yang besar dan bisa anda kerjakan sendiri.

  • Gunakan Relasi Anda

Relasi anda adalah market termudah yang bisa anda jangkau, gunakan mereka bahkan hanya sekedar nongkrong dan menghabiskan waktu di tempat anda.

Fungsi utama mereka agar tempat anda terlihat hidup dan anda potensi mereka akan mengajak relasi mereka juga untuk membicarakan proyek-proyek di tempat anda.

  • Gunakan Social Media Yang Anda Punya

Anda punya facebook denga 5000 pertemanan yang anda kenal dan hampir sebagian besar anda kenal dan berada selokasi dengan anda.

Its Good Point…

Posting semua aktifitas anda di warung kopi sederhana, tidak perlu anda menulis bahwa disini jual kopi dan lain sebagainya.

Orang paham bahwa anda punya usaha warung kopi sederhana. konsisten posting adalah kuncinya.

  • Rangkul Komunitas

Ini akan meningkatkan jumlah pengunjung warung kopi sederhana anda. tipsini pelan tapi pasti, mereka siap menjadi pelanggan tetap anda.

Resikonya mungkin mereka akan mendapatkan harga diluar harga normal warung kopi anda. namun efek dominonya sangat luar biasa.

Misalkan anda coba menggaet para kopi snob selain mereka pecinta kopi mereka pun memiliki etika minum kopi yang baik.

Atau komunitas ojek online yang sangat efektif untuk saat ini membranding usaha anda. rekomendasi dari para driver ojol ini no 1.

Nah setelah itu semua anda lakukan untuk sekedar bocoran dari hasil penelitian kecil-kecilan mengenai produk apa yang paling laris maka berikut ini hasilnya.

Usaha Es Kopi Susu

Usaha es kopi susu ini benar-benar produk minuman kopi yang paling laris dari setiap warung kopi yang saya jumpai.

Coba anda mampir ke warung kopi dan lihat kopi apa yang paling banyak terhidang di meja para pengunjung warung kopi tersebut.

Anda akan melihat kopi dengan tampilan warna coklat dan dihidangkan dengan Es. itulah Es kopi susu.

Hal ini sangat wajar dikarenakan indonesia dengan iklim tropis menyebapkan kerongkongan dan tubuh anda tersugesti untuk mencari sesuatu yang dingin.

Usaha es kopi susu ini bisa anda variasikan dengan mie dan wifi. karena jika kopi susu coklat panas sangat sulit di terima lehe jika di kombinasikan dengan indomie.

Saya pernah mampir ke beberapa warung kopi milik sahabat saya dan mereka mengatakan bahwa usaha es kopi susu ini sangat potensial.

Bahkan ada kawan saya yang membuka usaha es kopi susu aja tanpa ada varian Hotnya. dan modelnya drive thru.

Sayangnya usaha es kopi susu ini bergantung dengan musim. sehingga ketika musim penghujan usaha ini cenderung turun omzetnya.

Gunakan insting bisnis anda dengan menggabungkan usaha es kopi susu juga kopi susu panas. ini usaha warung kopi sederhana. bahkan sederhana banget.

  • Kombinasi Es Kopi Susu + Indomie + Roti

Anda tau warung kopi Upnormal, perhatikan menu utamanya hanya mengandalkan Kopi, Indomie dan Roti.

Usaha milik Rex Marindo ini sudah di franchisekan dan tersebar di seluruh indonesia. Omzetnya EM.

Anda bisa mencontoh dari kesuksesan warung upnormal. ide bisnis usaha kopi yang sangat sederhana namun membuat anda kaya raya.

Jadi apakah anda sudah siap untuk membuka usaha warung kopi sederhana? semoga anda menjadi orang kaya selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here