Indonesia Timur memang tidak kehabisan pesona dalam memamerkan keindahan alam bahari, ini dia salah satu wilayah di Indonesia Timur yang wajib anda kunjungi.

Sajian wisata kali ini berasal dari jazirah tenggara sulawesi, memiliki luas laut seluas 110.000 KM persegi Wisata Bahari Di Sulawesi Tenggara memiliki keindahan luar biasa.

Bahkan salah satunya masuk dalam taman wisata laut nasional Indonesia, apa saja wisatanya. ayo ke Sulawesi Tenggara.

Taman Nasional Wakatobi

wakatobi

Taman wisata nasional Wakatobi terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, taman wisata laut nasional ini diresmikan pada tahun 1996.

Taman Laut Nasional Wakatobi (TLN) ini merupakan wisata bawah laut terbesar kedua di indonesia. Taman laut ini memiliki kekayaan alam bawah laut hampir dari seluruh dunia.

Semua terumbu karang dan mahluk laut lainnya yang ada di dunia 90% terdapat di Wakatobi, bahkan laut ini adalah rumah besar bagi 942 spesies ikan.

Oh iya nama Wakatobi itu di ambil dari singkatan empat pulau utama yang berada disana, antaranya Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongka. namun di jamin pulau kecil-kecil diantaranya tidak kalah indah.

Wakatobi menjadi destinasi utama oleh para penyelam Indonesia bahkan favorit penyelem dunia. ada 4 spot Favorit yang paling disukai salah satunya Roma yang memiliki beribu warna-warni hewan laut yang memamerkan keindahannya.

Pantai Nambo

Pantai Nambo
Rancahpost.com

Pantai Nombo adalah icon pantainya kota kendari, ibukota Sulawesi Tenggara. pantai ini terletak tidak jauh dari kota kendari, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke titik pantai.

Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang memanjang di bibir pantai kota kendari.

Jika dibandingkan dengan kondisi pantai yang pada umumnya panas, pantai ini cukup teduh karena memiliki banyak pepohonan serta gazebo.

Selain itu, pantai ini juga memiliki banyak kerikil yang bagus dipakai untuk terapi pengobatan saat menyusuri bibir pantainya.

Pantai ini menjadi destinasi favorit keluarga yang berada di kota kendari dan sekitarnya. jika anda berkunjung ke kota Kendari bisa dipastikan anda akan mampir ke pantai ini.

Pantai ini jika dikelola dengan baik bisa menjadi salah satu wisata pantai paling populer. kebersihan dan fasilitas harus terus diperhatikan.

Pulau Bokori

Pulau Bokori adalah salah satu alternatif lain wisata bahari yang bisa anda nikmati di Sulawesi Tenggara.

Pulau Bukori ini terletak di kecamatan Saropia, kabupaten Konawe, hanya saja orang lebih populer bahwa ini adalah salah satu destinasi wisata kota Kendari.

Faktor geografi menjadi penyebabnya, letak pulau ini hanya membutuhkan waktu sejam dari kota kendari dengan melewati jalan RE Martadinata.

Setelah sampai di soropia anda harus menggunakan sampan untuk samai ke pulau Bokori, tarifnya sangat murah hanya 20.000 min 5 orang anda akan diantar sampai ke pulau Bokori.

Tiket masuk ke pulau Bokori sangat murah, hanya 5.000 rupiah per orang anda sudah bisa menikmati pulau eksotis yang sangat bersih serta banyaknya fasilitas umum, tempat makan dan juga cottage.

Sebaiknya anda juga menyaksikan satu pertunjukan lain lagi dari pulau Bukori yaitu panorama sunset yang seolah memenuhi pulau dan lautan disekitar.

Pulau Labengki

kesiniaja.com

Jika anda ingin ke Raja Ampat namun terkendala dengan Biaya akomodasi dan jarak tempuh yang cukup jauh, maka pulau Labengki di sulawesi tenggara ini bisa menjadi alterlatifnya.

Pulau Labengki dijuluki oleh banyak wisatawan dengan julukan miniatur Raja Ampat dikarenakan gugusan pulau-pulau kecil yang ada di teluk cinta viewnya hampir mirip dengan icon raja ampat.

Pulau ini terdapat di Konawe Utara, jika dari kota Kendari dibutuhkan waktu 5 jam perjalanan via laut untuk sampai ke spot pertama kampung Bajo.

Dikampung Bajo ini anda dapat menikmati kebudayaan lokal suku Bajo sekaligus menikmati keindahan pantai yang sangat Instagramable.

Foto Favorit dari pulau Labengki ini adalah lanscape sunrise dengan latar belakang mercusuar anda akan mirip Jason Mamoa di film Aquaman yang di ambil di Hastings Point, New South Wales, Australia.

Untuk menikmati view miniatur Raja Ampat anda harus menempuh perjalanan ke teluk cinta, anda harus menyewa kapal dengan biaya 150.000 per orang.

Gugusan gugusan pulau kecil ini hampir mirip dengan pianemo Raja Ampat, hanya saja keindahan bawah lautnya masih kurang bagus untuk spot snorkling.

Pantai Nirwana

kompas.com

Panorama laut dan garis pantai selalu di gambarkan oleh para penikmat keindahan pantai dengan menyebutkannya sebagai keindahan surga.

Lalu bagaiman dengan sebuah pantai surga?. Nirwana dalam bahasa melayu artinya adalah surga, pantai di Betoambari, Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara ini namanya adalah Pantai Nirwana.

Tidak berlebihan pantai ini memang sangat indah panoramanya, pantai ini merupakan pantai pasir putih, kobinasi warna putih dan birunya air laut yang sangat indah membuat suasana pantai serasa di surga.

Akses untuk sampai ke pantai ini sangat mudah, tidak sampai 10 menit ada sudah sampai ke pantai ini, bahkan anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki dari pusat kota Bau-Bau.

Pantai ini adalah pantai keluarga, pantai ini adalah pantai yang ombaknya tenang dan tidak memiliki karang yang besar sehingga sangat aman untuk di pakai mandi dan snorkling.

Masyarakat setempat sudah menyediakan penyewaan ban dan alat menyelam sehingga anda tidak perlu membawanya dari rumah.

Disini juga sudah disediakan Cotage untuk anda yang ingin menikmati malam indhanya pantai Nirwana.

Itulah 5 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang bisa anda coba ketika berkunjung kesana. sajian pemandanganya memang indah seperti di surga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here