Whatsapp Marketing Gratis
Whatsapp Marketing Gratis

Kesempatann ini saya akan membahas mengenai ilmu whatsapp marketing gratis untuk meningkatkan penjualan, ilmu ini merupakan sering pengalaman pribadi selama kurang lebih 3 tahun berkecimpung di dunia bisnis online.

Saat ini hampir setiap saat orang di Indonesia selalu membuka aplikasi whatsapp, entah itu sekedar melihat pesan masuk, mengirim dan membalas pesan atau sekedar melihat update status whatsapp untuk mengusir bosan.

Jika kamu jeli, hal diatas itu sangat penting buat anda pebisnis online, ada peluang besar dibalik kebiasaan orang Indonesia yang sering buka aplikasi whatsapp.

Oleh sebab itu Ilmu tentang whatsapp marketing itu sangat penting, saat ini kebanyakan orang sudah memulai kursus whatsapp marketing berbayar. nah saat ini anda akan dapat ilmu whatsapp marketing gratis.

Sebenarnya fokus dari whatsapp marketing gratis ini hanya tiga saja, tapi tiga hal ini yang sangat mempengaruhi angka penjualan anda. memberi penawaran, mengajak chatting dan follow up. just it.

Percaya atau tidak banyak sekali closing entah itu puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan dan deal-dealan puluhan juta terjadi diawali hanya dengan chat via w WA.

Fokusnya adalah apa yang kita tawarkan, ajak orang masuk ke WA kita untuk tertarik, setelah chat barulah jurus closing / followup dikeluarkan sampai closing.

Sebenarnya Apa Itu Whatsapp Marketing?

WA Marketing itu merupakan salah satu tehnik untuk meningkatkan penjualan hanya dengan menggunakan aplikasi chatting saja.

Bagian inti dari tehnik ini adalah pengelolaan database di wa, meliputi data group wa dan nomor kontak. Semakin banyak database anda maka prospek juga mengikuti, semakin banyak group semakin bagus, asal tahu cara memanfaatkannya.

Memanfaatkan data kontak wa atau group harus memakai ilmu juga. silahkan simak dengan seksama.

Tips Whatsapp Marketing Gratis

Jika anda yakin hanya dengan memakai WA untuk menghasilkan closing, ilmu Whatsapp marketing ini wajib anda kuasai…setiap chatingan yang keluar masuk dapat di konversi menjadi transaksi yang berujung transferan.

Manajemen Database Whatsapp

Gerbang awal adalah anda harus memiliki database pelanggan, database ini bukan yang anda dapatkan di tanpa permisi, curi database dan lain sebagainnya. itu namanya spam.

Ada satu role wajib yang harus anda lakukan.

Wajib Save Setiap Chat yang Masuk

Disiplin dalam hal ini, ingat untuk mengajak orang agar bisa chat dengan anda itu tidak mudah, bahkan terkadang menggunakan biaya misalkan via facebook ads.

Jadi setiap chat yang masuk harus anda simpan kontaknya di handphone.

Suruh Yang Chat Juga Simpan Nomer Anda

Orang kadang lupa, ternyata untuk menerapkan ilmu whatsapp marketing gratis ini anda tidak cukup hanya save kontak saja. suruh mereka juga untuk save kontak anda juga, pastikan mereka sudah mengikuti perintah anda.

Tujuannya adalah agar anda setiap update status anda maka mereka bisa melihatnya, selain itu jika pelanggan anda menyimpan kontak anda, mereka bisa menerima broadcast dari anda.

Simpan dengan Rapih di Excell

Langkah terakhir dalam manajemen database whatsapp ini anda harus menyalin/memindahkan nomer mereka kedalam bentuk excell, minimal nama dan nomer hape mereka.

Tujuannya adalah agar dikemudian hari anda bisa melakukan Blast ke mereka, yaitu kirim pesan ke semua no hanya dengan sekali klik. silahkan baca aplikasi whatsapp blast ini dulu.

Update Status di WA

Status merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang berjualan via whatsapp ini. karena status anda akan tampil ke calon pelanggan yang menyimpan kontak anda.

Jangan kira tidak ada yang lihat status anda di WhatsApp, selalu banyka orang yang kepo dan selalu ingin tau. buat variasi topik dalam status anda, jangan juga jualan melulu.

Pengalaman saya dengan rajin update status, mereka rata-rata ada closing dari status itu, biasanya ada yang langsung nanya harga dan spesifikasi.

Jadi update status rutin dan konsisten plus jangan lupa perbanyak kontak, usahakan mereka juga harus save kontak anda. ingat ini sangat penting sekali.

Kapan harus update status?

Anda bisa update status di jam-jam orang sering buka WA,

  • Selesai Shalat subuh
  • Jam 8-an
  • Dzuhur
  • Sore sehabis ashar
  • Malam sehabis magrib
  • dan biasanya malam sebelum tidur sekitaran jam 22.00.

Lalu sebaiknya dalam 1 update status berapa foto?

Saran saya bisa 2 foto atau lebih, agar waktu mereka bisa sdikit lama di status kita. Silakan coba yaaa… kan biasanya nunggu waktu selesai dulu 2-5 detik fotonya muncul, lalu ganti ke status lainnya.

Sebaiknya pake caption yaa, dan cta atau ajakan untuk chat segera atau japri, misalnya ” Stok terbatas segera japri biar kebagian.”

Ternak Group Whatsapp

Bangun group sendiri, caranya saya jelaskan per poin biar mudah nangkapnya.

  • Bikin group di Whatsapp, lalu ajak teman-teman anda masuk, caranya dengan membagikan link group ke mereka
  • Jelaskan bahwa kita jualan, yang minat lihat katalog bisa masuk whatsapp
  • Masukan minimal 100 nomor, dan janjikan bahwa tanggal sekian katalog akan di update
  • Update group Whatsaap dan promosi disana
  • Group Whatsapp bisa dimatikan komennya dan bisa dibuka kembali agar tidak berisik.

Strategi Broadcast/ Forward Message

Broadcast merupakan cara yang paling instant dalam mempromosikan jualan anda.

Namun, sebetulnya ada trik dan cara khusus, tidak serta merta broadcast sembarangan. Jika anda broadcast dengan sembarangan maka peluang untuk mendapat respon akan kecil karena tidak semua orang suka di ganggu dengan broadcast.

Format Broadcast Yang Bagus

Ini mungkin pertanyaan mendasar, bagaimana format broadcast yang bagus di whatsapp? apakah tulisan, gambar atau menggunakan video???

Idealnya untuk penulisan pesan broadcast di whatsapp itu menggunakan gambar dan tulisan, gambar sebagai backup dari tulisan, karena gambar ketika dibuka dia akan tersimpan. jangan menggunakan video berat. menggangu dan habisin kuota calon pelanggan.

Sebaiknya dalam tulisan anda melampirkan link ke landing page atau website, ini lebih bagus lagi, detailnya nanti di jelaskan di landing page.

Cara Broadcast Whatsapp Yang Baik

Broadcast yang baik adalah broadcast yang ditujukan kepada orang yang sukarela mau di broadcast, misalnya kenalan lama, anggota group tertentu dan pelanggan anda.

Intinya tidak merugikan orang lain dan tidak tiba-tiba broadcast tanpa kenalan terlebih dahulu.

Cara Follow UP Customer Service Produk

  1. Calon buyer bertanya (hari H)
  2. Lalu dijawab jika belum transfer/ belum jadi belanja di hari tersebut lakukan follow up.
  • Follow up 1 : Sore harinya/ malam hari (hari ini)
  • Follow up 2 : Besok siang
  • Follow up 3 : Lusa Pagi
  • Follow up 4 : Jika belum fix juga, 3 hari, 7 hari dan 10 hari, sterusnya jadikan list broadcast saja, kasih tau jika ada produk2 baru.

Follow up dgn bahasa berbeda

  • Follow up 1 Sore : “Maaf say/ mom Jadi produk mana saja yang akan di order ?”
  • Follow up 2 H+1 : ” Say/ Mom barangnya kami siapkan, apakah produknya hanya produk A saja, jika begitu silakan isi format order ini yaa”
  • Follow up 3 H+2 : Maaf mba apakah sudah transfer untuk produk A ? jika belum kami tunggu yaaa
  • Follow up 4 H+3 : Jika belum transfer juga bisa ditanyakan ” Maaf mba apakah sudah ditransfer untuk produk nya ?

Silakan berkreasi, Intinya jika calon buyer sudah ada minat untuk beli produk, menanyakan model, jangan dilepas, kejar terus sampai transfer.

Khusus di hari ke 2,3 dan ke 4, sampai tidak ada kepastian, dikejar dengan menggunakan kata sopan, tapi tetap brutal.

Follow up yang harus diutamakan adalah yang sudah minta totalan dan rekening, itu perlu terus di follow up, Lakukan dgn sopan dan tetap berlatih. banyak berlatih akan menambah jam terbang handling customer.

Gunakan Aplikasi Whatsapp Blast Terpercaya

Meskipun sejak awal anda sudah mengarahkan calon pelanggan anda untuk melakukan saving nomer handphone, tetap masih ada orang yang tidak mau ikut perintah anda. itu pasti dan jumlahnya banyak.

Oleh sebab itu di awal saya menyarankan untuk menyalin semua nomer mereka ke excel. gunanya untuk difollow up dengan aplikasi blast.

Tapi ingat, tidak semua aplikasi blast yang berbayar itu aman untuk anda gunakan, apalagi yang gratis. jangan sekali-kali menggunakan aplikasi yang gratis atau yang di jual murah. anda bisa dirugikan. aplikasi tidak update atau nomer anda bisa di blokir.

Harga Aplikasi Whatsapp Blast yang Ideal

Harga aplikasi whatsapp blast yang bagus berkisar di harga 500.000 keatas, dibawah dari harga itu dipastikan bajakan atau abal-abal.

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan adalah WABULKSENDER milik mas Iswan Febriyanto, seorang Internet Marketer yang cukup populis, silahkan direview saja.

Sekian dulu Tehnik Whatsapp Marketing Gratis dari saya, cukup panjang untuk ukuran gratis, jadi tolong di share agar tulisan ini bermanfaat bagi yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here